in

Rekomendasi Film Dari Studio Ghibli Yang Wajib Kamu Tonton

Siapa yang tidak mengenal studio Ghibli? Sangat banyak orang di Jepang dan di luar Jepang yang sudah tidak asing lagi dengan studi yang satu ini. Banyak film-film hasil garapan studio yang lahir pada tahun 1985 ini, menjadi film-film animasi dengan jumlah penonton terbanyak dan memberikan penghasilan yang fantastis pula. Banyak dari film animasi tersebut yang juga mendapat sambutan baik di luar Jepang. Saking populernya studio buatan Hayao Miyazaki, Toshio Suzuki, dan Isao Takahata ini, terdapat sebuah museum yang berlokasi di Tokyo dan menjadi salah satu spot populer untuk turis dari berbagai negara. Hal ini menunjukkan betapa orang-orang benar-benar mencintai karya-karya dari studio ini. Total ada sekitar 20 film animasi layar lebar yang telah dibuat oleh studio ini, beberapa diantaranya sering menjadi rekomendasi film studio Ghibli yang wajib untuk ditonton.

Banyak orang yang sangat menyukai film-film dari studio Ghibli. Alasanya? Alur cerita yang menarik, visual yang menawan, serta karakter-karakter yang memiliki ciri khas yang unik, membuat film-film dari studio ini sangat digemari oleh orang-orang. Tidak hanya anak-anak, banyak film animasi karya studio Ghibli yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. Setiap cerita yang ditampilkan selalu membuat orang-orang merasakan berbagai emosi, terkejut, kagum, sedih, ataupun tertawa. Hal-hal ini sering menjadi kunci kesuksesan studio Ghibli. Dari beberapa banyak film yang dirilis oleh studio Ghibli, berikut merupakan beberapa rekomendasi film yang kamu harus coba tonton. Apa saja film tersebut? Mari kita simak.

1. Spirited Away

Berada di posisi nomor satu merupakan film dengan penghasilan terbesar yang didapatkan oleh studio Ghibli, Spirited Away atau dalam judul bahasa Jepangnya biasa disebut Sen to Chihiro no Kamikakushi (千と千尋の神隠し). Selain, film dengan jumlah pendapatan terbesar yang didapatkan oleh Studio Ghibli, film ini juga menjadi salah satu karya terbaiknya. Film ini bahkan mendapatkan popularitas pada level internasional dan berhasil menyabet berbagai penghargaan. Penghargaan yang paling prestige yang didapatkan oleh film ini adalah penghargaan Academy Award untuk Best Animated Featured ke-75 yang diselenggarakan pada tahun 2003. Film ini sering disebut-sebut sebagai salah satu film animasi terbaik yang ada di dunia.

Menceritakan kisah tentang Chihiro bersama orang tuanya yang sedang berpindah rumah ke kota lain. Saat sedang mencari jalan, mereka tersesat dalam ke sebuah hutan dan menemukan sebuah gerbang yang tersambung ke dunia para mahluk-mahluk gaib (dalam bahasa Jepang Yokai). Orang tua Chihiro yang sembarang memakan makanan berubah menjadi babi dan Chihiro diharuskan untuk mencari cara untuk membebaskan mereka dari kutukan tersebut dengan bekerja di Onsen untuk para penghuni dunia lain tersebut. Animasi dan ceritanya yang menawan menjadi salah satu daya tarik dalam film ini. Oleh karena itu, film ini menjadi salah satu film karya studio Ghibli yang sangat di rekomendasikan.

Rekomendasi Film Dari Studio Ghibli Yang Wajib Kamu Tonton Otaku
Sumber: https://www.ghibli.jp/works/chihiro/#frame&gid=1&pid=10

2. Princess Mononoke

Animasi yang satu ini merupakan salah satu karya legendaris karya studio Ghibli. Animasi yang lahir tahun 1997 ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Ashitaka yang setelah berusaha menyelamatkan desanya dari serangan hewan buas dengan kekuatan supernatural, ia mendapatkan kutukan yang hanya disembuhkan oleh Shishigami. Ia-pun memulai perjalanan untuk menyembuhkan kutukan tersebut dan dalam perjalanannya ia bertemu dengan seorang putri yang dibesarkan oleh serigala, San, putri Mononoke. Saat itu dia terjebak pertarungan antara orang-orang yang ingin mengeksploitasi hutan dan para penghuni hutan yang tinggal di dalamnya.

Film karya Studio Ghibli yang satu ini memang sangat di rekomendasi untuk ditonton. Mengangkat tema hubungan antara manusia dan alam dengan unsur magis serta historikal, film ini benar-benar sangat layak untuk ditonton. Ceritanya juga kompleks, tetapi dapat dipahami oleh semua kalangan. Dibalik semua animasi, cerita, dan alurnya yang sangat memikat mata dan pikiran kita, ada sebuah pesan moral yang masih sangat relevan hingga saat ini. Manusia berusaha menghancurkan alam demi keserakahan dan jika berlanjut, alam dapat melawan balik. Cerita ini mengajarkan manusia untuk selalu hidup seimbang dengan alam karena tanpanya, manusia tidak dapat bertahan hidup.

Rekomendasi Film Dari Studio Ghibli Yang Wajib Kamu Tonton Otaku
https://www.ghibli.jp/works/mononoke/#frame&gid=1&pid=7

3. From Up On Poppy Hills

Menjadi salah satu karya film yang disutradarai oleh Goro Miyazaki yang tidak lain adalah anak pertama dari founder dan animator legendaris studio Ghibli Hayao Miyazaki. Film ini merupakan film kedua yang disutradarai oleh Goro Miyazaki dan menjadi film-nya yang paling sukses. Film animasi yang satu ini berbeda dengan kedua film dari studio Ghibli yang di rekomendasi sebelumnya. From Up On Poppy Hills mengangkat tema slice of life, kisah cinta dua orang remaja yang mengangkat menjadikan film animasi ini ringan untuk ditonton dan dapat dinikmati oleh semua kalangan karena lebih berfokus pada setiap karakternya dibandingkan kisah cinta itu sendiri. Selain ceritanya yang manis untuk ditonton, animasinya yang cantik membuat ceritanya seakan semakin manis untuk ditonton. Film ini sendiri juga memenangkan beberapa penghargaan seperti Japan Academy Prize dengan nominasi Best Animation of the Year.

Berkisah tentang Masami Nagasawa, seorang remaja perempuan yang sehari-harinya mengurusi boarding house milik keluarganya. Ibunya adalah seorang Profesor kedokteran yang bekerja di Amerika Serikat. Dalam keseharian tersebut, ia bertemu dengan seorang remaja laki-laki bernama Shun Kazama dan perlahan-lahan mereka saling menaruh hati satu sama lain. Namun, mereka harus memecahkan teka-teki mengenai apakah mereka merupakan saudara kandung atau bukan. Film ini mendapatkan review positif dari banyak kritikus film dan meskipun ceritanya dirasa mudah untuk ditebak, tetapi film animasi tahun 2011 ini seakan memberikan sebuah rasa nostalgia yang banyak dilupakan oleh orang-orang.

Rekomendasi Film Dari Studio Ghibli Yang Wajib Kamu Tonton Otaku
Sumber: https://www.ghibli.jp/works/kokurikozaka/#frame&gid=1&pid=19

4. Howl Moving Castle

Merupakan film adaptasi dari karya novelist Britania Raya Diana Wynne Jones dengan nama yang sama. Walaupun, mengambil namanya dari novel tersebut, tetapi film ini tidak 100% mengambil ceritanya dari novel itu. Film animasi yang muncul tahun 2004 ini, mengambil beberapa unsur dari buku dan ceritanya sendiri merupakan pengembangan dari Hayao Miyazaki. Secara garis besar, film ini banyak mengangkat unsur-unsur barat, mulai dari nama karakter hingga latar ceritanya. Lewat tema fantasi yang menghibur, film ini menjadi salah satu film animasi studio Ghibli yang mendapatkan penghasilan terbesar. Selain itu, animasinya yang detail dan ceritanya yang ringan akan sangat menarik pada penonton usia muda dan menghibur untuk penonton usia dewasa.

Menceritakan Sophie Hatter, seorang pembuat topi yang terkena kutukan oleh penyihir yang membuat dia berubah menjadi seorang nenek berusia 90 tahun. Berusaha untuk terbebas dari kutukan tersebut, ia pergi meninggalkan rumahnya untuk mencari cara untuk kembali seperti semula. Dalam perjalanannya ia berpapasan dengan sebuah kastil yang bergerak milik seorang penyihir bernama Howl. Cerita ini berlatar belakang sebuah kerajaan fantasi yang banyak mengambil unsur kerjaan-kerajaan Eropa, khususnya Inggris. Film ini meraih review positif baik dari penonton dan kritikus film. Oleh karena itu film ini menjadi salah satu film studio Ghibli yang sangat kami rekomendasi.

Rekomendasi Film Dari Studio Ghibli Yang Wajib Kamu Tonton Otaku

Sumber: https://www.ghibli.jp/works/howl/#frame&gid=1&pid=5

Untuk segala hal mengenai anime, manga, dan dunia otaku lainnya silahkan kunjungi Tulizan Otaku!.

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Otaku

Content Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hasil gambar untuk 97 line

Cerita Awal Mula Sampai Kebiasaan 97 Line Friendship

5 Hal yang Bikin Jatuh Cinta Sama Webtoon The Secret of Angel

Webtoon The Secret of Angel: Karya Yaongyi Yang Mirip Jukyung