in

Review Buku Life Changing The Magic Of Tidying Up, Kekuatan Seni Berberes yang Wajib di Ketahui

Review Buku Life Changing The Magic Of Tidying Up

Penulis : Marie Kondo

Penerbit : Bentang

Tahun Terbit : 2018 (Cetakan ke-12)

Review Buku Life Changing The Magic Of Tidying Up, Kekuatan Seni Berberes yang Wajib di Ketahui Buku

BLURB

Walaupun sudah susah payah merapikan rumah, apakah kertas-kertas terus saja bertumpuk dan pakaian harus terus anda jejal-jejalkan di lemari? Kenapa kita tidak bisa menjaga kerapian rumah?

Marie Kondo memperkenalkan metode merapikan rumah yang ampuh tiada duanya, KonMari. Keampuhan metode yang kini semakin marak diterapkan di Jepang dan telah dikemas dalam program televisi laris, “Tidy Up with KonMari!” ini, telah menular keseluruh dunia. Saking ampuhnya, tak seorang pun klien Kondo kembali ke kebiasaan berantakan (dan calon kliennya harus masuk daftar tunggu selama tiga bulan)

1. Review Buku Life Changing The Magic Of Tidying Up

Review Buku Life Changing The Magic Of Tidying Up, Kekuatan Seni Berberes yang Wajib di Ketahui Buku

Foto : Dok. Onekingslane.com

Marie Kondo adalah pakar berbenah paling populer. Ia bahkan mengembangkan metode Konmari untuk membereskan ruangan dan barang-barang. Metode ini dituangkan dalam buku The Life-Changing Magic of Tidying Up. Buku satu ini sudah mengeluarkan cetakan kesembilan belas pada November 2020 lalu dan telah terjual lebih dari 5 juta kopi diseluruh dunia sejak dirilisnya cetakan pertama pada Agustus 2016 silam. Sebelum saya me-review Buku Life Changing The Magic Of Tidying Up, apa yang pertama kali muncul dibenak pembaca saat membaca judul buku satu ini? Berbenah? Metode berbenah? Kehidupan berubah hanya karena berbenah? Dan apa yang membuat anda tertarik mencari tahu tentang buku ini?

Diceritakan dari sudut pandang orang pertama, lewat buku ini kita melihat realitas dari kacamata seorang Marie Kondo. Seseorang yang terobsesi akan berbenah sejak usia 5 tahun, yang merumuskan berbagai langkah berbenah yang tepat hingga saat ini berhasil menjadi master berbenah profesional. Ia bahkan membuka kursus berbenah, yang mampu membuat orang yang belajar kepadanya tak kembali pada kebiasaan ‘menimbun’ barang.

Review Buku Life Changing The Magic Of Tidying Up, Kekuatan Seni Berberes yang Wajib di Ketahui Buku

Foto : Dok . Timeout.com

Sesuai dengan judulnya, “Life Changing The Magic Of Tidying Up”, buku ini akan merubah hidup kita dengan mengajari orang-orang bagaimana mengatur rumah mereka sedemikian rupa sehingga mereka hanya dikelilingi oleh hal-hal yang benar-benar mereka cintai. Kriteria pemilihannya sederhana: “Apakah itu memicu kegembiraan?” Jika jawabannya tidak, singkirkan. Tidak ada salahnya kan melakukan review terhadap setiap barang yang kita miliki di rumah?

Selain itu, Buku Life Changing The Magic Of Tidying Up mengajarkan kita untuk berbenah dengan urutan spesifik dan dengan metode kondo yang unik, yakni merapikan semuanya sekaligus, sedemikian rupa sehingga kamu tidak perlu melakukannya lagi. Dia mengatakan, dalam berbenah, bagilah dalam dua bagian, membuang dan mengatur.

Dia merekomendasikan untuk membuang berdasarkan kategori, menyatukan semua barang di rumah Anda dan memilah-milahnya, satu per satu. Jika ada sesuatu yang tidak langsung memicu kegembiraan, itu harus dibuang. Pada akhirnya, Anda mungkin akan memiliki sebagian kecil dari harta benda yang Anda miliki.

Namun, meskipun begitu, buku ini bukan hanya berbicara soal seni beres-beres. Pada level yang lebih dalam, buku ini berbicara tentang awareness akan kepemilikan, dan apa yang harus kita lakukan untuk kembali punya kendali. Mengingat saat ini kita hidup pada zaman yang penuh dengan konsumerisme ini, sering kali kita hilang kontrol terhadap apa yang kita miliki. Bahkan, kerap kita secara impulsif membeli barang yang tidak kita butuhkan.

Dalam buku Life Changing The Magic Of Tidying Up ini, Kondo secara mengejutkan mampu menarik benang merah atas bagaimana berbenah dan membuang barang yang tak lagi menimbulkan kebahagiaan untuk jiwa kita, mampu mengubah kebiasaan “menimbun” barang. Secara meyakinkan pula, Kondo mampu menunjukkan bahwa membuang barang-barang yang tak berguna adalah bagian dari langkah detoksifikasi penting dalam hidup.

2. Nilai Plus Buku The Life-Changing Magic of Tidying Up

Review Buku Life Changing The Magic Of Tidying Up, Kekuatan Seni Berberes yang Wajib di Ketahui Buku

Foto : Dok. Aliwalas.ph

Jika kita melakukan Review terhadap Buku ini, Life Changing The Magic Of Tidying Up mengajarkan kita memulai kebiasaan berbenah yang efektif dengan sistem bebenah berdasarkan kategori. Juga memoAativasi kita untuk membabat habis situasi berantakan, hingga menikmati efek ajaib dari rumah yang rapi– beserta pikiran damai yang mengikutinya.

Dan sadarkah kamu? Secara tidak langsung, kita sebagai pembaca Buku The Life-Changing Magic of Tidying Up menjadi klien jarak jauh Kondo, menentukan barang-barang mana saja di rumah Anda yang “membangkitkan kegembiraan” dan mana yang tidak.

Di atas itu semua, kita belajar dari buku ini bahwa berbenah rumah secara tidak langsung membuat kita juga membenahi diri sendiri. Kita dapat lebih mengenali diri sendiri. Apa yang benar-benar kita sukai, apa yang benar-benar kita inginkan dalam hidup dan tentunya bagaimana sebenarnya kita ingin menjalani hidup ini

3. Kekurangan Buku The Life-Changing Magic of Tidying Up – Seni Beres-Beres dan Metode Merapikan Ala Jepang Karya Marie Kondo

Review Buku Life Changing The Magic Of Tidying Up, Kekuatan Seni Berberes yang Wajib di Ketahui Buku

Foto : Dok. Idea.grid.id

Buku ini sebelumnya ditulis dalam Bahasa Asing lalu diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh Reni Indardini, penerbit Bentang Pustaka. Dan seperti yang kita ketahui penyakit utama dari buku terjemahan ialah membosankan. Mungkin tidak untuk semua orang, namun terkhususnya saya merasa bosan membacanya dalam versi terjemahan bahasa Indonesia dan lebih memilih membaca versi aslinya, yakni dalam Bahasa Inggris. Selain terasa membosankan karena gaya bahasa dan pemilihan katanya yang baku, pengulangan kata yang banyak terjadi membuat buku terjemahan satu ini akan kurang diminati. Saya sendiri telah membaca dua versi buku ini, pertama dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Indonesia. Saya jauh lebih memahami isi buku ini dalam bahasa Inggris. Bahasanya tidak kaku dan to the point.

Selanjutnya kekurang dari buku Life Changing, The magic of Tidying Up ini adalah buku ini hanya melihat dari sudut pandang penulis sendiri. Buku ini kurang cocok dibaca oleh ibu – ibu dengan anak balita. Dari beberapa review mengenai buku ini mengatakan saat masa pertumbuhan anak cenderung mengeksplor banyak hal di sekitarnya dan membuat rumah akan selalu berantakan. Metode – metode yang diajarkan penulis sulit di terapkan di keadaan seperti itu.

Tentu semua orang ingin berberes namun tidak semua keadaan mampu membuat seseorang bisa berberes seperti yang diajarkan penulis. Kelihatannya buku ini lebih cocok bagi seorang lajang atau pasangan baru yang sedang memulai kehidupan berdua. Tetapi bagi seorang ibu yang harus mengurusi rumah, mengurusi anak balitanya akan sulit diterapkan. Keadaan yang hadapi tersebut tidak sama dengan yang dihadapi penulis saat menulis buku ini tentunya

Namun secara keseluruhan buku Life Changing the Magic of Tidying Up ini tetap layak dibaca karena banyak memberikan insight bagi pembacanya dalam hal seni berberes yang selama ini kebanyakan diabaikan oleh orang-orang yang selalu merasa rumahnya berantakan.

Untuk ulasan atau rekomendasi buku / novel lainnya, bisa kunjungi Tulizan Buku & Novel!

What do you think?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
khwonnie (@khwonnie) | Twitter

Aespa Akhirnya Lakukan Comeback Perdananya di Tahun 2021

Ini Perjalanan Karir Mamamoo Sejak Debut Hingga Akhirnya Mulai Dikenal