in

Review Buku Sharing-Mu, Personal Branding-Mu, Bacaan Wajib Calon Influencer

Judul Buku: Sharing-mu, Personal Branding-mu

Penulis : Muhammad Fadhol Tomimy

Halaman : xii + 184

ISBN : (13) 978 – 979 – 065 – 286 – 6

Review Buku Sharing-Mu, Personal Branding-Mu, Bacaan Wajib Calon Influencer Buku

BLURB

” Sangat disayangkan jika kamu hanya berpuas diri menggunakan media sosial sebagai ajang pamer dan curhat semata atau lebih buruk, sebagai media untuk saling caci antarpengguna. Padahal, dengan penggunaan media sosial yang tepat, banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan. Tidak hanya keuntungan dalam hubungan sosial dan materi, tetapi juga sebagai media untuk menampilkan image atau personal branding.

Personal Branding di media sosial sangat penting, terutama bagi yang ingin meningkatkan reputasi demi karier dan masa depan. Melalui media sosial, seseorang dapat “menjual” dirinya agar masyarakat  dapat lebih mengenal keahliannya. Kamu juga perlu menampilkan sikap positif karena karakter dirimu dapat dibaca orang lain, sehingga berpengaruh pada image dirimu di mata pengguna media sosial lainnya. Lalu, Bagaimana cara yang benar dalam membentuk dan menampilkan personal branding di media sosial? Bagaimana pula cara praktis dalam membaca karakter orang lain melalui media sosial? semua akan dibahas lengkap dibuku ini

1. Review Buku Sharing-Mu, Personal Branding-Mu

Review Buku Sharing-Mu, Personal Branding-Mu, Bacaan Wajib Calon Influencer Buku

Foto : Dok. Itsyyas.blogspot.com

Di zaman dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih seperti saat ini, banyak orang memanfaatkannya untuk berbagai hal. Diantaranya adalah melakukan sharing melalui sosial media. Menjadi Influencer juga menjadi salah satu profesi yang banyak diminati saat ini. Tetapi untuk menjadi seorang influencer dibutuhkan sebuah personal branding yang kuat. Untuk itu disini kita akan membahas mengenai buku Sharing-mu, Personal Branding-mu yang menjadi jawaban bagi yang ingin merintis karir menjadi seorang influencer.

Buku ” Sharing-mu, Personal Branding-mu” yang merupakan karangan dari Muhamad Fadhol Tomimy ini memberikan gambaran mengenai cara menjadi seorang influencer. Eits, tapi tunggu dulu. Tidak instan tentunya. Menjadi seorang influencer juga memerlukan waktu dan dalam buku ini semua hal tersebut dikupas tuntas. Tetapi sebenarnya, buku ini tidak hanya ditujukan untuk calon influencer. buku ini tertuju untuk semua para pengguna sosial media untuk lebih baik mengolah kesan terhadap dirinya di dunia media sosial.

Setelah membaca buku ini rasanya seperti ‘tertampar’ sih. Karena selama ini rasanya salah mengelola citra diri di media sosial. Selama ini Media sosial terasa hanya untuk ajang posting kebahagian bersama orang – orang tercinta dan kadang – kadang hal – hal berbau kegalauan. Tidak ada suatu hal yang ingin dibangun disana. Dan setelah membaca buku ini jadi termotivasi untuk mengelola kesan diri sendiri melalui media sosial.

Buat kamu yang termasuk dalam pengguna media sosial yang aktif, buku sharing- mu, personal branding-mu ini sangat cocok untuk dibaca. Tidak hanya satu media sosial saja, tapi mencakup semuanya. mulai dari Instagram, Twitter, dan Linked In. kebanyakan orang memiliki beberapa media sosial yang beragam. Tapi pola pengelolaannya masih sama saja, yaitu cuma ajang pelepas emosi sesaat. Baik itu emosi bahagia maupun kesedihan.  Di dalam buku ini dikulik secara gamblang tentang cara membentuk personal branding  yang profesional di media sosial yang kita kelola.

Review Buku Sharing-Mu, Personal Branding-Mu, Bacaan Wajib Calon Influencer Buku

Foto : Dok. Rumah.com

Mulai dari bagaimana Foto Profile yang baik itu seperti apa, postingan foto atau status yang baik dan mengundang orang untuk melihat dan membacanya seperti apa dan bahkan di dalam buku ini juga dibahas tips and trick cara mendapatkan pengikut yang banyak di laman media sosial kita. Buku ini sudah cukup lengkap menggambarkan realita pengguna media sosial di Indonesia dan bagaimana cara mengelola kesan atau personal branding through our social media account!

Selain itu, buku Sharing-mu, Personal Branding-mu ini juga membahas karakteristik pengguna media sosial lho. Kita jadi tahu bahwa karakteristikk pengguna media sosial itu ada banyak! tapi, ada tapinya nih, kita bisa dengan mudah membaca karakter mereka melalui apa yang mereka bagikan di laman media sosial mereka lho!  Maka dari itu Personal Branding itu penting, agar orang tidak salah kaprah dengan diri kita. Ya memang sih, Media sosial merupakan hak penggunanya untuk bebas memposting apa saja, tetapi akan lebih baik jadinya melalui media sosial ini kita bisa menciptakan citra yang baik tentang diri kita yang bisa berguna dikemudian hari untuk kehidupan kita juga.

Buku ini juga akan membuat para pembacanya jadi senyum – senyum sendiri. Karena menyadari kebodohan diri dimasa lalu dimana belum bijak menggunakan media sosial hahahaha mulai dari posting foto profile yang tidak jelas, bikin status galau dan juga berantem sama teman lewat media sosial

2. Point Plus dan Minus

Review Buku Sharing-Mu, Personal Branding-Mu, Bacaan Wajib Calon Influencer Buku

Foto : Dok.denbagus.com

Terdapat beberapa hal Point plus dari buku Sharing-mu,Personal Branding-mu ini. Pertama, tutur bahasa yang digunakan penulis sangat mudah dipahami. Tidak membosankan sama sekali. Selanjutnya, isinya juga sangat bermanfaat buat kita untuk kembali menata image di laman media sosial. Buku ini juga dilengkapi berbagai gambar pendukung yang membuat pembacanya lebih memahami maksud sang penulis. Tips – tips yang dibagikan dalam buku ini juga beragam. Tidak terpaku hanya satu laman sosial media saja. Tips – tips tersebut dimulai dari hal yang paling simple dalam mengelola kesan di media sosial. Overall, buku ini cukup bagus untuk menjadi bahan bacaan para penggemar buku self development. Setidaknya kita akan semakin menyadari, citra baik tak hanya dibutuhkan di dunia nyata. Dunia maya ternyata juga memerlukannya lho.

Selanjutnya berbicara mengenai kekurangan buku ini, pertama terletak dalam segi tampilannya. Menurut opini saya, buku ini memiliki design cover yang tidak begitu menarik. Sangat disayangkan padahal judulnya sudah sangat menjual. Tapi tidak didukung dengan tampilan buku yang menarik perhatian calon pembeli. Tentu saja banyak buku yang memiliki cover yang sederhana dan buku sharing-mu, personal branding-mu bukan satu-satunya. Namun hal yang membedakannya ialah pemilihan warna cover dari buku ini kurang menarik. Terlalu monoton dan terkesan ‘serius’ banget.

Review Buku Sharing-Mu, Personal Branding-Mu, Bacaan Wajib Calon Influencer Buku

Foto : Dok. Pinterest.com

Terakhir, kekurangan dari buku ini terletak pada tampilan dalamnya. Seperti yang sudah disebutkan diatas, buku ini memiliki berbagai gambar pendukung di dalamnya. Namun sayang banget gambarnya dicetak hitam putih. Sehingga pembaca jadi tidak begitu antusias melihatnya dan menimbulkan efek bosan. Mungkin hal ini terkait soal budgeting juga ya hihi soalnya gambar pendukungnya lumayan banyak. tapi kalau gambar-gambar tersebut dicetak dengan warna, mungkin akan ada kesan yang berbeda saat membacanya. Oh ya, berbicara soal ketebalan buku ini sih sebenernya masih ok lah ya. Nggak terlalu tebal dan masih bakal enjoy membacanya dalam sekali waktu. Nggak memberikan rasa seperti membaca buku pelajaran. Jadi kesimpulannya buku ini layak berada dalam wishlist buku mu! Terutama yang bercita-cita menjadi seorang influencer.

Untuk ulasan atau rekomendasi buku / novel lainnya, bisa kunjungi Tulizan Buku & Novel!

What do you think?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
GFRIEND Cerita Tentang Perubahan Drastis di Comeback Terbaru – KoreanIndo

Member Gfriend Memutuskan Bubar Setelah Habis Masa Kontrak

Ungkap Bagaimana Karakternya di Drakor Nevertheless, Han So Hee: Karakter yang Realistis - Klik Seleb

Han Soo Hee Membintangi Drama Terbaru Berjudul Nevertheless