in ,

Rumah Adat Dari Berbagai Wilayah di Indonesia Terpopuler

Indonesia merupakan negara dengan berbagai kebudayaan yang beraneka ragam. Dari sabang sampai merauke, berjajar berbagai kebudayaan yang tidak sama dari pulau ke pulau hingga kota ke kota. Salah satu keragaman budaya tersebut dapat terlihat dari rumah adat Indonesia yang memiliki arsitektur dan bentuk serta fungsi yang berbeda-beda. Setiap provinsi di Indonesia memiliki rumah adat masing-masing. Rumah adat tersebut berusaha dilestarikan dengan berbagai cara, salah satunya menaruh rumah tersebut di museum, membuat desa turis, dan cara lainnya. Rumah-rumah tersebut masih digunakan oleh masyarakat lokal sebagai tempat tinggal, meskipun jumlah orang yang menggunakan rumah adat sebagai tempat tinggal sangat sedikit. Biasanya terletak di daerah terpencil atau di desa-desa yang jauh dari perkotaan. Rumah adat di Indonesia sangat beragam, jika dilihat dari setiap provinsi, Indonesia setidaknya memiliki 38 jenis rumah ada sesuai dengan jumlah provinsi di Indonesia. Namun, beberapa provinsi bahkan memiliki lebih dari satu rumah adat.

Akhir-akhir banyak orang yang berusaha memadukan unsur arsitektur Indonesia ke dalam rumah tempat tinggal atau membuat bangunan berbentuk rumah daerah untuk keperluan bisnis, seperti membuka restoran atau cafe. Hal ini tentunya menjadi suatu hal yang positif karena kebudayaan lokal daerah dapat dikenalkan ke orang-orang baru, terutama generasi muda. Tren ini juga banyak dilakukan oleh anak-anak muda Indonesia, misalnya mengambil seni ukiran untuk pintu masuk ke rumah, menaruh patung-patung khas perajin lokal, sampai menaruh perabotan rumah tangga lokal seperti kursi berbahan rotan. Hal ini membuat rumah adat Indonesia menjadi lebih populer. Namun, selain populer di Indonesia, budaya seperti rumah adat juga cukup populer di mancanegara. Misalnya rumah gadang khas budaya dari Sumatera Barat yang berdiri kokoh di Belanda, tepatnya di satu taman bermain di negara kincir angin tersebut. Kalau rumah tersebut bisa populer di luar negeri, maka ada baiknya masyarakat Indonesia perlu mengetahui beberapa rumah adat Indonesia terpopuler.

Rumah Gadang Dari Padang, Sumatera Barat

Rumah Adat Dari Berbagai Wilayah di Indonesia Terpopuler Liburan & Wisata Rumah

Bentuk dari bangunan yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di mata orang Indonesia. Tidak hanya ditemukan di Padang saja, struktur dari rumah gadang dapat terlihat di beberapa restoran masakan Padang. Jika tidak menggunakan arsitektur rumah gadang, beberapa resto masakan Padang sering menaruh gambar dari rumah adat Indonesia yang satu ini di dalam restorannya. Hal ini membuat rumah gadang cukup dikenal masyarakat luas, apalagi mengingat kalau restoran masakan Padang menjadi restoran yang paling banyak ada di sekitar Indonesia. Rumah adat yang satu ini identik dengan bentuk atapnya yang memiliki atap yang runcing, menyerupai tanduk kerbau. Dulunya atap ini dibuat dari bahan ijuk dan bisa bertahan sampai puluhan tahun, tetapi belakangan, atap rumah dari rumah adat yang satu ini banyak berganti dengan seng. Bagian depan dari rumah ini biasanya penuh dengan ukiran ornamen bermotif akar, bunga, dan daun. Sedangkan bagian luar belakang dilapisi belahan bambu.

Rumah Sunda Dari Adat Sunda, Jawa Barat

Rumah Adat Dari Berbagai Wilayah di Indonesia Terpopuler Liburan & Wisata Rumah

Sumber: Kumparan

Jika kalian pergi makan di restoran masakan Sunda mungkin cukup familiar dengan desain dari rumah adat ini. Rumah ini memiliki bentuk khas rumah panggung dengan tangga yang tidak terlalu tinggi. Terbuat dari bahan-bahan alami seperti anyaman, kayu, jerami, dan lainnya, rumah ini memiliki ciri khas dengan jenis-jenis atapnya, seperti jolopong, badak heuay, perahu kemurep, pongpok, jublek, apit gunting, dan lainnya. Rumah adat Indonesia yang satu ini terkenal karena memiliki ventilasi udara yang sangat baik membuat rumah ini sangat sejuk. Ditambah lagi dengan menggunakan bahan-bahan alami membuat rumah ini terasa lebih asri dan sejuk. Sebagian besar rumah adat Sunda mengambil bentuk dasar struktur atap pelana atau atap gaya kampung yang dibangun di atas panggung pendek. Dinding dari rumah ini terkenal karena terbuat dari anyaman bambu yang tipis, tetapi memiliki ketahanan kuat. Namun, akhir-akhir ini, agar lebih cepat untuk dibuat, pondasi dasar bangunan ini dibuat dengan semen dan batu bata.

Rumah Panjang Asal Kalimantan Barat

Rumah Adat Dari Berbagai Wilayah di Indonesia Terpopuler Liburan & Wisata Rumah

Sama seperti namanya, rumah adat Indonesia yang satu ini memiliki ciri khas bentuk yang sangat panjang. Rumah ini juga sering disebut sebagai rumah radakng ini merupakan rumah panggung yang memiliki panjang hingga 180 meter, lebar 30 meter, dan tinggi 5–8 meter di atas permukaan tanah. Rumah ini juga identik dengan tiang-tiang penyangga yang tinggi serta memiliki tangga yang lebar. Model rumahini adalah rumah panggung yang sangat tinggi dan bisa menampung lebih dari beberapa keluarga. Rumahnya yang besar melambangkan kebersamaan dan bagaimana berbagai keluarga dapat hidup bersama dalam satu rumah yang besar. Rumah ini didominasi dengan bahan utama kayu, mulai dari dinding, lantai, tiang penyangga nya. Jika tertarik, rumah tipe ini dapat dibuat dengan sentuhan modern yang tetap mempertahankan bentuk aslinya, tetapi menggunakan bahan-bahan yang lebih kuat seperti semen dan lain-lain. Rumah ini sendiri mulai punah sejak tahun 1960 dan cukup sulit ditemui.

Rumah Honai Dari Papua

Rumah Adat Dari Berbagai Wilayah di Indonesia Terpopuler Liburan & Wisata Rumah

Sumber: Mahligai Indonesia

Nama rumah adat yang satu ini cukup sering terdengar dan masih cukup banyak digunakan oleh suku asli dari Papua. Bangunannya berbentuk kecil biasanya dihuni oleh satu keluarga. Tidak seperti rumah pada umumnya yang terdiri dari ruang tamu, kamar tidur, dan dapur, Honai yang berukuran kecil tidak memiliki pembagian ruangan. Hanya ada satu perapian di bagian tengah ruangan, yang digunakan sebagai tempat berkumpul dan untuk menghangatkan diri. Rumah ada yang satu ini identik dengan penampilannya yang tidak memiliki jendela, dinding dan atap terbuat dari bahan alami seperti kayu dan ilalang. Rumah adat Indonesia yang satu ini memang tidak memiliki ventilasi pencahayaan dan udara untuk menjaga kehangatan dalam rumah. Selain itu, rumah ini dibuat tertutup untuk mencegah udara dingin masuk ke dalam rumah. Hal ini karena suku asli dari Papua banyak tinggal di daerah pegunungan yang dingin dan rumah ini didesain untuk kepentingan tersebut.

Rumah Tongkonan Dari Toraja

Rumah Adat Dari Berbagai Wilayah di Indonesia Terpopuler Liburan & Wisata Rumah

Sumber: Perwarta Nusantara

Sekilas rumah adat Indonesia yang satu ini memiliki bentuk bangunan yang mirip dengan rumah adat asal Padang, rumah gadang. Namun, rumah yang satu ini memiliki bentuk yang lebih mungil dibandingkan rumah gadang. Jika lengkungan di rumah gadang menyerupai tanduk kerbau, lengkungan pada atap rumah tongkonan ini melambangkan kapal. Rumah ini punya arsitektur bangunan yang mirip dengan bangunan suku Bugis. Rumah ini memiliki ciri khas rumah panggung dengan ketinggian medium dan uniknya jumlah anak tangga di rumah ini berjumlah ganjil. Tongkonan berfungsi sebagai rumah tinggal, rumah kekuasaan adat hingga sebagai tempat perkembangan kehidupan sosial budaya bagi masyarakat Toraja. Untuk bahan bangunan, sebagian besar material rumah adat Toraja menggunakan bahan-bahan yang berasal dari alam.

Untuk tips seputar rumah lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Rumah.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Rumah

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Debut Solid, Rating Episode 2 My Roommate is a Gumiho Turun Tipis : Okezone Celebrity

Drama My Roomate Is a Gumiho Bertema Fantasi Adaptasi Webtoon

Wheein And Hwasa Tried To Prove Their Friendship By Picking Their Favorite MAMAMOO Member - Koreaboo

Cerita Wheein dan Hwasa Yang Telah Menjalin Friendship Sejak Sekolah