in

Seberapa Penting Keterampilan Mendengarkan Aktif bagi Kesuksesan?

Orang-orang sering berpikiran bahwa apa yang mereka katakan adalah hal yang penting untuk didengar. Lagi pula, hal tersebut tidak berarti apa-apa jika tidak dibuktikan. Cobalah sesekali untuk mengasah keterampilan mendengarkan secara aktif. Percaya atau tidak, ini akan berpengaruh terhadap perjalanan karir Anda.

Lalu, seperti apa cara kerjanya? Mari kita bahas satu per satu dari ulasan berikut ini.

Apa Itu Mendengarkan Aktif?

Seorang dosen dan pelatih karir universitas, Nadia Ibrahim-Taney, mengatakan bahwa mendengarkan secara aktif merupakan tindakan menyimak dengan niat dan strategi. Sehingga, seni mendengarkan secara aktif adalah salah satu pelajaran yang harus dipertahankan.

Para peneliti menyatakan bahwa mendengarkan aktif sebagai tingkat mendengarkan yang paling tinggi dan efektif. Ini digambarkan seperti mendengarkan konten, niat, dan fokus pada perasaan mereka yang sedang didengarkan.

Keterampilan mendengar aktif juga merupakan cara mengumpulkan informasi dan data secara mendalam tentang apa yang dikatakan dan dirasakan seseorang. Akan tetapi, keterampilan ini tidak sebatas mempertahankan percakapan. Ini juga tentang bagaimana Anda mampu berkomunikasi dengan lawan bicara, menggunakan bahasa tubuh secara optimal, dan benar-benar terlibat.

Seberapa Penting Keterampilan Mendengarkan Aktif bagi Kesuksesan? Karir

Source: nexolist.com

Mengapa Keterampilan Mendengarkan Secara Aktif Penting bagi Karir?

Dalam beberapa aspek, mendengarkan aktif adalah hal yang paling krusial. Ini akan mempengaruhi karir dengan manfaat sebagai berikut.

1. Memperoleh Informasi yang Dibutuhkan

Ketika Anda berusaha untuk terlibat secara utuh dalam sebuah percakapan, Anda akan dengan mudah mengumpulkan informasi. Bahkan ini memudahkan Anda untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan terkait. Keterampilan mendengarkan aktif juga akan mendidik diri menjadi peribadi yang bijaksana, cerdas, dan solutif.

2. Efektif Berkolaborasi

Mendengarkan secara aktif merupakan pondasi dalam kolaborasi. Ini juga menentukan kesuksesan kerja yang efisien dan efektif. Ini karena diri yang tidak mampu memahami orang lain akan sulit melangkah ke mana pun.

3. Meminimalisir Kesalahpahaman dan Mengantisipasi Kerja yang Sia-Sia

Mendengarkan secara aktif dapat meminimalisir kesalahpahaman. Ini karena Anda berusaha menjadi komunikator yang baik. Memahami dasar kerja, mengerti arah dan tujuan ekspektasi, dan lainnya.

4. Sukses Membangun Hubungan Kerja

Mendengarkan secara aktif dapat membantu mengurangi situasi yang menegangkan dan meningkatkan moral anggota tim. Ini berlaku apabila Anda berpikir bahwa semua orang yang ditemui adalah prioritas. Mereka merasa didengarkan dan dihargai. Dengan demikian ini akan menguatkan hubungan antar rekan kerja.

5. Mudah Diajak Bekerjasama

Ini merupakan manfaat jangka panjang dari keterampilan mendengarkan aktif. Sederhananya, Anda berhasil membuat orang-orang percaya dan melibatkan Anda dalam sebuah pekerjaan atau proyek besar.

Jika Anda mendengarkan dengan penuh perhatian, itu akan membuat orang merasa didengar, diperhatikan, dan didukung. Ini berdampak pada peningkatan loyalitas meskipun Anda sedang menghadapi masalah di tempat kerja. Keterampilan mendengarkan yang baik memudahkan seseorang untuk mendapatkan surat rekomendasi beragam pekerjaan, proyek, dan lainnya.

Bagaimana Mendengarkan Aktif Membantu Menemukan Karir?

Membangun hubungan sering kali membutuhkan waktu dan interaksi selama hal tersebut berlangsung. Tetapi itu tidak berarti mendengarkan secara aktif tidak memberikan manfaat dalam jangka pendek seperti wawancara kerja. Faktanya, mendengarkan secara aktif seringkali menjembatani antara tawaran atau tidak.

Riset menunjukkan bahwa keterampilan mendengarkan aktif dalam sebuah wawancara menunjukkan kehadiran Anda. Apakah Anda tertarik, aktif, terlihat tidak memikirkan jawaban atau pertanyaan berikutnya.

Tetap berada di ruang mental yang sama dengan pewawancara membuat mereka merasa seperti Anda. Itu adalah bagian dari wawancara bersama dan menjadi percakapan santai dengan feedback organik. Ketika manajer perekrutan merasa nyaman dengan pelamar, mereka lebih cenderung melanjutkan ke tahap perekrutan berikutnya.

Sebagai pelamar, keterampilan mendengarkan secara aktif juga memberikan detail yang lebih banyak tentang pekerjaan dan orang yang akan bekerja bersama Anda. Hal tersebut merupakan informasi yang dapat membantu Anda untuk mempertimbangkan posisi itu.

Seberapa Penting Keterampilan Mendengarkan Aktif bagi Kesuksesan? Karir
Source: pinkcarolline.com

Bagaimana Cara Menunjukkan Mendengarkan Secara Aktif?

Mendemonstrasikan keterampilan mendengarkan aktif itu penting jika tujuan utama Anda adalah membantu orang lain merasa didengarkan. Secara teori, ini cukup mudah dilakukan. Hanya saja, Anda akan sedikit membutuhkan usaha di sini.

Pertama, fokuslah pada komunikasi non-verbal dengan cara:

  1. Melakukan kontak mata
  2. Mengarahkan tubuh ke lawan bicara
  3. Mengangguk untuk memberikan sinyal bahwa Anda setuju atau mengerti kemana alur pembicaraan tersebut.
  4. Buat catatan singkat jika ini adalah percakapan terkait pekerjaan yang menyimpan informasi penting di masa depan.
  5. Memberikan ekspresi wajah yang sesuai. Misalnya tersenyum ketika pembicara itu mengandung lelucon ringan.
  6. Perhatikan bahasa tubuhnya. Jika seseorang mengatakan bahwa mereka tenang, namun mereka terlihat gelisah atau tegang, ini adalah sinyal untuk mengajukan pertanyaan atau memberikan perhatian.

Hal demikian juga berlaku untuk agenda jarak jauh. Asah keterampilan mendengarkan aktif dengan memberikan sesi curhat virtual atau percakapan lainnya. Itu merupakan cara yang bagus untuk memperkuat komunikasi. Lakukan cara berikut ini.

  • Mengajukan pertanyaan untuk mengklarifikasi kekhawatiran dan kebutuhan.

Jika Anda diminta untuk mengambil alih perencanaan acara kerja tahunan, tanyakan tentang tujuan dan dampak yang diinginkan dari acara tersebut. Identifikasi kendala yang dialami oleh mantan perencana di masa lalu.

  • Menggunakan informasi yang diterima untuk mengubah atau mengklarifikasi masalah.

Jika Anda diberi tahu tentang perencana sebelumnya, pastikan bahwa Anda sudah berada di jalur yang benar.

  • Mempresentasikan beberapa solusi potensial berdasarkan apa yang dipelajari. Seperti halnya menyarankan sesuatu, memberikan informasi yang dibutuhkan, dan lainnya.

Praktikkan teknik di atas secara teratur. Kesabaran sangat dibutuhkan untuk mengasah keterampilan mendengarkan secara aktif. Ajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui akar permasalahannya. Entah itu masalah resume, keterampilan wawancara yang minim, atau profil LinkedIn yang tidak sesuai.

Ini adalah masalah khusus yang dapat dipecahkan. Masalah yang hanya dapat diidentifikasi dengan fokus dan tetap hadir, mencatat beberapa hal penting, dan mengajukan pertanyaan investigasi strategis. Begitu informasi tersebut didapat, ini akan menjadi hal yang mudah untuk mengubah kekhawatiran mereka.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Meningkatkan Keterampilan Mendengarkan secara Aktif?

Meskipun Anda merasa bukan pendengar terbaik saat ini, mendengarkan secara aktif adalah keterampilan yang dapat dikembangkan. Seperti beberapa keterampilan pada umumnya, mendengarkan secara aktif bisa dipelajari dan ditingkatkan melalui latihan dan umpan balik. Salah satunya dengan memanfaatkan percakapan yang dilakukan dengan setiap orang yang ditemui.

Temukan orang yang mau duduk bersama Anda selama lima sampai sepuluh menit. Buat percakapan hanya berfokus pada pembicaraan tentang hari mereka. Selama percakapan berlangsung, dengarkan dan perhatikan lawan bicara Anda. Kemudian, berlatihlah mengajukan pertanyaan dan menyusun kembali apa yang dipelajari dari percakapan tersebut.

Anda juga dapat mengikuti kursus keterampilan interpersonal yang berfokus pada pengembangan mendengarkan secara aktif. Bergabunglah dengan grup jaringan dengan tujuan utama untuk melatih keterampilan mendengarkan aktif.

Tidak peduli apapun pengaturan, cobalah untuk terus berlatih. Semakin sering Anda melakukannya, semakin ini mudah untuk dipelajari dan memberikan banyak manfaat bagi karir Anda ke depannya.

Untuk tips seputar karir lainnya, kamu bisa kunjungi Tulizan Karir.

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Karir

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ini 9 Serial TV yang Paling Dikenang Sepanjang Masa

Rekomendasi Anime Komedi Yang Wajib Kamu Tonton