in

Sederet Tes Yang Harus Dijalani Sebagai Syarat Jadi Idol Kpop

Lee Yun Ji dan Kim Se Yeon menjelaskan sederet tes yang harus dijalani sebagai syarat jadi idol Kpop lewat YouTube. Lee Yun Jin adalah seorang pelatih profesional di Making Academy yang merupakan sekolah khusus persiapan menjadi trainee idol KPop. Sedangkan, Kim Se Yeon telah menjalani profesi sebagai trainer lebih dari 10 tahun. Memang salah satu profesi yang masih sangat menjanjikan sampai sekarang di Korea Selatan adan menjadi idol KPop. Apalagi semakin banyak penggemar dari berbagai negara seiring dengan popularitas dari musik KPop yang semakin mendunia. Sehingga tidak sedikit anak muda di sana rela melakukan beragam cara melalui audisi untuk jadi trainee idol Korea. Menariknya lagi adalah tidak sedikit agensi yang membuka audisi secara global seperti Jepang, China, Taiwan dan Thailand. Tujuan dari audisi yang tidak hanya terbatas untuk warga negara Korea Selatan saja adalah menjaring trainee potensial dari seluruh dunia.

Peserta yang lolos audisi agensi akan menjalani pelatihan sebagai trainee di agensi seperti HYBE, SM, YG, JYP, dan agensi lainnya. Para trainee nantinya secara ketat akan dilatih untuk mempersiapkan menjadi idol Kpop yang berbakat. Tidak sedikit yang harus menjalani masa pelatihan selama bertahun-tahun seperti Jennie Blackpink yang menjadi trainee di YG Entertainment selama 2010-2016. Adapun pelatihan yang dilakukan adalah olah vokal, rap, tari, akting, dan kekompakan sesama personel grup.

Seorang idol Kpop perlu memiliki penampilan yang menarik. Penampilan yang dimaksud tidak hanya perawatan wajah dan tubuh tetapi juga fashion. Apalagi fashion artis korea kini telah menjadi trend di dunia sehingga memiliki fashion yang baik menjadi sebuah keharusan. Seperti G-Dragon Bigbang yang terkenal sebagai fashion icon bahkan dia pernah berkolaborasi dengan Nike dengan mengeluarkan sepatu Air Force 1.

Sederet Tes Yang Harus Dijalani Sebagai Syarat Jadi Idol Kpop K-Pop

Gambar: Tes yang paling mendasar dalam audisi Kpop adalah memperkenalkan diri dan menunjukkan bakat yang dimiliki seperti bernyanyi, menari, rap, atau lainnya

Cara jadi idol Kpop di Korea Selatan selanjutnya adalah menguasai bahasa negeri gingseng karena akan banyak menghabiskan waktu di sana. Tentu saja memiliki kemampuan bahasa lain menjadi nilai lebih karena memudahkan komunikasi saat tampil di negara dengan bahasa tersebut. Apalagi ada banyak idol Kpop yang menguasai banyak bahasa.

Hal yang terpenting lainnya adalah memahai kebudayaan di Korea Selatan yang salah satunya pemanggilan terhadap orang yang lebih tua. Seperti adik perempuan memanggil kakak laki-laki dengan sebutan Oppa dan kakak perempuan dengan sebutan Eonni. Sedangkan untuk adik laki-laki memanggil kakak laki-laki dengan sebutan Hyung dan kakak perempuan dengan sebutan Noona. Namun, semua panggilan tersebut ditujukkan untuk orang yang sudah akrab. Sementara yang belum dekat maka memanggil nama dengan menambahkan akhiran –Ssi seperti Jungkook-Ssi. Sehingga memang tidak dapat sembarangan dalam menyapa orang terutama yang baru pertama kali bertemu.

Hal yang paling terpenting dan sangat harus diperhatikan bagi seorang idola di Korea Selatan adalah tingkah laku. Mereka juga diharapkan untuk selalu bersikap baik di kehidupannya agar terhindar dari kasus skandal yang buruk. Lantaran para penggemar selalu memperhatikan setiap gerak gerik mereka karena seorang idola adalah contoh bagi penggemarnya. Selain itu, idola tidak hanya dituntut untuk selalu menjaga segala tingkah laku tetapi juga tidak diperbolehkan berpacaran sampai waktu tertentu. Tujuannya agar mereka fokus bekerja keras untuk menampilkan performa terbaik bagi para penggemar. Itu adalah penjelasan lima cara jadi idol Kpop di Korea Selatan.

Berikut ini adalah sederet tes yang harus dijalani sebagai syarat jadi idol Kpop :

1. Tes 30 detik

Sebenarnya tes pertama masih paling mendasar seperti memperkenalkan diri dan menunjukkan bakat yang dimiliki seperti bernyanyi, menari, rap, atau lainnya. Selain itu, Lee Yun Ji memaparkan bahwa sebenarnya tidak ada pertanyaan sama sekali pada awal-awal audisi. Namun, peserta sebaiknya dapat menunjukkan semua potensi dirinya dalam waktu 30 detik saja sehingga perlu persiapan yang sangat matang.

Sederet Tes Yang Harus Dijalani Sebagai Syarat Jadi Idol Kpop K-Pop

Gambar: Para juri dengan pengalaman puluhan tahun telah terlatih mengetahui bibit potensial

2. Tes kamera

Tes selanjutnya sebagai syarat jadi idol Kpop adalah peserta menunjukkan kemampuan dirinya di depan kamera setelah lolos tes pertama. Lee Yun Jin mengatakan bahwa peserta memiliki kemungkinan mendapatkan pertanyaan tetapi bisa juga tidak. Lantaran para pencari bakat biasanya hanya berfokus kepada penampilan dari setiap peserta selama tes kamera. Para juri dengan pengalaman puluhan tahun telah terlatih mengetahui bibit potensial trainee idol KPop dengan jeli dan cepat. Salah satu yang dinilai adalah cara peserta memandang penonton saat proses perekaman di depan kamera.

3. Tes wawancara

Peserta yang lolos tes kamera akan melanjutkan audisi ke tahapan berikutnya. Mereka harus mempersiapkan diri untuk menjawab berbagai pertanyaan. Lee Yun Ji menjelaskan bahwa setiap peserta mungkin akan mendapatkan pertanyaan yang cukup sulit untuk dijawab. Namun, sebenarnya para pencari bakat menginginkan jawaban yang sangat rinci. Beberapa pertanyaan tersebut seperti musik favorit, sosok yang menginspirasi, impian di masa depan, dan yang berkaitan dengan karier idol KPop.

4. Tes kejujuran

Kim Se Yeon mengungkapkan bahwa setiap peserta harus bisa menjawab pertanyaan sederhadana seperti: apakah kamu benar-benar orang baik? Apakah kamu pernah melakukan bullying saat di sekolah? Apakah pernah melakukan perbuatan yang dilarang seperti mabuk atau merokok? Dia menegaskah bahwa peserta audisi benar-benar harus menjawabnya secara jujur karena agensi akan mengecek kebenarannya sendiri. Pasalnya para pencari bakat sekarang semakin jeli dalam meloloskan peserta audisi setelah semakin merebaknya kasus bullying di kalangan idol KPop.

5. Tes cara berbicara

Lee Yun Jin membeberkan bahwa peserta tidak usah khawatir soal mampu menjawab pertanyaan atau tidak tetapi mereka perlu memperhatikan cara bertutur. Sebab peserta sebaiknya berbicara senatural mungkin dengan penuh percaya diri selama mengikuti rangkaian tes dalam audisi. Tes yang terakhir ini sebenarnya bukan tes khusus tetapi sangat krusial. Lantaran apabila peserta sudah mulai gugup sejak awal maka dia mungkin tidak dapat menampilkan semua potensinya secara maksimal. Selain itu, pencari bakat biasanya akan meminta peserta yang tampak menghapal untuk bicara dengan santai agar stabil. Itu adalah lima tes yang akan dijalani peserta audisi sebagai syarat lolos sebagai trainee hingga jadi idol Kpop. Mungkin saja terlihat sangat rumit tetapi selama peserta kerja keras dan tidak mudah menyerah maka akan selalu ada jalan. Tentu saja keinginan yang kuat tetap harus disiapkan dengan baik.

Untuk informasi lainnya tentang dunia K-Pop lainnya, kunjungi Tulizan K-Pop.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Expert

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Ilmuwan Ini Ungkap Apa Jadinya Kalo Infinity Snap Thanos Beneran Muncul di Dunia Nyata - Semua Halaman - Hai

Lima Pemeran Antagonis Terbaik Mengacu Pada Peringkat Kejahatan

Captain America: The Winter Soldier - Tribunnewswiki.com Mobile

Enam Kesalahan Tokoh Antagonis Dalam Film Superhero