in

Seperti Apa Sistem Parkir Masa Depan?

Sistem parkir masa depan menjadi hal yang paling dipikirkan dan menyita pikiran saat ini bagi para pejabat kota di seluruh dunia. Seperti yang dialami oleh Amerika Serikat misalnya. terdapat 105 juta dan dua miliar ruang yang berpotensi lebih dari jumlah mobil yang terdapat di seluruh dunia. Selama masa periode sibuk seperti musim liburan, tempat parkir yang luas tersebut berkemungkinan besar akan terisi penuh. Namun seringkali kosong di hari biasa.

Sebenarnya itu merupakan hal yang sia-sia ketika daerah perkotaan terus-menerus membutuhkan lebih banyak ruang untuk perumahan, pengembangan bisnis, dan sekolah. Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan serangkaian teknologi dan proses teknis seperti Internet of Things dan otomatisasi. Lebih lagi, kendaraan yang dapat mengemudi sendiri atau autonomous vehicle menjanjikan transformasi potensial dari tempat parkir.

Internet of Things

Saat ini, dunia telah terbiasa dengan Internet of Things (IoT). Pada dasarnya, teknologi terkini ini mengacu pada komunikasi antar perangkat online yang sangat bermanfaat dalam berbagai proses sehari-hari, termasuk parkir mobil.

Tempat parkir yang dilengkapi dengan sistem IoT memungkinkan pengemudi untuk melihat tempat parkir secara real time melalui layanan aplikasi maupun situs web. Artinya, pengemudi dapat mengetahui apakah ada ruang untuk memarkir kendaraannya bahkan sebelum tiba di lokasi. IoT di tempat parkir bekerja hampir seperti versi yang lebih canggih dari sistem lampu merah dan hijau yang sudah digunakan oleh banyak tempat parkir.

Salah satu manfaat dari teknologi IoT adalah penurunan emisi karbon kendaraan menurut laporan dari San Francisco. Setelah sistem diadopsi di banyak tempat parkir San Francisco, San Francisco Municipal Transportation Agency (SFMTA) mengumumkan bahwa jumlah rata-rata waktu yang dibutuhkan pengemudi untuk menemukan tempat turun sebesar 43%. Tidak hanya itu saja, jarak tempuh yang ditempuh oleh mereka yang ingin parkir turun 30%.

Sistem parkir masa depan seperti ini sangat berdampak positif bagi lingkungan. Metode parkir dengan teknlogi IoT dinilai lebih efisien karena semakin banyak lahan parkir yang dapat diisi. Beberapa tempat parkir yang terisi jauh lebih baik daripada banyak tempat parkir yang tidak terisi. Jika digunakan dengan baik, teknologi IoT dapat memungkinkan kota untuk menutup sebagian dan menggunakan kembali ruang tersebut untuk pengembangan kota.

Seperti Apa Sistem Parkir Masa Depan? Otomotif

Source: store.steampowered.com

Otomatisasi

Otomasi telah diperkenalkan di banyak tempat parkir di seluruh dunia. Ini terbukti menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan efisiensi parkir mobil. Sistem parkir masa depan seperti ini umumnya melibatkan proses otomatis memarkir mobil menggunakan mesin.

Salah satu tempat parkir dengan sistem otomatisasi adalah ParkPlus di Boulder, Colorado. Mereka telah memasang sistem parkir otomatis penuh di lokasi pengembangan bisnis. Saat kendaraan memasuki tempat parkir, kendaraan dipindai dengan laser sebelum dinaikkan oleh platform bergerak yang kemudian memindahkan mobil ke suatu tempat.

Sistem ini bekerja seperti rak penyimpanan otomatis. Memungkinkan empat kali lebih banyak mobil untuk diparkir di dalam gedung jika dibandingkan dengan tempat parkir konvensional. Ini karena pengemudi dan penumpang meninggalkan kendaraan sebelum diparkir. Sehingga tidak perlu ada banyak ruang antar mobil.

Sistem parkir otomatisasi berarti bahwa tempat parkir bisa jauh lebih kecil. Bahkan lebih sedikit yang dibutuhkan karena dapat memuat lebih banyak kendaraan. Ini juga berarti bahwa tempat parkir dapat dibangun lebih lanjut secara vertikal. Ini karena mesin menggerakkan kendaraan daripada pengemudi.

Seperti Apa Sistem Parkir Masa Depan? Otomotif
Source: bosch.co.uk

Park Assist Technology

Salah satu bentuk sistem parkir masa depan ditandai dengan semakin banyak kendaraan yang dilengkapi dengan teknologi ‘Park Assist’. Ini mengacu pada sistem komputer internal yang dirancang untuk membantu pemilik kendaraan memarkir mobil secara otomatis. Baik di tempat biasa atau di tempat yang memerlukan parkir paralel.

Sistem seperti ini menjadi lebih mudah digunakan dan lebih terjangkau daripada sebelumnya. Jadi sepertinya parkir mandiri dan kendaraan tanpa pengemudi suatu hari akan menjadi hal yang biasa.

Bahkan, sejumlah mobil mid-range seperti Vauxhall Corsas, Ford Fiestas, dan Peugeot 208s baru pun dipasangi Park Assist. Ketika teknologi seperti itu menjadi arus utama, peluang lain untuk menilai kembali tempat parkir akan ditawarkan.

Teknologi Park Assist memungkinkan mobil terparkir secara efisien. Seperti halnya dengan tempat parkir otomatis, akan memungkinkan untuk memiliki lebih banyak mobil yang diparkir dengan aman di area yang lebih kecil dari biasanya.

Bahkan mobil yang tidak memiliki teknologi canggih ini dapat memanfaatkan langkah-langkah keamanan tambahan dalam bentuk sensor parkir. Ini memungkinkan pengemudi untuk dengan aman dan percaya diri mundur lebih dekat ke penghalang seperti mobil atau dinding tetangga. Beberapa kendaraan dipasangi oleh pabrik dengan sensor ini, tetapi yang lain mungkin memerlukan pemesanan untuk modifikasi mobil.

Seiring perkembangan teknologi, mereka yang tertarik dengan industri motor sangat mengantisipasi kedatangan mobil self-driving – atau robotik -. Kemungkinan suatu hari, dalam waktu yang tidak terlalu lama, mobil robotik akan menjadi arus utama. Jika ini terjadi, perencana kota akan memiliki kesempatan untuk memeriksa ulang pemandangan kota sepenuhnya. Mobil robotik akan dapat mengemudi lebih dekat bersama-sama, yang berarti jalan serta tempat parkir bisa lebih kecil daripada sekarang. Ini akan membuka ruang untuk infrastruktur alternatif.

Innovative Smart System

Visi alat berat membawa dimensi baru pada parkir. Ini merupakan salah satu cara untuk menghemat biaya dalam memantau tingkat hunian tempat parkir mobil dan tempat parkir di jalan tanpa infrastruktur yang mahal. Innovative Smart System dibuat oleh firma desain dan pengembangan produk Cambridge Consultants bersama perusahaan desain dan manufaktur semikonduktor perangkat analog.

Sistem parkir masa depan seperti ini menggabungkan kamera berbiaya rendah dengan algoritme canggih yang dijalankan pada platform pemrosesan hemat biaya. Sistem tersebut dapat menghitung tempat parkir yang kosong atau sudah ditempati tanpa gangguan. Lalu mereka memasang sensor dan komunikasi individu untuk setiap tempat parkir.

Ini merupakan contoh yang sangat baik tentang bagaimana visi mesin dapat memberikan cara yang dapat hemat biaya. Hal tersebut bertujuan untuk memantau tingkat hunian di area yang luas karena kamera mampu ‘melihat’ beberapa tempat.

Cambridge Consultant juga memastikan teknologi ini berfungsi dalam berbagai kondisi pencahayaan. Juga dapat mengatasi berbagai ukuran mobil, truk, hingga sepeda motor tanpa mengganggu aktivitas lainnya.

Sistem parkir masa depan dengan penerapan Innovative Smart System diluncurkan untuk efisiensi waktu dalam menemukan tempat parkir, mengurangi kemacetan, dan menghemat pengeluaran. Pengemudi dapat diberikan tempat parkir ketika mereka memasuki tempat parkir atau meminta tempat khusus karena keperluan tertentu.

Perencanaan sistem parkir masa depan diharapkan dapat menjadi solusi yang tepat karena aktivitas pembangunan dunia yang terus berkembang. Pertumbuhan populasi membuat kota-kota di dunia membutuhkan lahan yang lebih luas untuk pemukiman. Dan sistem parkir tersebut diharapkan dapat memberikan solusi terbaik dalam segala aspek.

Itulah artikel mengenai “Seperti Apa Sistem Parkir Masa Depan?”. Untuk artikel lainnya mengenai dunia otomotif, silahkan kunjungi Tulizan Otomotif.

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Otomotif

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

7 Aplikasi Offline dan Online jpg pdf Converter

Hasil gambar untuk 97 line member

97 Line Jadi Squad Cowok-Cowok Ganteng, Siapa Saja Member nya?