in

Serba Serbi Cara Mematikan Komputer Tanpa Mouse

Komputer menjadi bagian hidup kita saat ini. Bukan lagi hanya untuk urusan kantor, urusan sekolah, atau urusan pemerintahan. Hampir setiap elemen masyarakat menggunakan komputer dalam kehidupan sehari – hari. Baik untuk urusan niaga maupun urusan pribadi. Setiap rumah harus memiliki komputer apalagi disaat teknologi semakin canggih. Ada fakta unik yang muncul dari penggunaan komputer. Tahukah kamu bahwa mouse bukanlah cara satu – satunya untuk mematikan komputer. Ada cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mematikan komputer tanpa mouse.

Terkadang saat kita menggunakan komputer, ada saja permasalahan yang muncul baik jarang maupun sering. Salah satu permasalahan yang paling sering ditemui oleh banyak pengguna komputer adalah mouse mereka yang tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Kita menggunakan mouse sebagai gear eksternal untuk membantu penggunaan komputer. Berbeda dengan laptop, PC adalah komputer yang tidak memiliki touchpad. Jika mouse rusak, maka tidak sedikit pengguna yang bingung bagaimana cara mematikan komputer tanpa mouse. Haruskah membeli mouse yang baru? Tentu itu menjadi cara satu – satunya jika tidak mengetahui cara lain. Mari simak pembahasan berikut ini agar kamu bisa mengatasi masalahnya dengan cepat dan ringkas.

Keyboard Jika sudah berada di tampilan desktop

Serba Serbi Cara Mematikan Komputer Tanpa Mouse Komputer & Laptop

Keyboard adalah elemen gear lain yang dapat kita gunakan untuk mengoperasikan komputer saat mouse mengalami kerusakan. Tahukah kamu jika keyboard sebenarnya memiliki banyak shortcut berguna untuk waktu – waktu genting seperti mouse rusak? Keyboard bisa menjadi salah satu cara mematikan komputer tanpa mouse. Jika kamu menggunakan keyboard yang memiliki tombol windows, maka kamu selamat. Kamu bisa menekan tombol tersebut untuk mentrigger munculnya start menu. Apapun OS yang kamu gunakan, baik berbagai seri Windows maupun Linux, fungsi tombol tersebut akan sama, yakni mentrigger start menu.

Setelah kamu menekannya dan muncul start menu, kamu bisa melanjutkan dengan menggunakan tab, panah, dan enter untuk mulai mengeksekusi fungsi shutdown komputer. Kamu bisa menggunakan tombol tab untuk berpindah kolom. Biasanya menu windows terdiri dari beberapa kolom, kemudian masing – masing kolom memiliki subfungsi lagi. Jika kursor tidak berada di kolom tempat fungsi shutdown berada, kamu bisa menggunakan tab tersebut untuk masuk ke kolom tersebut. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan panah ke atas dan kebawah untuk masuk ke menu tersebut. Setelah itu, kamu bisa menekan enter. Biasanya komputer tidak langsung shutdown tetapi menampilkan pilihan seperti shutdown, sleep, atau restart. Kamu bisa menggunakan panah ke atas atau kebawah untuk menekan fungsi yang kamu inginkan.

Keyboard jika aplikasi masih banyak yang terbuka

Serba Serbi Cara Mematikan Komputer Tanpa Mouse Komputer & Laptop

Cara mematikan komputer tanpa mouse jika tampilan komputer sudah berada di tampilan desktop memang terlihat mudah. Tetapi bagaimana jika mouse kamu rusak di saat masih banyak aplikasi yang masih bertebaran di layar komputer kamu. Kamu tentu masih bisa menggunakan cara sebelumnya. Kamu bisa mentrigger start menu dan memilih shutdown. Hanya saja, sistem pasti akan mengenali banyak aplikasi yang belum sempat kamu tutup dan meminta kamu untuk menutupnya terlebih dahulu. Terkadang kamu hanya perlu memilih yes atau no kemudian menutup jendela. Tetapi cara tersebut membutuhkan waktu dan kadang kamu bisa saja melewatkan beberapa aplikasi yang belum sempat disimpan dan akhirnya tidak tersimpan.

Kamu bisa menggunakan beberapa shortcut terlebih dahulu sebelum mematikannya menggunakan cara sebelumnya. Pertama, kamu bisa menggunakan kombinasi tombol Windows + D untuk langsung masuk ke tampilan desktop dan mematikan semua aplikasi. Atau kamu bisa menggunakan ALT+F4 untuk menutup semua aplikasi yang masih terbuka, menyimpannya atau langsung menutup dan masuk ke tampilan desktop. Di halaman desktop, kamu bisa kembali menekan kombinasi tombol ALT + F4 untuk menampilkan jendela shutdown. Selanjutnya, kamu bisa memilih apakah kamu ingin ‘restart’, ‘shutdown’, ‘sign out’, atau ‘sleep’ menggunakan panah bawah dan panah atas. Kemudian, kamu tinggal menekan ‘Enter’.

Menggunakan CMD

Serba Serbi Cara Mematikan Komputer Tanpa Mouse Komputer & Laptop

Cara mematikan komputer tanpa mouse lainnya adalah dengan memanfaatkan command-prompt. Tidak hanya orang yang memiliki masalah dengan mouse saja yang menggunakan pilihan atau cara ini tetapi juga mereka yang ingin mematikan komputer dengan cepat. Gamer atau ahli komputer biasanya sering menggunakan cara ini. Tidak perlu mouse, hanya beberapa type di komputer saja, kamu sudah bisa mematikan komputer.

Pertama, kamu harus tahu cara memunculkan command prompt terlebih dahulu. Untuk memunculkannya kamu bisa mengetik tombol Windows bersamaan dengan huruf R. Jendela run akan muncul ke layar kamu. Kemudian selagi field untuk mengisi masih aktif, kamu bisa langsung mengetik CMD untuk memunculkan command prompt. Begitu jendela command prompt muncul, kamu bisa mengetikkan perintah ‘shutdown /s’ tanpa koma diatas tentunya. Selanjutnya, kamu tinggal menekan tombol enter. Sistem akan langsung menangkap perintah tersebut sebagai shutdown dan mematikan komputer kamu.

Jika kamu ternyata bukan ingin shutdown komputer tetapi ingin melakukan restart, kamu juga bisa memanfaatkan cara ini. Kamu bisa mengetikkan perintah ‘shutdown /r’ tanpa koma diatas. Sistem akan menangkap perintah tersebut dan me-restart komputer kamu. Perintah ini sangat mudah, apalagi jika kamu sudah terbiasa menggunakannya. Kamu bahkan tidak perlu memindahkan tangan kamu karena semua tombol yang diperlukan sudah berada di jangkauan kamu. Jika ingin terlihat keren, bisa banget mencoba cara mematikan komputer tanpa mouse ini untuk mengesankan orang.

Serba Serbi Cara Mematikan Komputer Tanpa Mouse Komputer & Laptop

Shortcut lainnya

Kamu juga bisa menggunakan cara CTRL + ALT + DEL untuk mematikan komputer tanpa mouse. Setelah kamu menekan kombinasi tombol tersebut secara bersamaan, desktop akan tertutup dan masuk ke sebuah jendela perintah yang berisi switch user, sign out, change password, dan lock. Jika kamu jeli, pada bagian kanan bawah terdapat ikon shutdown yang bisa kamu pilih. Untuk bisa memindahkan kursor aktif ke ikon tersebut, kamu bisa menggunakan tombol tab. Saat sudah sampai ke ikon shutdown, kamu tinggal klik enter, selanjutnya pilih apakah kamu ingin shutdown, restart, atau sleep.

Jika kamu sudah hopeless dan keyboard pun sudah tidak bisa bekerja dengan baik. Kamu bisa menekan tombol ‘Power’ selama kurang lebih 3 hingga 5 detik untuk mematikan komputer. Banyak orang sangat tidak menyarankan cara ini karena hanya akan merusak memori dan hardisk komputer. Kamu mematikan komputer tanpa menghentikan operasi – operasi di dalamnya. Memori dan hardisk bekerja keras untuk memproses hal ini. Kemungkinan terburuknya, PC atau komputer kamu akan mengalami blue screen saat kembali dinyalakan.

Beberapa tombol shortcut yang mungkin berguna untuk kamu dalam mengoperasikan komputer tanpa menggunakan mouse adalah Windows + L. Jika kamu merupakan tipe orang yang selalu memasang password pada laptop kamu, maka tombol ini akan sangat berguna. Kamu bisa dengan mudah menggunakannya untuk mengunci komputer dengan cepat saat ada kebutuhan.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, tombol ALT + F4 juga sangat bermanfaat jika kamu ingin menutup aplikasi tanpa menggunakan mouse. Cara ini sangat cepat dan efisien apalagi jika saat itu jangkauan jari kamu berada pada keyboard, sehingga tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih untuk berpindah area.

Untuk mengetahui informasi tips & trik seputar Laptop dan Komputer, silahkan kunjung Tulizan Laptop dan Komputer

What do you think?

Participant

Written by Tulizan Desktop

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi Anime Komedi Yang Wajib Kamu Tonton

6 Potret Kilas Balik Kim Jung Hyun dalam Syuting Drakor Time bersama Seohyun SNSD - ShowBiz Liputan6.com

Adegan Canggung Drama Time Yang Secara Sinopsis Harusnya Romantis