in

Serba Serbi Kehidupan Kampus yang Harus Diketahui Mahasiswa Baru

Masa kuliah adalah masa yang tidak akan terlupakan dalam hidupmu karena begitu berwarna dan sangat pelik. Bahkan, pengalaman berharga juga dapat diperoleh di kampus. Ada berbagai rasa yang akan muncul ketika kuliah. Mulai dari suka, duka, pahit, manis, kecewa, bangga, stres, hingga galau. Ada banyak kegiatan yang harus dilalui dalam agenda perkuliahan antara lain praktikum, Kuliah Kerja Nyata (KKN), magang, dan skripsi. Salah satu proses panjang yang harus dilalui adalah skripsi karena pembuatannya membutuhkan perjuangan yang ekstra karena ada banyak tantangan seperti sulit bertemu dengan dosen pembimbing, narasumber sedikit, sampel tidak mencukupi, dan masih banyak lagi. Yuk simak serba serbi kehidupan kampus yang harus diketahui oleh mahasiswa baru.

Serba Serbi Kehidupan Kampus yang Harus Diketahui Mahasiswa Baru Pendidikan

1. Ada Berbagai Istilah untuk Mahasiswa

Ada berbagai karakter mahasiswa sehingga kerap diberikan julukan atau istilah tertentu yang menjadi booming di kalangan mahasiswa dan masyarakat. Apa saja istilah yang diberikan kepada mahasiswa akibat kebiasaan tertentu?

a. Mahasiswa KuPu-KuPu

KuPu-KuPu adalah Kuliah, Pulang – Kuliah, Pulang. Mahasiswa seperti ini tidak tertarik dengan kegiatan-kegiatan lain di kampus. Jika tidak terpaksa karena mendapatkan nilai dari dosen, mahasiwa KuPu-KuPu tidak akan tertarik untuk ikut berbagai kegiatan seperti organisasi atau kegiatan ekstrakuriler di kampus. Mahasiswa jenis ini hanya mau masuk kelas dan bermain dengan teman-temannya. Bahkan, ada jenis mahasiswa kutu buku yang benar-benar KuPu-KuPu karena tidak mau berkumpul dengan teman-temannya.

b. Mahasiswa Pengusaha/Enterpreneur

Jenis mahasiswa ini sudah mampu menghasilkan uang sendiri dengan berbagai kegiatan bisnis seperti usaha fotokopi, ojek online, cafe, online shop, dan sebagainya. Jadi, mahasiswa jenis ini mungkin mungkin aktif juga berjualan berbagai barang kepada teman-temannya.

c. Mahasiswa Organisatoris atau Aktivis

Organisatoris atau aktivis sebenarnya memiliki makna yang sama, yaitu aktif mengikuti berbagai kegiatan untuk menambah soft skill. pada mahasiswa tersebut. Organisatoris atau aktivis adalah mahasiswa yang aktif berorganisasi internal kampus seperti BEM, SENAT, UPK, UKM, dan lainnya. Bahkan, ada juga yang merambah ke luar kampus seperti ikut kegiatan BEM yang bekerja sama dengan kampus-kampus lainnya atau ikut kegiatan lain di luar kampus.

2. Harus Mengikuti Kegiatan Orientasi atau Ospek Kampus

Orientasi kampus atau ospek pada masa silam adalah momen atau bagian dari perkuliahan yang tidak boleh dilupakan. Kegiatan ini mungkin menjadi momen yang tak terlupakan karena suasana hatimu dibuat bergejolak bagaikan roller coaster. Sebal karena dimarahi oleh senior atau kakak angkatan, senang karena mendapatkan gebetan, lelah karena ada banyak rangkaian kegiatan yang harus diikuti, dan masih banyak lagi. Kakak angkatan identik dengan image galak karena kamu mendengarkan cerita-cerita dari orangtua dan orang-orang yang lebih senior lainnya. Tenang, itu hanya terjadi pada masa lampau.

Kegiatan orintasi pada masa kini hanya membutuhkan ketahanan fisik karena kamu harus datang sangat pagi. Ketahanan mental hanya dibutuhkan sedikit karena kamu mungkin bisa saja diberi hukuman karena kesalahan dalam pengerjaan tugas, tetapi hukumannya tidak separah pada masa lampau. Hukumannya cukup ringan seperti mengumpulkan tanda tangan para senior atau kakak angkatan, bernyanyi di depan banyak orang, dan mencari dosen-dosen tertentu sesuai arahan. Selamat menikmati serba serbi kehidupan kampus yang satu ini.

Serba Serbi Kehidupan Kampus yang Harus Diketahui Mahasiswa Baru Pendidikan

Sumber: https://rencanamu.id/post/dunia-kuliah/kehidupan-mahasiswa/10-mitos-perkuliahan-yang-wajib-kamu-tahu

3. Perkuliahan Dimulai

Berakhirnya kegiatan orientasi berarti perkuliahan dimulai. Bersiaplah membaca silabus atau daftar bab yang akan dipelajari dalam setiap mata kuliah. Cari tahu tentang daftar mata kuliah dan batas pengisian Kartu Rencana Studi (KRS). Mulai mencari teman-teman yang nyaman dan cocok dengan keseharian dan gaya belajarmu karena mereka bisa dijadikan teman sekelompok untuk tugas-tugas kuliah jika anggota kelompoknya tidak ditentukan oleh dosen. Kamu harus giat dan tekun ketika menjalani semester-semester awal karena kamu mungkin merasa bosan dengan materi kuliah yang didominasi oleh teori-teori.

4. Sering Melakukan Presentasi

Presentasi di depan kelas akan menjadi kegiatan harianmu karena perkuliahan menuntut partisipasi aktif setiap mahasiswa. Pada awalnya, kamu akan merasa grogi ketika presentasi. Cobalah untuk mengatasi rasa grogi itu segera supaya penampilanmu dinilai baik oleh dosen dan teman-temanmu. Ketika berada di bangku SMA, kamu mungkin lebih banyak mendengarkan guru di depan kelas karena presentasi dan pidato di depan kelas masih sedikit. Mulailah beradaptasi dengan gaya belajar baru di kampus sehingga kamu bisa menampilkan kemampuan terbaikmu karena dosen akan mengamati jalannya kelas.

5. Ikutilah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Organisasi Kampus

serba serbi kehidupan kampus lainnya adalah UKM dan Organisasi kampus. Jadilah mahasiswa yang aktif dengan mengikuti kegiatan di organisasi seperti Himpunan Mahasiswa dan Unit Kegiatan Mahasiswa. Pengetahuan dan pengalamanmu akan bertambah ketika terlibat dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Namun untuk keterampilan, kamu dapat mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang biasanya mengadakan open recruitment atau pendaftaran pada awal tahun ajaran baru. Carilah UKM yang sesuai minat, hobi, atau rencana untuk meraih masa depan gemilang. Begitu pula dengan organisasi, jika kamu ingin mendapatkan banyak teman dari berbagai fakultas, ikutilah organisasi dalam skala universitas. Untuk pengalaman awal, kamu sebaiknya mengikuti kegiatan atau organisasi internal fakultas saja.

6. Ada Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS)

Serba Serbi Kehidupan Kampus yang Harus Diketahui Mahasiswa Baru Pendidikan

Saat ini, di sekolah juga ada UTS dan UAS. Namun, ujian di kampus tidak bisa mencontek karena kursinya duduk sendiri dan jaraknya berjauhan dengan teman-temanmu. Penyebab lainnya adalah soal yang disajikan berbentuk essay atau uraian. Bahkan, jawaban dari soal-soal tersebut tidak absolut dan tidak boleh sama dengan buku karena butuh analisis dan argumentasi yang kuat.

7. Kegiatan Semakin Kompleks pada Semester Atas

Mulai semester tiga ke atas, kegiatan perkuliahan semakin rumit dan kompleks. Butuh fisik dan mental yang kuat karena kuliah praktik dimulai, terutama jurusan-jurusan yang membutuhkan penelitian seperti Fisika, Kimia, Biologi, dan lainnya. Bahkan, tidak hanya kuliahnya yang membutuhkan praktik di laboratorium, ujiannya juga kerap dilakukan secara langsung atau ujian praktik. Bagi mahasiswa yang bosan dengan teori mungkin senang karena lebih suka kuliah praktik. Tugas-tugas yang diberikan juga semakin ribet karena mengharuskan kamu terjun ke lapangan. Para mahasiswa yang bekerja paruh waktu atau organisatoris mungkin dilema karena jadwal bisa bentrok.

8. Libur Panjang Setiap Semester, Terutama Semester Genap

Jika tidak ingin merasa bosan karena menjadi pengangguran atau tidak ada hal yang dikerjakan, kamu bisa memulai magang selama satu bulan. Kamu akan mendapatkan pengalaman berharga bagi masa depan setelah lulus. Namun, pada setelah semester 6 atau sebelum semester 7 biasanya ada kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan magang (Praktik Kuliah Lapangan/PKL). Jadi, kamu sebaiknya tidak bekerja atau magang di luar program kampus. Begitu pula dengan para aktivis sebaiknya tidak mengikuti kegiatan organisasi yang terlalu intensif.

9. Stres dalam Pengerjaan Skripsi

Serba serbi kehidupan kampus Skripsi benar-benar membutuhkan fokus dan kemauan yang kuat supaya bisa cepat selesai. Kamu harus tangguh ketika berurusan dengan dosen pembimbing dan dosen penguji. Ketika melakukan penelitian, kamu harus menemukan dan berhubungan dengan narasumber yang sesuai. Setelah sidang skripsi dan kamu dinyatakan lulus, kamu akan menjadi sarjana.

Itulah serba serbi kehidupan kampus yang harus diketahui oleh para mahasiswa baru. Pastikan semua rangkaian kegiatan di kampus berjalan dengan lancar. Selamat menjadi wisudawan dan wisudawati yang menandakan kamu resmi menjadi sarjana. Welcome to the jungle!

Untuk mengetahui informasi seputar dunia pendidikan lainnya, silahkan kunjung Tulizan Pendidikan

What do you think?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Mau tampil dengan Kaus Oversized? Ini 10 Contekan Inspirasi nya!

11 Tips Dasar dan Penting Merawat Kulit, Khusus Buat Cowok!