in

Sering Boros, Ini Beberapa Tips Hemat Belanja Bulanan

Woman wearing a protective face mask browsing the fresh produce section while out shopping in a grocery store

Belanja sering menjadi salah satu alasan pengeluaran pribadi ataupun rumah tangga menjadi lebih boros. Apalagi untuk belanja bulanan, ada saja kebutuhan yang harus dibeli membuat pengeluaran jadi membengkak. Jika dihitung-hitung, memang belanja kebutuhan bulanan menjadi salah satu sumber pengeluaran terbesar karena berbagai macam alasan. Harga barang naik, kebutuhan bertambah, atau mungkin karena anda pribadi kesulitan untuk menghemat saat berbelanja. Padahal jika anda melakukan beberapa tips untuk hemat, belanja bulanan anda pastinya akan bisa lebih terkontrol. Belanja bulanan memang penting, tetapi jika tidak dipikirkan baik-baik, mau sebesar apapun pendapatan bulanan anda, uang tersebut dapat menguap untuk hanya untuk belanja bulanan.

Nah, untungnya permasalahan ini dapat diatasi dengan beberapa cara yang sederhana. Namun, sebelum melakukan beberapa cara tersebut, hal pertama yang harus diharuskan adalah membulatkan tekad untuk mulai berhemat. Semuanya dimulai dari niat dulu, kemudian dibantu dengan beberapa tips yang bisa membuat anda menghemat saat belanja bulanan. Berhemat akan memberikan anda banyak manfaat, uang yang tersisa bisa untuk ditabung, diinvestasikan, atau untuk kebutuhan lainnya. Jadi ada tips apa saja sih yang dapat membantu anda berhemat saat belanja bulanan? Silahkan langsung disimak!

Membuat Anggaran Belanja Bulanan

Banyak orang yang masih belum menyadari kalau membuat anggaran bulanan sebenarnya sangat penting loh. Tidak jarang orang juga merasa malah membuat anggaran untuk belanja bulanan, mungkin beberapa merasa kalau anggaran itu tidak terlalu penting. Nyatanya, anggaran dapat membantu anda lebih hemat loh! Dengan membuat anggaran untuk belanja bulanan, anda jadi bisa mengetahui seberapa besar uang yang harus anda keluarkan serta bisa mengetahui ketika anda belanja berlebihan. Anggaran tersebut akan menjadi reminder untuk anda. Sebisa mungkin ikutilah anggaran tersebut, Dengan anggaran bulanan yang ketat, itu artinya Anda bisa terpacu untuk fokus pada pemenuhan kebutuhan yang ditetapkan sesuai anggaran hingga akhirnya bisa menghemat pengeluaran bulanan.

Membuat anggaran belanja bulanan juga bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Anda cukup menghitung pendapatan anda per bulannya, kemudian dikurangi dengan pengeluaran kebutuhan bulanan anda seperti biaya listrik, air, internet, pajak, dan lain-lainnya. Selanjutnya lihatlah sisa uang anda dan hitung seberapa besar uang yang anda akan gunakan untuk belanja. Jangan lupa sisihkan uang untuk menabung dan untuk kebutuhan lainnya. Bahkan lebih baik lagi jika anda membuat anggaran bulanan secara detail. Misalnya dengan membuat list barang atau bahan-bahan makanan yang anda butuhkan, serta mencatat promo-promo untuk barang-barang tersebut.

Sering Boros, Ini Beberapa Tips Hemat Belanja Bulanan Keuangan

Sumber: https://www.pexels.com/photo/woman-in-yellow-tshirt-and-beige-jacket-holding-a-fruit-stand-3962285/

Belanja Di Pasar Tradisional

Zaman sekarang, belanja kebutuhan bulanan dapat dilakukan di supermarket besar yang ada di kawasan pertokoan atau malah di dalam mall. Memang jauh lebih mudah untuk berbelanja di supermarket seperti itu, juga lebih nyaman dan bersih. Namun, jika membandingkan harga untuk barang yang sama, pasar tradisional pasti dapat menawarkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan supermarket. Selain itu, kamu bisa menawar harga barang di pasar tradisional, membuat anda semakin bisa berhemat. Harga di pasar tradisional dapat mematok harga yang lebih murah dikarenakan tidak adanya harga yang diakumulasi dengan pajak seperti yang terjadi di supermarket. Tips yang satu ini memang sederhana, tetapi dapat dipastikan membuat anda jauh lebih hemat saat belanja bulanan.

Bandingkan Harga Saat Belanja

Seringkali pengeluaran anda saat belanja bulanan bertambah karena anda tidak memperhatikan harga. Bukan berarti anda harus selalu membeli produk yang paling murah, tetapi akan lebih bijaksana jika anda membandingkan harga barang dengan kualitas, merek, dan lain-lainnya. Jangan lupa membandingkan dengan produk-produk lainnya, dengan cara ini anda mungkin akan menemukan bahwa kualitas suatu produk sama, tetapi mematok harga yang berbeda. Tips ini dapat membantu anda untuk menghemat, walaupun angkanya kecil, tetapi biaya yang anda perlu keluarkan untuk belanja bulanan juga dapat diminimalisir.

Sering Boros, Ini Beberapa Tips Hemat Belanja Bulanan Keuangan

Sumber: https://www.pexels.com/photo/woman-sitting-beside-tray-of-fruits-2890492/

Manfaatkan Diskon Atau Promosi

Diskon atau promosi akan sangat membantu anda untuk lebih hemat saat belanja bulanan, tetapi tips yang satu ini harus dilakukan dengan hati-hati. Kenapa hati-hati? Karena tidak semua diskon dapat membuat anda lebih berhemat. Ada beberapa diskon yang mungkin memaksa anda untuk belanja lebih banyak untuk mendapatkan potongan harga. Begitu juga dengan promosi, ada beberapa promosi yang mungkin malah membuat anda membeli lebih banyak barang. Hal yang paling penting anda lakukan sebelum menggunakan sebuah diskon adalah membandingkan diskon dengan kebutuhan anda. Misalnya anda membutuhkan satu sabun mandi dan sabun yang anda beli memiliki diskon 40% jika anda belanja di atas Rp. 100,000. Jika anda tidak sedang butuh belanja sebesar itu, lebih baik jangan mengambil diskon tersebut, karena jika dihitung-hitung lagi, justru anda malah akan mengeluarkan lebih banyak uang.

Catat Seluruh Pengeluaran

Catatan pengeluaran akan sangat menguntungkan anda dan anda tidak perlu sulit membuat catatan ini. Walaupun anda sudah membuat anggaran untuk belanja bulanan, tetapi ada baiknya anda tetap membuat catatan pengeluaran. Catatan ini akan membantu anda untuk lebih sadar dalam saat berbelanja. Rutin mencatat pengeluaran akan sangat membantu anda dalam beberapa hal. Pertama, anda bisa mengetahui apa pengeluaran terbesar anda dan bisa memikirkan cara untuk mengurangi kebutuhan yang sebenarnya tidak perlu-perlu banget. Selanjutnya dengan mengetahui jumlah pengeluaran anda, anda bisa membuat skala prioritas untuk kebutuhan bulanan anda. Misalnya setiap bulannya anda selalu membeli sabun merek x. Padahal, sabun tersebut terlalu mahal dan ada banyak alternatif yang jauh lebih murah. Juga tidak perlu sulit, anda bisa membuat catatan pengeluaran secara manual di buku tulis atau menggunakan aplikasi di komputer atau smartphone milik anda.

Sering Boros, Ini Beberapa Tips Hemat Belanja Bulanan Keuangan

Sumber: https://www.pexels.com/photo/writing-notes-idea-class-7103/

Hindari Hutang

Tips yang satu ini sangat penting untuk dilakukan dan akan sangat membantu anda untuk lebih hemat saat belanja bulanan. Tidak hanya itu, tips ini juga dapat membantu anda untuk berhemat di kemudian hari. Hutang mungkin terlihat sebagai suatu hal yang terpaksa dilakukan saat anda sedang berada dalam masalah keuangan, tetapi tidak sedikit orang yang melihat hutang sebagai hobi. Sebut saja seperti kartu kredit dan meminjam uang pada kerabat. Sayangnya hutang tersebut tidak diimbangi dengan bisnis, investasi, dan kemandirian finansial. Hal ini pada akhirnya dapat membuat seseorang bangkrut dan harus kehilangan banyak asetnya demi membayar hutang-hutang yang menumpuk. Contoh paling mudah adalah saat menggunakan kartu kredit. Sebenarnya kartu kredit sendiri bisa memberikan banyak manfaat untuk penggunanya, tetapi jika tidak digunakan secara bijaksana, penggunanya bisa saja terlilit hutang.

Jadi ada baiknya hindarilah berhutang dengan cara apapun dan jika anda memutuskan untuk belanja bulanan dengan menggunakan kartu kredit, selalu pastikan seberapa besar penggunaan kartu kredit anda. Pastikan selalu membayar tepat waktu dan jangan terlalu lama karena bunga dari tagihan tersebut akan membuat total tagihan anda jadi membengkak. Hal tersebut tentunya malah akan membuat anda jadi tidak dapat berhemat.

Untuk artikel lainnya tentang tips keuangan, silahkan kunjungi Tulizan Keuangan.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Keuangan

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Mading Digital untuk Siswa di Sekolah Berbasis Teknologi

Hasil gambar untuk shinee konser smtown

SHINee Beri Kabar Kapan Mereka Comeback Lewat Konser Online