in

Siapkan Tisu, Ini Rekomendasi Anime Dengan Alur Cerita Yang Sedih

Anime merupakan salah satu tontonan populer orang-orang di berbagai belahan dunia. Tidak hanya di negara asalnya saja, anime juga populer di berbagai negara termasuk Indonesia. Tidak jarang, orang-orang menonton anime untuk melepas penat, mencari hiburan, dan untuk bersenang-senang. Apalagi ada ribuan judul anime yang dapat ditonton orang dengan berbagai genre. Genre action dengan fighting scene yang epik, komedi yang dapat membuat kita tertawa terpingkal-pingkal, thriller yang dapat membuat orang-orang ketakutan, serta anime dengan genre yang sedih. Tentunya hampir semua anime memiliki unsur komedi, tetapi tidak jarang anime tersebut berubah menjadi sedih dan dari sekian banyaknya ada beberapa anime dengan genre tersebut, terdapat sekian yang sering menjadi rekomendasi untuk ditonton.

Sebenarnya anime dengan jalur cerita atau akhir yang sedih bukan hal yang baru lagi di dunia anime. Genre anime yang satu ini sering menjadi salah satu genre favorit yang ditonton jutaan orang. Walaupun anime ini membuat orang banyak merasa baper dan sedih, tetapi anime ini masih sering menjadi anime populer di manca negara. Tidak jarang genre ini menjadi bagian dari anime beserta genre lainnya. Anime action tentang perang dan banyak orang-orang yang berguguran, cerita komedi yang memiliki plot twist yang berakhir sedih, dan lain-lainnya. Memang membahas soal anime tidak akan ada habisnya. Penasaran dengan rekomendasi anime dengan cerita yang sedih? Langsung saja simak beberapa rekomendasinya!

1. Hotaru No Haka (Grave of Fireflies)

Merupakan salah satu film animasi dari Studio Ghibli yang paling menyedihkan. Hampir semua orang, setelah menonton animasi ini berlinang air mata. Berlatar belakang tahun 1946, sesudah perang dunia kedua selesai. Beberapa kota di Jepang sedang porak poranda setelah perang, termasuk Kobe yang menjadi lokasi pengeboman. Berkisah tentang Seita dan Setsuko, kakak beradik yang hidup pada era tersebut dan terpaksa harus mengungsi dari rumahnya ke rumah keluarga jauhnya. Ibu mereka meninggal akibat bom dan ayah mereka merupakan anggota militer Jepang. Secara umum film ini menceritakan kisah perang yang memilukan. Bagaimana perang hanya membawa kehacuran.

Film ini benar-benar membawa nuansa sehabis perang yang tergambar dengan sangat detail. Emosi setiap karakter juga tergambarkan dan terlihat begitu memilukan. Film ini benar-benar menunjukkan bagaimana perjuangan orang-orang bertahan hidup setelah perang, terutama bagaimana dampaknya terhadap anak-anak. Bagaimana kesulitan mereka untuk mencari makanan dan bagaimana perang membuat banyak orang terpaksa melakukan segala hal untuk bertahan hidup. Cerita dalam film ini benar-benar membuat orang merasakan kembali perang dunia kedua, salah satu perang terbesar yang pernah terjadi sepanjang sejarah. Film yang disutradarai oleh Isao takahata ini juga masuk ke dalam film perang terpopuler dan film anime tersedih, serta rekomendasi anime sedih yang patut untuk ditonton.

Siapkan Tisu, Ini Rekomendasi Anime Dengan Alur Cerita Yang Sedih Otaku
Sumber: https://www.ghibli.jp/works/hotarunohaka/

2. Hotarubi no Mori e (Forest of Fireflies)

Sebuah film animasi layar lebar yang merupakan sebuah adaptasi dari manga dengan nama yang sama karya Yuki Midorikawa, mangaka yang juga terkenal dengan karya lainnya Natsume Yuujinchou (Natsume Book of Friends). Anime ini juga membawa unsur fantasi dan supernatural yang berpadu dengan drama yang elegan dan menawan. Menceritakan tentang kisah cinta antara dua orang yang seharusnya tidak bisa bertemu, Hotaru seorang manusia dan Gin seorang ruh hutan. Sejak awal pertemuan mereka ketika Hotaru berusia 6 tahun di hutan, Hotaru selalu kembali ke hutan yang sama setiap tahunnya untuk bertemu dengan Gin.

Cerita ini menjadi lebih kompleks karena Gin merupakan ruh hutang yang tidak dapat menyentuh manusia. Jika tersentuh, dia akan menghilang. Gin selalu memperingatkan Hotaru untuk tidak pernah kembali, tetapi seiring pertemuan mereka setiap tahunnya, muncul berbagai macam perasaan yang melaluinya. Walaupun mereka tidak dapat bersentuhan, tetapi cerita ini membawakan kisah cinta yang manis dan juga pahit. Kisah ini membawa rasa senang dan juga sedih yang mendalam, tentunya anime ini juga menjadi salah satu rekomendasi andalan untuk ditonton. Ceritanya yang menarik juga dipadukan dengan visual yang sangat menawan.

Siapkan Tisu, Ini Rekomendasi Anime Dengan Alur Cerita Yang Sedih Otaku
Sumber: Tokopedia

3. Shigatsu wa Kimi no Uso (Your Lie in April)

Salah satu cerita yang juga berfokus dengan kisah romansa masa remaja. Tidak hanya berfokus soal hubungan asmara, anime ini juga berfokus pada tema persahabatan, serta membawa unsur musik yang juga sangat menawan. Tidak hanya itu, anime ini juga terkenal dengan visualnya yang tidak kalah cantiknya. Anime ini memang menjadi salah satu anime yang paling sukses untuk membuat air mata banjir. Bercerita tentang seorang pemain piano muda yang jenius bernama Arima Kousei. Setelah sebuah kejadian, ia kehilangan kemampuan untuk mendengarkan suara piano, tetapi ia bertemu dengan seorang pemain violin bernama Miyazono Kaori yang mengajaknya dia kembali bermain piano.

Kaori akhirnya membuat Arima kembali terjun ke dunia musik yang sudah lama ia tinggalkan. Berkat bantuan Kaori, Arima berhasil melewati masa-masa kelamnya dan menemukan kecintaannya terhadap piano lagi. Sejak saat itu, Arima juga diam-diam memendam perasaan mendalam kepada Kaori, tetapi Kaori sebenarnya menyimpan sebuah rahasia yang bahkan tidak diketahui olehnya. Cerita ini memang lebih berfokus tentang musik dan menemukan kecintaannya kembali dengan musik. Anime ini diadaptasi dari manga dengan nama yang sama, baik manga dan animenya menjadi rekomendasi yang cocok untuk kamu tonton jika sudah siap untuk berlinang air mata.

Siapkan Tisu, Ini Rekomendasi Anime Dengan Alur Cerita Yang Sedih Otaku
Sumber: Netflix

4. Koe no Katachi (A Silent Voice)

Koe no Katachi atau dalam bahasa Inggris biasa disebut sebagai A Silent Voice, mengangkat sebuah tema yang sering dialami oleh banyak orang saat masih kecil atau mungkin hingga saat ini, bullying. Tidak hanya bullying, film layar lebar ini juga membawa unsur pertemanan, drama, dan hubungan romansa yang dibalut dengan keterbatasan. Mungkin kalau anda sering merasa sering direndahkan atau di-bully karena kekurangan anda atau mungkin malah anda yang pernah membully seseorang karena kekurangan yang mereka miliki. Maka dari itu, film yang satu ini bisa menjadi film reflektif yang akan membawa perasaan anda begitu sedih dan juga perasaan haru.

Memiliki cerita tentang gadis dengan disabilitas tuli yang membuat dia sulit untuk berbicara dan tidak dapat mendengar bernama Shouko Nishimiya. Hal tersebut membuat perempuan tersebut sering di-bully oleh teman sekelasnya bernama Shouya Ishida. Namun, perbuatan yang Shouya lakukan sangat kelewatan membuat Shouko memutuskan pindah sekolah. Setelah kejadian tersebut, teman-teman sekelasnya yang lain balik membully Shouya. Hal tersebut membuatnya besar menjadi seseorang yang pendiam dan tidak banyak berinteraksi dengan orang lainnya. Ceritanya benar-benar semakin mengharukan ketika penonton melihat bagaimana perjuangan Shouya untuk meminta maaf kepada Shouko. Pastinya film anime layar lebar ini menjadi rekomendasi untuk ditonton dan kalau memutuskan untuk menonton jangan lupa siapkan tisu yang banyak ya!

Siapkan Tisu, Ini Rekomendasi Anime Dengan Alur Cerita Yang Sedih Otaku

Sumber: Madman Anime Youtube

Untuk segala hal mengenai anime, manga, dan dunia otaku lainnya silahkan kunjungi Tulizan Otaku!.

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Otaku

Content Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 Pilihan Pekerjaan Terbaik yang Tetap Eksis Setelah Pandemi

https://blog.thecenterforsalesstrategy.com/hs-fs/hubfs/Sales%20Management%20Tips%20for%20Conducting%20Remote%20Sales%20Meetings.jpeg?width=2119&name=Sales%20Management%20Tips%20for%20Conducting%20Remote%20Sales%20Meetings.jpeg

9 Checklist Manajemen Kerja Jarak Jauh demi Efektivitas Karir