Untuk saat ini, Tulizan.com yang merupakan platform blog dan karya tulis lainnya yang menjanjikan pembagian hasil bagi para kontributor/ penulisnya dari penghasilan iklan pada artikel mereka. Penulis akan mendapatkan persentase penghasilan yang berbeda beda sesuai dengan jenis iklan yang tawarkan pada Tulizan.

Rate bagi hasil bagi para penulis dapat berbeda – beda tergantung dari kategori artikel yang di tulis serta jenis iklan. Sebagai contoh, rate tertinggi saat ini berasal dari kategori artikel sponsor yang akan bersifat satu kali pembayaran, sedangkan rate terendah adalah iklan Google Ads. Namun, secara jangka panjang Google Ads mungkin akan berpenghasilan lebih tinggi tergantung dengan relevansi artikel dalam jangka panjang (tips: Untuk membuat artikel dengan relevansi jangka panjang silahkan baca: https://ahrefs.com/blog/evergreen-content/)

Sistem Bagi Hasil

Adapun sistem bagi hasil berdasarkan jenis iklan yang saat ini tampil pada Tulizan.com antara lain sebagai berikut:

Google Ads: Ini merupakan iklan default yang akan muncul di seluruh halaman di Tulizan. Google Ads akan muncul ketika ada slot iklan yang belum di sewa oleh pengiklan. Walaupun memberikan rate yang paling rendah, google ads terbilang jenis iklan yang sangat menjanjikan dalam jangka panjang terutama bagi artikel yang konsisten masuk di halaman pertama mesin pencarian.

Sewa Slot Iklan: Slot iklan merupakan alternatif iklan yang biasanya menjanjikan rate yang jauh lebih tinggi dibandingkan Google Ads. Slot Iklan yang akan dimunculkan dapat bervariatif memingat Tulizan memiliki berbagai jenis kategori artikel yang setiap kategori nya memiliki segmentasi pembaca yang ter-target. Sistem bagi hasil untuk slot iklan akan membagi penghasilan slot iklan (setelah dikurangi komisi platform) dengan kontribusi traffic atau PPC dari artikel penulis terhadap iklan dalam satu bulan.

Artikel Sponsor: Artikel sponsor merupakan artikel yang ditulis secara khusus untuk mempromosikan sebuah bisnis atau produk seperti ulasan produk, pengalaman menggunakan sebuah produk, dsb. Pengiklan pada umumnya akan melakukan satu kali pembayaran untuk sebuah artikel sponsor, sehingga pembagian hasil hanya akan dilakukan satu kali. Untuk jenis iklan ini, saat ini Tulizan akan langsung penulis terpilih untuk membuat artikel sesuai permintaan pengiklan.

Affliate Product: Bisnis juga dapat memasukkan listing produk mereka yang dapat dimunculkan di berbagai halaman yang sesuai dengan target pasar mereka. Listing produk ini dapat berupa PPC atau komisi yang hasilnya akan dibagi dengan penulis sesuai dengan kontribusi artikel-nya.

Penghasilan & Pembayaran

Untuk melihat penghasilan dan melakukan permintaan pembayaran, penulis dapat mengikuti langkah sebagai berikut:

  • Silahkan Login ke akun Tulizan anda
  • Klik gambar akun di bagian kanan atas layar
Sistem Bagi Hasil dan Pembayaran
  • Pada menu di dashboard halaman anda, klik tombol “More” di bagian paling kanan menu dan pilih “My Earnings”.
Sistem Bagi Hasil dan Pembayaran
  • Akan tampilan daftar artikel yang sudah anda buat beserta penghasilan setiap artikelnya.
Sistem Bagi Hasil dan Pembayaran
  • Ketika penghasilan anda sudah mencapai minimum untuk penarikan yaitu sebesar Rp50,000 silahkan klik tombol request payment.
  • Anda akan menerima e-mail untuk informasi pembayaran. Pembayaran akan kami proses dalam maksimal 3×24 jam. Jika sampai pada waktu tersebut kami belum melakukan pembayaran, mohon hubungi kami di tulizancom@gmail.com