in ,

Sistem Smart Home Yang Dapat Digunakan Di Rumah Anda

Sistem smart home atau biasa disebut rumah pintar adalah rumah yang sudah dilengkapi dengan teknologi yang saling terhubung atau terkoneksi. Biasanya teknologi tersebut terhubung melalui wifi rumah dan dapat dikendalikan melalui device seperti handphone. Smart home ini sudah bukan hal yang baru lagi dan semakin banyak rumah di Indonesia yang berusaha menggunakan beberapa fitur dari rumah pintar. Bahkan banyak rumah-rumah yang baru dibangun sudah dilengkapi dengan fitur-fitur tersebut.

Pada dasarnya sistem smart home sendiri bertujuan agar mempermudah kehidupan di dalam rumah dengan teknologi yang praktis. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau teknologi dari smart home system saling terhubung satu sama lain. Selain dihubungkan melalui wifi rumah, teknologi tersebut juga dihubungkan dengan listrik rumah. Basis teknologi ini yang membuat segala furniture dapat terhubung dan dapat diatur lewat kendali remot. Bahkan dengan sistem yang satu ini, anda bisa mengendalikan perangkat teknologi di rumah anda dari mana saja asalkan terhubung ke internet.

Sistem Smart Home Yang Dapat Digunakan Di Rumah Anda Rumah Smart Devices

Sumber: Unsplash

Saat ini ada banyak sistem smart home yang dapat anda aplikasikan di rumah anda. Tentu hal ini dapat membuat keseharian anda jauh lebih praktis. Bayangkan saja, anda bisa mengatur suhu AC dan mengganti channel televisi melalui telepon. Selain praktis, sistem smart home juga dapat membantu anda menghemat uang loh. Misalnya dengan sistem one remote untuk mengatur banyak device seperti AC, Televisi, dan lainnya. Anda tidak memerlukan membeli banyak batre untuk remote manual barang-barang tersebut.

Tidak sampai disitu saja, teknologi yang satu ini juga bisa menjaga keamanan di rumah anda dan pastinya membuat anda merasa lebih aman. Salah satu contohnya adalah smart home lock. Anda tidak perlu menggunakan kunci manual lagi untuk mengunci rumah. Sebagai gantinya anda bisa menggunakan sidik jari atau mengatur kunci melalui handphone milik anda. Sunggah praktis dan juga lebih aman bukan? Nah, kali ini artikel ini akan membahas beberapa sistem smart home yang bisa diaplikasikan di rumah anda. Yuk, langsung saja kita bahas di bawah ini.

Smart Lock, Kunci Rumah Pintar

Sistem Smart Home Yang Dapat Digunakan Di Rumah Anda Rumah Smart Devices

Fitur yang satu ini sudah dibahas secara sekilas sebelumnya. Namun, lebih jelasnya kunci yang satu ini memadukan teknologi dan konektivitas untuk memberikan fitur keamanan rumah yang bisa lebih diandalkan. Anda berbagai jenis smart lock yang dapat anda pilih untuk rumah anda. Ada smart lock yang menggunakan sidik jari untuk membuka pintu, retina mata, wajah, kartu akses, hingga menggunakan handphone yang berfungsi sebagai pengganti kunci. Cara-cara tersebut dipilih karena dianggap lebih praktis dibandingkan dengan kunci manual. Misalnya dengan menggunakan sidik jari, anda tidak perlu takut lupa atau takut kehilangan kunci. Hal ini juga sama dengan penggunaan retina mata atau wajah. Selain itu, smart lock ini biasanya juga terkoneksi dengan handphone. Jadi ketika ada orang yang mencoba membuka pintu rumah anda, handphone akan mendapatkan notifikasi. Apalagi smart lock juga dapat dikendalikan jarak jauh. Kalau anda lupa mengunci rumah, anda bisa langsung mengunci melalui handphone. Jadi, tidak perlu repot-repot lagi.

Speaker Pintar

Beberapa brand ternama dunia sudah membuat speaker pintar yang berfungsi sebagai asisten rumah. Misalnya seperti Amazon echo, Google Home, sampai Alexa dari Apple. Anda bahkan bisa mengajak bicara asisten rumah pintar ini. Secara garis besar, anda bisa mengendalikan fitur-fitur pada smart home hanya dengan suara. Speaker ini berfungsi sebagai mic yang mendengarkan perintah anda dan memberi notifikasi pada anda. Teknologi ini memungkinkan kamu untuk melakukan banyak hal hanya dengan menggunakan suara, misalnya menyalakan AC hingga bertanya berita terkini. Tidak perlu heran kenapa teknologi ini bisa melakukan hal tersebut. Pasalnya, sistem smart home yang satu ini tersambung ke mesin pencari, seperti Google ataupun Amazon yang kemudian memproses kata-kata yang kamu ucapkan untuk langsung dihubungkan dengan layanan nirkabel di smartphone yang berfungsi sebagai remot. Dengan adanya sistem yang satu ini, anda bisa melakukan banyak hal hanya dengan suara saja. Sangat praktis bukan?

Sistem Smart Home Yang Dapat Digunakan Di Rumah Anda Rumah Smart Devices

Smart Camera Indoor Dan Outdoor

Memasang kamera cctv di rumah, sudah bukan hal yang asing lagi untuk dilakukan. Banyak orang yang memasang kamera cctv di sekitar rumah mereka untuk menjaga keamanan di rumah. Namun, kamera cctv pada umumnya hanya bisa dipantau melalui device yang sudah dihubungkan sebelumnya. Jadi, terkadang tidak praktis karena anda tidak bisa memantau dari jauh. Nah, tetapi dengan bantuan sistem smart home yang satu ini. Anda bisa memantau kamera cctv yang berada di rumah anda dari mana saja. Hal ini akan membuat anda merasa lebih aman saat meninggalkan rumah.

Apalagi, dengan adanya kamera ini, anda bisa melihat keadaan sekeliling rumah dengan mudah. Nah, smart camera ini bisa melengkapi fungsi dari smart lock. Misalnya anda mendapat notifikasi kalau ada orang yang mencoba membuka pintu rumah. Dengan bantuan kamera tersebut, anda bisa memantau keadaan rumah sendiri. Kalau misalkan keadaan tidak aman, anda bisa langsung memberi notifikasi kepada pihak berwajib. Kamera ini juga berperan penting karena bisa menjadi alat bukti kalau terjadi apa-apa.

Sistem Smart Home Yang Dapat Digunakan Di Rumah Anda Rumah Smart Devices

Lampu Pintar Yang Hemat Listrik

Mungkin sistem smart home yang satu ini kedengaran tidak terlalu penting dibandingkan sistem smart home lainnya. Namun, dengan menggunakan lampu pintar semacam ini, anda bisa mendapatkan banyak kemudahan yang tidak dibayangkan. Pertama-tama lampu pintar biasanya memang dirancang untuk memberikan cahaya dengan jangka waktu yang panjang. Artinya lampu ini bisa menyala dalam jangka waktu yang sangat panjang dan lebih panjang umur dibandingkan bohlam biasa. Selain itu, anda juga bisa mengatur nyala mati lampu melalui handphone milik anda. Tidak hanya itu, lampu ini juga biasanya dilengkapi dengan pengaturan cahaya. Artinya anda bisa mengatur seberapa terang lampu dalam suatu ruangan hanya melalui handphone, semacam mengatur brightness layar gadget.

Ditambah lagi, banyak lampu pintar yang juga bisa memancarkan cahaya dengan warna lain. Warna-warna tersebut-pun dapat diatur melalui smartphone anda. Hal ini memberikan anda banyak kemudahan loh. Sebut saja anda sedang pergi liburan di luar kota. Dengan menggunakan lampu pintar ini, anda bisa menyalakan lampu rumah dari handphone. Jadi, rumah anda tidak akan gelap gulita selama anda pergi. Biasanya rumah yang lampunya tidak menyala selama berhari-hari bisa menarik perhatian loh. Orang-orang jadi sadar kalau rumah tersebut sedang kosong dan dapat menjadi sasaran pencurian. Jadi dengan menggunakan lampu pintar ini juga dapat memberikan anda rasa aman.

Sistem Smart Home Yang Dapat Digunakan Di Rumah Anda Rumah Smart Devices

Sumber: Unsplash.com

Penutup

Nah, bagaimana? Apakah ada sistem smart home tersebut yang anda ingin aplikasikan di rumah anda? Tentunya selain fitur-fitur di atas, smart home memiliki banyak fitur lainnya yang dapat membuat hidup anda lebih praktis. Namun, fitur-fitur yang kami tampilkan menjadi fitur yang paling sering diaplikasikan di dalam rumah. Anda juga tidak perlu khawatir karena fitur-fitur tersebut juga tidak masih ramah di kantong. Apakah anda tertarik untuk mentransformasi rumah anda menjadi smart home? Kalau begitu, langsung saja coba di rumah masing-masing. Sekian dan semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Untuk tips seputar rumah lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Rumah.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Rumah

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Rom-com fantasi baru TVN 'My Roommate is a Gumiho' dimulai dengan kuat | Indonesia Online

My Roomate is a Gumiho Menjadi Drama Mitologi Korea Selatan 2021

Gak Cuma McD BTS Meal, 5 Kolaborasi BTS-Brand Bikin Heboh

Fakta Menarik Tentang Antusiasme BTS Meal di Indonesia