in

Suka Komputer, Harus Tahu Jenis Jenis VLAN Ini

Jika dalam dunia komputer kita mengenal istilah VPN (Virtual Private Network), ada juga istilah VLAN. Tentu, kamu sudah bisa menebak apa arti dari singkatan tersebut. Huruf V sudah pasti merupakan singkatan dari kata Virtual. Sedangkan LAN merupakan singkatan dari Local Area Network. Kita menggunakan kedua istilah tersebut untuk topik yang berhubungan dengan networking. VPN (Virtual Private Network) menggambarkan kemampuan untuk membangun koneksi yang terlindungi sedangkan VLAN (Virtual Local Area Network) merupakan cara untuk meningkatkan performa atau melindungi jaringan. Ada banyak jenis jenis VLAN yang wajib kamu ketahui.

Jika kita menghubungkan banyak komputer maka kita juga harus siap menghadapi kompleksitas jaringan tersebut. Para teknisi IT menggunakan VLAN untuk mengatasi permasalahan tersebut. VLAN bekerja dengan memisahkan jaringan fisik kedalam beberapa jaringan logik. Kita tidak bisa melihat jaringan tersebut, karena itu disebut dengan virtual. Ada 4 jenis VLAN yang wajib kamu ketahui. Simak pembahasannya berikut ini.

Default VLAN

Suka Komputer, Harus Tahu Jenis Jenis VLAN Ini Komputer & Laptop

Jenis VLAN yang pertama adalah jenis Default VLAN. Jika switch mulai aktif, maka semua port switch tentu akan menjadi anggota dari sebuah default VLAN. Ketika kamu membagi sebuah broadcast domain yang besar, maka akan ada satu bagian yang menjadi ketua. Semua switch akan mengarah atau memiliki satu default VLAN yang biasanya kita kenal dengan VLAN1. Dengan begitu, kita bisa mengatakan bahwa mereka merupakan satu grup VLAN yang berasal dari satu broadcast domain.

Pengaturan tersebut memungkinkan semua device yang terhubung dengan salah satu switch port juga saling terhubung dengan device lain yang terhubung ke switch port yang lain dalam satu default VLAN. Awalnya, kamu pasti akan merasa bingung, namun ketika dibayangkan, kamu pasti akan langsung mengerti. Kamu bisa mengganti atau menghapus anggota VLAN, namun tidak bisa mengubah maupun menghapus default VLAN. Karena default VLAN merupakan tumpuan yang justru menghubungkan switch port yang terhubung padanya.

Data VLAN

Suka Komputer, Harus Tahu Jenis Jenis VLAN Ini Komputer & Laptop

Data VLAN juga termasuk ke dalam jenis jenis VLAN yang harus kita kenal. Jika kamu ingin membagi keseluruhan jaringan atau network menjadi 2 grup, maka saatnya kamu mengenal Data VLAN. Grup pertama merupakan pengguna, sedangkan grup yang satunya lagi adalah perangkat. Sesuai dengan namanya, kamu hanya bisa menggunakan VLAN untuk menghasilkan data pengguna. Oleh karena itu, kita juga biasa menyebut Data VLAN sebagai User VLAN. VLAN hanya membawa data saja. Kamu tidak bisa menggunakan Data VLAN untuk menghasilkan atau mengirimkan traffic maupun suara. Jadi, dalam penggunaan jenis jenis VLAN, kita juga harus mengetahui fungsinya.

Contoh fungsi nyata Data VLAN adalah di dalam sebuah institusi pendidikan. Kita bisa mengatur pengiriman data di jaringan dalam satu civitas akademika, fakultas, dan jurusan. Untuk memulai ini, teknisi tentu harus memahami struktur organisasi tersebut terlebih dahulu.

Voice VLAN

Suka Komputer, Harus Tahu Jenis Jenis VLAN Ini Komputer & Laptop

Jika tadi kita sudah sempat menyinggung tentang pengiriman suara, maka kita masuk pada jenis – jenis VLAN yang ketiga dan sesuai dengan tujuan tersebut. Kamu bisa mengkonfigurasi VLAN untuk mengirimkan suara, sehingga namanya Voice VLAN. Dibandingkan yang lain, sistem memberikan perlakukan spesial untuk Voice VLAN. Jenis VLAN ini akan mendapatkan prioritas transmisi tinggi dibandingkan dengan traffic network yang lain.

Jika sebelumnya kita menggunakan VLAN untuk tujuan pengiriman data, maka kita juga bisa mengoptimalkan pemrosesan transmisi suara dengan membuat jaringan Voice VLAN. Kita mengatur jenis VLAN ini untuk bisa mendapatkan kualitas suara yang baik mengingat suara bisa menghadapi delay 15 ms di dalam jaringan. Kita harus membaginya untuk menyimpan bandwidth yang ditujukan pada aplikasi lain.

Management VLAN

Suka Komputer, Harus Tahu Jenis Jenis VLAN Ini Komputer & Laptop

Kita juga sempat menyinggung jenis Management VLAN saat membicarakan jenis Data VLAN. Manajemen yang berarti pengaturan membuat VLAN ini berfungsi untuk mengakses kemampuan switch terkait hal yang berhubungan dengan system logging atau monitoring dan manajemen lain yang berhubungan dengan hal sensitif. Fungsi ini mengingatkan kita kembali pada Default VLAN. Pekerjaan Default VLAN yang menjadi penghubung antara banyak broadcast domain membuatnya seolah menjadi management VLAN.

Jika Admin tidak mengkonfigurasi sebuah switch menjadi Management VLAN, maka switch manapun bisa menjadi Management VLAN. Ia bertugas memastikan bandwidth terus ada meskipun saat traffic tinggi. Fungsi utamanya adalah memastikan bahwa kecepatan tetap terjaga meskipun banyak orang yang menggunakannya disaat yang bersamaan. Manajemen ini sangat diperlukan agar traffic tidak terfokus sehingga semua orang bisa mendapatkan bandwidth. Selain memastikan bandwidth, jenis manajemen VLAN juga bisa memastikan keamanan jaringan karena terstruktur dengan baik.

Native VLAN

Tahukah kamu tentang trunk links? Native VLAN menentukan traffic yang datang dari setiap ujung trunk links. Trunk links adalah link dalam bentuk fisik yang berada antara switch dan antara switch dengan router. Router sendiri merupakan perangkat keras yang menghubungkan beberapa jaringan. Native VLAN memungkinkan switch yang tidak mendukung 802.1Q untuk bisa mentransmisikan traffic ke switch maupun perangkat lain.

Ada banyak keuntungan yang kita peroleh dari pengaturan VLAN. Pertama adalah terkait keamanan jaringan. Dengan menggunakan VLAN, kita mampu mengurangi serangan siber baik eksternal maupun internal. Selain itu, jika hacker berhasil masuk ke dalam jaringan VLAN, mereka perlu menghadapi beberapa lapis penghalang untuk bisa masuk dan memberi waktu kita untuk bertindak lebih cepat. Kedua, kita bisa lebih mudah mengidentifikasi error, karena VLAN membagi broadcast domain yang besar ke dalam grup. Kita tidak perlu mencari ke semuanya tetapi hanya ke grup itu saja.

Setiap perusahaan pasti mengimplementasikan VLAN. Hal ini mempermudah network manager untuk melakukan proses administrasi karena lebih sederhana. Misalnya jika ada pengguna yang pindah grup. Fungsi yang terakhir dan sudah beberapa kali kita bahas adalah kelancaran jaringan dan bandwidth.Traffic sangat tinggi dan memaksimalkan performa jaringan. Kita bisa mengurangi penggunaan switch yang mahal, bisa membatasi akses, dan lebih mudah mengaturnya meskipun beberapa grup berada di lokasi geografis yang berbeda serta mudah melakukan relokasi.

Suka Komputer, Harus Tahu Jenis Jenis VLAN Ini Komputer & Laptop

Jenis – jenis VLAN

Ternyata ada banyak jenis VLAN (Virtual Local Area Network) yang bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari – hari. Para teknisi IT banyak menggunakan VLAN di pemerintahan, pendidikan, perkantoran, bahkan perbankan. Sektor – sektor tersebut biasanya memiliki banyak pengguna komputer yang hampir semuanya harus saling terhubung. VLAN sangat berguna dalam situasi seperti ini. Kira – kira apakah kamu sudah pernah melihat satu atau lebih jaringan tersebut di sekitar kamu?

Mengetahui tentang VLAN (Virtual Local Area Network) sangat penting apalagi jika kamu bekerja di organisasi atau perusahaan yang kompleks. Kamu juga bisa mengatur VLAN untuk rumah jika kamu punya pasukan online yang banyak. VLAN juga sangat berguna jika kamu berencana membuka usaha warung internet atau tempat yang membutuhkan lebih dari satu jaringan internet.

Untuk mengetahui informasi tips & trik seputar Laptop dan Komputer, silahkan kunjung Tulizan Laptop dan Komputer

What do you think?

Participant

Written by Tulizan Desktop

Years Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Anime Yang Berasal Dari Adaptasi Novel

Iklan Kopiko Muncul di Drama Vincenzo, Begini Reaksi Pecinta Drakor!