in

Susahnya Menjadi Seorang Idol Kpop Padahal Semakin Digandrungi

Idol KPop adalah salah satu profesi yang masih sangat menjanjikan saat ini di Korea Selatan seiring popularitasnya yang semakin mendunia. Kepopuleran industri musik Kpop di kancah mancanegara memberikan dampak baru tidak hanya bagi negaranya tetapi juga masyarakat dunia termasuk Indonesia. Pasalnya tidak sedikit anak muda bercita-cita debut menjadi seorang idol/ idola di Korea Selatan dengan melakukan beragam audisi untuk jadi trainee. Mereka berharap debut di bawah naungan agensi besar seperti HYBE Label, SM Entertaiment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment. Namun, sebenarnya mendapatkan kesempatan berkarir dari agensi mana pun tentu sudah sangat membanggakan. Bak gayung bersambut ternyata tidak sedikit pula agensi yang membuka audisi secara global untuk menjaring trainee potensial dari seluruh dunia. Kendati begitu sangat digandrungi tetapi ternyata susahnya menjadi seorang idol/ idola Kpop di Korea Selatan.

Fakta tentang susahnya menjadi idol/ idola Kpop adalah kemampuan bernyanyi dan menari yang didukung penampilan rupawan sama sekali tidak cukup. Pasalnya semua kelebihan tersebut tidak otomatis menjadikan seseorang sebagai idol/ idolakarena ada serangkaian proses yang harus dilalui. Memang industri hiburan Korea Selatan sedikit berbeda dengan negara lain. Lantaran mereka memiliki sistem tersendiri untuk mempersiapkan seseorang layak debut menjadi seorang artis khususnya idol Kpop. Sistem tersebut mengharuskan untuk mengikuti rangkaian pelatihan setelah lolos audisi untuk menambah skill lainnya sesuai kebijakan agensi. Apalagi kenyataannya tidak ada jaminan kesuksesan setelah menjalani masa pelatihan yang sangat lama. Lebih tragis tidak sedikit yang justru gagal debut menjadi seorang idol/ idola.

Berikut ini adalah penjelasan susahnya menjadi seorang idol/ idola Kpop padahal semakin digandrungi :

Susahnya Menjadi Seorang Idol Kpop Padahal Semakin Digandrungi K-Pop

Gambar: Seorang idola Kpop harus memiliki banyak skill seperti bernyanyi, menari, rap, akting, mimik wajah dan kemampuan menghibur lainnya di atas panggung sehingga mereka sangat perlu banyak melakukan latihan secara intensif

1. Menjalani sederet tes

Tes pertama masih paling mendasar seperti memperkenalkan diri dan menunjukkan bakat yang dimiliki seperti bernyanyi, menari, rap, atau lainnya. Sebaiknya peserta dapat menunjukkan semua potensi dirinya dalam waktu 30 detik saja sehingga perlu persiapan yang sangat matang. Tes kedua adalah peserta menunjukkan kemampuan dirinya di depan kamera Salah satu yang dinilai adalah cara peserta memandang penonton saat proses perekaman di depan kamera. Peserta yang lolos tes kamera harus mempersiapkan diri untuk menjawab berbagai pertanyaan.

Setiap peserta mungkin akan mendapatkan pertanyaan yang cukup sulit untuk dijawab tetapi sebenarnya pencari bakat menginginkan jawaban yang sangat rinci. Beberapa pertanyaan tersebut seperti musik favorit, sosok yang menginspirasi, impian di masa depan, dan yang berkaitan dengan karier idol KPop. Selain itu, setiap peserta harus bisa menjawab pertanyaan sederhana tetapi harus dijawab secara jujur karena agensi akan mengecek kebenarannya sendiri. Pasalnya para pencari bakat sekarang semakin jeli dalam meloloskan peserta audisi setelah semakin merebaknya kasus bullying di kalangan idol KPop.

Sebenarnya peserta tidak usah khawatir soal mampu menjawab pertanyaan atau tidak tetapi mereka perlu memperhatikan cara bertutur. Sebab peserta sebaiknya berbicara senatural mungkin dengan penuh percaya diri selama mengikuti rangkaian tes dalam audisi. Tes yang terakhir ini sebenarnya bukan tes khusus tetapi sangat krusial. Lantaran apabila peserta sudah mulai gugup sejak awal maka dia mungkin tidak dapat menampilkan semua potensinya secara maksimal. Mungkin saja terlihat sangat rumit tetapi selama peserta kerja keras dan tidak mudah menyerah maka akan selalu ada jalan.

2. Memerlukan berbagai tips jitu agar dilirik agensi

Memang susahnya menjadi idol/ idola Kpop karena memerlukan berbagai tips jitu agar dilirik agensi. Tips pertama agar video audisi terpilih adalah melakukan dua hingga tiga skill secara bersamaan dalam rekaman tersebut. Seperti bernyanyi sambil menari atau bernyanyi sambil bermain alat musik. Selain itu, perlu juga menunjukan skill unik lainnya untuk mendapatkan poin tambahan seperti menirukan penyanyi atau rapper terkenal. Tips selanjutnya adalah seandainya memiliki kemampuan berbahasa asing yang cukup baik maka jangan ragu untuk menunjukkannya dalam video audisi. Sebab kepopuleran Kpop yang semakin mendunia memberikan kesempatan bagi peserta yang dapat berbahasa selain bahasa negara asal dilirik oleh agensi. Selain itu, penampilan juga menjadi faktor penilaian audisi sama seperti wawancara kerja pada bidang pekerjaan lainnya. Sehingga sebaiknya mengenakan pakaian semi formal yang tidak hanya enak dilihat tetapi juga tetap terlihat sopan.

Susahnya Menjadi Seorang Idol Kpop Padahal Semakin Digandrungi K-Pop

Gambar: Seorang idol Kpop perlu memperhatikan penampilannya termasuk perawatan wajah dan tubuh serta pemilihan fashion yang unik dan menarik seperti G-Dragon Bigbang yang dijuluki sebagai fashion icon dari Korea Selatan

Tips selanjutnya adalah menunjukkan ketertarikan terhadap Korea selain Kpop dengan mengatakannya pada bagian perkenalan di video audisi. Tentu saja sedikit penjelasan yang disampaikan dengan baik dan tertata. Sebab tentu saja setiap negara merasa lebih senang saat memperkerjakan orang asing yang mencintai negara mereka seperti negara sendiri. Selain itu, peserta juga menunjukan rasa hormat kepada orang-orang di Korea Selatan dengan menunjukkan ketertarikan terhadap kebudayaan dan sejarah mereka. Tips terakhir adalah jangan lupa membungkuk badan untuk mengawali perkenalan dan selalu meletakkan kedua tangan di depan. Jangan lupa mengucapkan terima kasih baik setelah menunjukkan bakat maupun mengakhiri video.

3. Proses menjadi seorang idol Kpop

Peserta yang lolos audisi agensi akan menjalani pelatihan sebagai trainee di agensi seperti HYBE, SM, YG, JYP, dan agensi lainnya. Para trainee nantinya secara ketat akan dilatih untuk mempersiapkan menjadi idol Kpop yang berbakat. Mereka berlatih olah vokal, rap, tari, akting, dan kekompakan sesama personel grup selama bertahun-tahun. Selain itu, idol Kpop perlu memiliki penampilan yang menarik. Penampilan yang dimaksud tidak hanya perawatan wajah dan tubuh tetapi juga fashion. Apalagi fashion artis korea kini telah menjadi trend di dunia sehingga memiliki fashion yang baik menjadi sebuah keharusan.

Hal yang terpenting adalah memiliki banyak kemampuan bahasa untuk mempermudah komunikasi saat tampil di negara manapun. Sedangkan, hal yang sangat harus diperhatikan bagi seorang idol/ idola di Korea Selatan adalah tingkah laku agar terhindar dari skandalburuk. Lantaran para penggemar selalu memperhatikan setiap gerak gerik mereka karena seorang idol/ idola adalah contoh bagi penggemarnya. Selain itu, idola tidak hanya dituntut untuk selalu menjaga segala tingkah laku tetapi juga tidak diperbolehkan berpacaran sampai waktu tertentu. Sehingga mereka fokus bekerja untuk menampilkan performa terbaik bagi para penggemar. Itu adalah penjelasan susahnya menjadi seorang idol/ idola Kpop padahal semakin digandrungi.

Untuk informasi lainnya tentang dunia K-Pop lainnya, kunjungi Tulizan K-Pop.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Expert

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Legenda Marvel Meninggal, ini 15 Video Singkat Penampakan Stan Lee Jadi Cameo dalam Film-Filmnya

Memahami Pengertian Cameo dalam Film Lewat Fakta-Fakta Menarik

Jika Ingin Motor Tetap Awet, Kebiasaan Menerobos Hujan Harus Dihentikan

Tips Aman Berkendara Motor Saat Hujan Harus Ekstra Hati-hati!