in ,

Ta’aruf Cara Mengenali Pasangan Tanpa Pacaran yang Dianjurkan Islam

Memiliki perasaan lebih pada seseorang tentu hal yang wajar, mencintai tanpa harus berpacaran dengannya suatu hal yang sulit dilakukan oleh kebanyakan orang. Saat kebanyakan orang lebih memilih mengenali pasangan lewat hubungan percintaan atau dikenal sebagai pacaran selama berbulan maupun bertahun-tahun lamanya. Akan tetapi, berbedah untuk sebagian orang yang lebih memilih ta’aruf sebagai cara mengenali pasangan tanpa pacaran. Ta’aruf sangat dianjurkan dalam agama Islam, dan memiliki tujuan yang jelas ke depannya. Mereka yang menempuh jalan ta’aruf sebagai cara untuk lebih mengenali pasangan tanpa harus pacaran, tentu atas dasar ketaatan kepada sang pencipta dan bentuk menghormati calon pasangannya (kaum wanita). Ta’aruf dijadikan media cara seorang untuk lebih mengenali calon pasangan hidupnya tanpa proses pacaran, yang membuat sebagian wanita merasa terjaga kehormatan, martabatnya dihadapan para lelaki.

Berta’aruf adalah proses pendekatan yang dilakukan seorang pada orang lain yang bertujuan untuk lebih mengenal satu sama lain lewat bantuan perantara dipercaya bisa mendampingi proses hingga menikah. Ta’aruf juga bisa bermakna cara untuk mengenali pasangan tanpa melalui proses pacaran dengan tujuan untuk segera melangsungkan pernikahan. Lalu, seperti apa tahapan ta’aruf dalam islam? Apakah aman menikah lewat proses ini? yang dimana proses pendekatan hingga pernikahan dilakukan secara singkat. lebih jelasnya kan dibahas berikut ini:

Apa Itu Ta’aruf Secara Harfiah?

Ta’aruf Cara Mengenali Pasangan Tanpa Pacaran yang Dianjurkan Islam Halal Life Percintaan

Sumber Foto : muslim.okezone.com

Menurut kamus besar bahasa indonesia kata ta’aruf memiliki arti perkenalan. Di sini perkenalan bisa bermakna sangat luas, seperti pertemanan, persaudaraan, rekan bisnis sampai perjodohan.

Di Indonesia, ta’aruf lebih sering dimaknai sebagai media untuk saling pendekatan pasangan yang sesuai dengan syariat islam. ta’aruf sendiri yaitu bertujuan untuk saling mengenal satu sama lain sebelum melangkah ke jenjang yang lebih serius. Dalam prosesnya memiliki beberapa tahapan sampai pada akhirnya kedua pihak benar-benar telah siap melanjutkan pernikahan.

Perlu diketahui ta’aruf tidak memaksakan semua pasangan berakhir ke pelaminan, apabila dalam prosesnya calon pasangan merasa dia kurang yakin terhadap calon pasanganya dan tidak melanjutkan proses tersebut. Tidak masalah karena tujuan dari pernikahan adalah hidup bersama pasangan, apabila pada awal saja tidak ada kecocokan antara pasangan. Maka bisa berdampak nantinya jika terus dilanjutkan.

Untuk pelaksanaan ta’aruf harus didampingi oleh pihak ketiga. Di mana pihak ketiga berperan penting dalam menghubungkan setiap calon pasangan atau lebih dikenal sebagai perantara. Biasanya, perantara ini merupakan seorang yang ahli agama dan paham proses ta’aruf atau orang yang dituakan. Setiap calon pasangan yang hendak memulai ta’aruf harus sudah siap secara mental, fisik dan finansial.

Cara Mengenali Karakter Pasangan

Ta’aruf Cara Mengenali Pasangan Tanpa Pacaran yang Dianjurkan Islam Halal Life Percintaan

Sumber Foto : wolipop.detik.com

Semua proses ta’aruf dilakukan dengan adanya pihak ketiga. Mengenali perilaku pasangan memang sangat penting terlebih jika kalian berniat untuk segera menikah. Berikut cara mengenali karakter pasangan tanpa harus pacaran dengannya yaitu:

Mengenali Fisiknya

Ta’aruf Cara Mengenali Pasangan Tanpa Pacaran yang Dianjurkan Islam Halal Life Percintaan

Sumber Foto : merdeka.com

Fisik memang sangat penting, hal ini menyangkut dengan kriteria yang disukai calon pasangan. Kriteria yang sesuai dengan harapan pasangan bisa menjadi salah satu terciptanya keharmonisan dalam berumah tangga. Itu sebabnya, ketika memulai ta’aruf biasanya kedua calon pasangan harus bertemu terlebih dahulu agar hatinya ada rasa kecocokan.

Lingkungan Pasangan

Ta’aruf Cara Mengenali Pasangan Tanpa Pacaran yang Dianjurkan Islam Halal Life Percintaan

Sumber Foto : educenter.id

Faktor lingkungan bisa mempengaruhi tumbuh kembangnya perilaku seseorang, untuk mengenali kepribadian pasangan dengan mengetahui lingkungan mulai dari keluarga, pekerjaan, pertemanan seperti apa. Hal ini sangat penting bagi kalian agar mengetahui sikap asli dari calon pasangan sehingga jika sudah menikah kalian tidak kaget dengan perilakunya.

Bagaimana Dia Memperlakukan Ibunya

Ta’aruf Cara Mengenali Pasangan Tanpa Pacaran yang Dianjurkan Islam Halal Life Percintaan

Sumber Foto : humairoh.com

Apabila kalian sudah merasa klik satu sama lain dan berniat untuk ke jenjang lebih serius. Coba perhatikan bagaimana dia memperlakukan ibunya atau Anda dalam proses ta’aruf bisa tanyakan kepada orang terdekatnya tentang sikap dia terhadap ibunya. Jika dia menunjukkan sikap negatif dalam artian sikap dia kasar dan tidak sopan pada ibunya., Anda harus berhati-hati karena bisa jadi itu menggambarkan bagaimana dia akan memperlakukan Anda di masa depan nantinya. Jika sebaliknya sikap dia sopan, hormat pada ibunya, pertahankan ya.

Tahapan – Tahapan Dalam Ta’aruf Sebagai Cara Mengenali Pasangan Tanpa Pacaran

Proposal Menikah

Ta’aruf Cara Mengenali Pasangan Tanpa Pacaran yang Dianjurkan Islam Halal Life Percintaan

Sumber Foto : haluanlampung.com

Setelah siap secara mental, fisik dan finansial, selanjutnya setiap orang yang ingin menjalani proses ta’aruf harus membuat proposal yang berisi data pribadi, foto diri, pekerjaan, kekurangan dan kelebihan diri, visi dan misi menikah, kesiapan menikah, kriteria pasangan secara fisik atau non-fisik, syarat dari orang tua, rencana acara pernikahan, rencana pasca menikah meliputi tempat tinggal, keturunan, pendidikan anak, target jangka pendek dan jangka panjang sampai peningkatan pengetahuan tentang agama.

Setelah itu serahkan proposol menikah kepada perantara, nanti mereka yang akan mengurus dan mencarikan calon pasangan yang sesuai atau mendekati kriteria yang ada dalam proposal tersebut. Anda juga bisa meminta untuk dita’arufkan dengan orang lain melalui prosedur perantara tersebut.

Penukaran Proposal

Ta’aruf Cara Mengenali Pasangan Tanpa Pacaran yang Dianjurkan Islam Halal Life Percintaan

Sumber Foto : mediamuslimahhijrah.wordpress.com

Jika sudah ada calonnya, para peserta ta’aruf akan diberikan proposal pernikahan satu sama lain. Ini dilakukan dengan tujuan agar keduanya saling mengenal calon pasangan melalui gambaran prilaku yang ada dalam proposal tersebut. Tetap proses ini didampingi oleh perantara.

Apabila keduanya saling tertarik, biasanya perantara menanyakan kemantapan dari keduanya untuk melanjutkan pada tahap berikutnya yaitu bertemu secara fisik. Proses ta’aruf diawali dengan mengajukan permohonan secara langsung atau lewat perantara. Ada beberapa majelis yang menawarkan bantuan kepada mereka yang berniat mencari jodah lewat proses ta’aruf ini. Namun, ada juga yang memilih media perantaranya melalui teman atau saudara.

Tentu setiap perantara memiliki prosedur yang berbeda-beda, jika melalui perantara dari majelis (ahli agama), biasanya pemohon ta’aruf diminta untuk membuat sebuah proposal menikah. Kemudian akan ditukarkan proposal menikah dengan lawan jenis yang juga berkeinginan untuk berta’aruf. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan apakah cocok atau tidak. Jika keduanya merasa sudah cocok bisa lanjut dengan pertemuan secara fisik.

Namun, bila perantara melalui teman atau saudara, Anda tidak perlu menyiapkan proposal menikah. Jadi perantara akan menyampaikan langsung maksud dari salah satu pihak yang ingin berta’aruf. Perantara juga bisa memberikan sedikit informasi secara umum tentang calon pasangan tersebut.

Pertemuan Fisik

Ta’aruf Cara Mengenali Pasangan Tanpa Pacaran yang Dianjurkan Islam Halal Life Percintaan

Sumber Foto : inilahbanten.co.id

Setelah pertukaran proposal menikah satu sama lain, perantara akan mendampingi kedua calon pasangan untuk bertemu secara fisik. Dengan catatan peserta ta’aruf tidak boleh bertemu berdua saja dan mereka juga harus saling menjaga pandangan selama proses pertemuan fisik ini.

Tetap perantara akan kembali menanyakan kesiapan antara kedua calon pasangan, apakah mereka sama-sama tertarik. Maka proses ta’aruf bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya, namun jika tidak maka proses ta’aruf akan dihentikan.

Apabila kedua calon pasangan merasa cocok setelah melewati tahap bertukar informasi tahap selanjutnya yaitu pertemuan langsung. Pastinya pada prosesnya kali ini didampingi keluarga atau kerabat, sebaiknya tidak dilakukan berduan saja.

Jika sudah melewati tahap ini, kedua calon pasangan harus memberikan kesimpulan di akhir. Apakah mereka telah sepakat untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya atau tidak. Untuk itu keputusan harus dalam keadaan sadar tanpa paksaan.

Pertemuan Keluarga Besar dan Khitbah

Ta’aruf Cara Mengenali Pasangan Tanpa Pacaran yang Dianjurkan Islam Halal Life Percintaan

Sumber Foto : kurio.id

Tahap selanjutnya pertemuan dengan keluarga besar calon pasangan, hal ini bisa membicarakan tentang hubungan kalian untuk menikah. Atau pertemuan keluarga besar dengan tujuan mengkhitbah atau lamaran pasangan terlebih dahulu kemudian lanjut ke tahap pelaminan.

Prosesi lamaran untuk mengikat kedua pihak yang sudah mantap untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan, dalam tahapan ini juga ditentukan mengenai kapan tanggal pernikahan yang akan dilangsungkan.

Sebaiknya jarak antara lamaran dengan penikahan jangan terlalu lama, karena bisa menimbulkan fitnah. Setelah melewati prosesi lamaran, kedua calon pengantin juga dianjurkan untuk memperdalam ilmu agama dan pengetahuan lebih dalam mengenai hal pernikahan dan keluarganya, yang tentunya sesuai syariat islam.

Pernikahan

Ta’aruf Cara Mengenali Pasangan Tanpa Pacaran yang Dianjurkan Islam Halal Life Percintaan

Sumber Foto : hot.detik.com

Hal yang paling ditunggu setiap pasangan yaitu proses pernikahan. Kedua pasangan yang melakukan proses ta’aruf dari awal hingga akhirnya melakukan pernikahan, harus mempersiapkan diri dengan akad nikah. Kalian telah sah bisa memulai hidup bersama sebagai pasangan yang halal secara islam.

Meskipun dalam tahapannya terbilang singkat akan tetapi di setiap prosesnya jelas tujuan akhirnya yaitu pernikahan. Metode ta’aruf aman dan dianjurkan dalam islam karena setiap prosesnya sesuai syariat islam. Proses ta’aruf bisa berjalan dengan lancar jika masing-masing peserta telah memiliki tujuan yang sama. Metode ta’aruf dianggap bisa menjaga keduanya dari hal-hal kurang baik sebelum benar-benar melangsungkan pernikahan.

Proses pacaran setelah menikah memang indah, selain terhindar dari fitnah dan juga terhindar dari godaan syaiton yang sering kali menjerumuskan anak adam. Meski prosesnya terkesan singkat, tetapi tanggung jawab setelah menikah sangat besar. Untuk itu selalu pertimbangkan hal-hal di atas ya!

Untuk tips dan informasi seputar hubungan percintaan lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Cinta.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Cinta

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Manchester United Kalah Lagi, Alasan MU Tidak Akan Juara Musim Ini

7 Drama Korea Angkat Tema Berbeda, Berikan Keseruan Tersendiri!