in

Teknik Pamungkas: Domain Expansion Dalam Jujutsu Kaisen

Penonton anime dengan genre action pasti sudah tidak asing dengan teknik pamungkas. Jika Dragon ball punya kamehameha dan Naruto punya berbagai Jutsu. Maka, teknik pamungkas yang ada dalam serial Jujutsu Kaisen adalah Domain Expansion atau dalam Bahasa Jepang disebut Ryouiki Tenkai. Domain Expansion dalam Jujustu Kaisen sendiri berarti perluasan domain atau perluasan ruang gerak. Teknik ini disebut sebagai salah satu teknik tersulit untuk dikuasai dan hanya jujutsu sorcerer terkuat dan terbaik yang dapat menggunakan teknik yang satu ini. Selain itu, teknik yang satu ini dikatakan membutuhkan teknik kutukan yang sangat besar dan kebanyakan penggunanya hanya mampu menggunakan teknik yang satu ini sesekali saja. Dalam animenya, penonton beberapa kali menyaksikan beberapa karakter menggunakan teknik ini. Dari melihat pengguna-pengguna Domain Expansion, penonton menyadari bahwa rata-rata penggunanya memiliki kekuatan dan teknik kutukan yang sangat besar. Mulai dari raja kutukan Sukuna, sampai guru favorit semua fans Jujutsu Kaisen, Gojo Satoru.

Cara kerja teknik ini pernah dijelaskan oleh Gojo kepada Yuuji. Domain Expansion sendiri merupakan teknik barrier tingkat tinggi yang dapat menciptakan suatu ruang atau domain yang memerangkap lawan dan dalam domain tersebut teknik kutukan penggunanya meningkat secara drastis dan lawan tidak dapat menghindari serangan di dalam domain tersebut. Teknik ini diaktifkan dengan membuat simbol tangan tertentu. Gojo sendiri juga mengatakan bahwa salah satu cara untuk menangkal teknik Domain Expansion adalah dengan menggunakan teknik Domain Expansion. Dalam situasi tersebut, teknik pengguna yang lebih kuat akan menangkal serangan lawan. Cara lainnya adalah dengan menggunakan ledakan atau blast dari energi kutukan. Namun, hal ini sangat sulit untuk direalisasi. Selanjutnya, karena teknik yang satu ini membutuhkan energi kutukan yang sangat besar, kebanyakan penggunanya hanya mampu menggunakan teknik ini satu kali dalam sehari. Satu-satunya orang yang diketahui mampu menggunakan teknik ini berkali-kali adalah Gojo Satoru karena dirinya memiliki energi kutukan yang tidak terbatas.

Teknik Pamungkas: Domain Expansion Dalam Jujutsu Kaisen Otaku

Sumber: Youtube

Teknik ini disebut sebagai teknik pamungkas karena sangat sulit untuk melawan atau menangkal serang ini. Terlebih lagi, bagi orang atau kutukan yang mampu menggunakan teknik yang satu ini berarti memiliki kemampuan dan kekuatan yang besar. Gojo memang menjelaskan bahwa untuk melawan teknik ini adalah dengan menciptakan Domain Expansion lainnya. Namun, ada beberapa cara lain yang dapat digunakan untuk menangkal serangan ini. Misalnya, menciptakan Domain Expansion untuk membuat lubang di dalam Domain Expansion lawan. Biasanya hal ini dilakukan jika teknik pengguna dirasa tidak mampu untuk melawan teknik lawan.

Cara lainnya adalah dengan menyerang dari luar. Jika terjebak dalam Domain Expansion, orang yang terjebak hampir tidak mungkin untuk meloloskan diri, tetapi beda cerita dengan orang yang berada di luar Domain. Biasanya semakin kuat bagian dalam dari sebuah Domain. Maka, semakin lemah Domain yang berada di luar. Dalam beberapa situasi, orang yang berada di luar Domain dapat menyerang dan menciptakan lubang agar orang yang terperangkap di dalam Domain dapat meloloskan diri. Mari kita simak, beberapa Domain Expansion dalam Jujutsu Kaisen dan siapa saja sih penggunanya.

Malevolent Shrine

Teknik Pamungkas: Domain Expansion Dalam Jujutsu Kaisen Otaku

Menjadi teknik kutukan Domain Expansion pertama yang kita lihat di dalam manga dan anime. Pengguna dari teknik yang satu ini tidak lain tidak bukan adalah raja kutukan sendiri, Sukuna. Domain Expansion satu ini bisa dibilang yang paling unik karena alih-alih membuat ruangan terisolasi, teknik ini justru membuat area sekitarnya menjadi domain itu sendiri tanpa memiliki penghalang. Oleh karena itu, Sukuna bisa diibaratkan seperti melukis di udara. Karena itu, Sukuna dapat memerangkap banyak target sekaligus di dalam domainnya. Luas area Malevolent Shrine ini mampu mencapai radius maksimum 200 meter atau di bawah itu tergantung keinginan Sukuna. Dengan binding vow yang tercipta berupa rute kabur dalam domainnya, Sukuna memiliki kebebasan untuk menyerang objek apapun tanpa pandang bulu. Walaupun saat ini penggunanya hanya Sukuna seorang, tetapi diisyaratkan bahwa suatu saat Yuuji akan mampu menggunakan teknik-teknik kutukan milik Sukuna. Jadi, mungkin suatu saat Yuuji akan menggunakan teknik Malevolent shrine ini.

Infinite Void

Teknik Pamungkas: Domain Expansion Dalam Jujutsu Kaisen Otaku

Salah satu hal yang membuat Gojo Satoru layak menyandang sebagai penyihir terkuat adalah Domain Expansion-nya yang terkenal mematikan. Bisa dibilang, Infinete Void miliknya merupakan salah satu teknik yang menjebak target secara absolut karena memiliki efek mencekoki semua informasi ke dalam pikiran target tanpa memberi kesempatan untuk diproses. Proses ini akan memaksa target untuk merasakan segalanya dan tidak merasakan apa-apa dalam waktu bersamaan. Akibatnya, target tak akan bisa bergerak sampai Gojo sendiri yang menghapus domainnya. Lawan yang tidak beruntung untuk merasakan teknik pamungkas milik Gojo sendiri adalah Jogo. Ironisnya, Jogo saat itu menggunakan teknik Domain Expansion miliknya duluan. Namun, teknik miliknya kalah dominan dengan teknik milik Gojo. Seperti yang sudah disebutkan juga sebelumnya. Kebanyakan pengguna Domain Expansion dalam Jujutsu Kaisen hanya bisa menggunakan teknik ini satu hari sekali. Berbeda dengan Gojo yang mampu menggunakan teknik ini berkali-kali. Hal ini karena energi kutukan milik Gojo tidak terbatas.

Self-Embodiment of Perfection

Pengguna Domain Expansion dalam Jujutsu Kaisen bukan hanya dukun-dukun manusia saja, tetapi juga kutukan. Biasanya kutukan yang mampu menggunakan teknik kutukan tingkat tinggi seperti ini adalah kutukan dengan level tinggi seperti special grade. Mahito merupakan salah satunya. Teknik kutukan satu ini bisa dibilang sangat berbahaya bagi korbannya namun juga beresiko bagi Mahito sendiri. Domain berwujud ribuan tangan yang saling bergandengan ini memiliki kemampuan untuk memanipulasi bentuk jiwa target seperti yang diinginkan Mahito. Namun, jurus ini memiliki dua kelemahan besar. Pertama, dinding luarnya masih bisa ditembus karena fokus domain Mahito sendiri adalah menjebak target agar tidak bisa keluar. Kedua, jurus ini tidak mempan terhadap jiwa makhluk yang jauh lebih kuat seperti Sukuna. Salary man favorite kita, Nanami Kento pernah terjebak dalam teknik kutukan ini, tetapi berhasil diselamatkan oleh Yuuji yang menghancurkan Domain dari luar.

Chimera Shadow Garden

Teknik Pamungkas: Domain Expansion Dalam Jujutsu Kaisen Otaku

Nah, kalau teknik kutukan yang satu ini masih dibilang belum sempurna. Pengguna teknik kutukan ini tidak lain adalah Megumi Fushiguro. Puncak perwujudan dari Ten Shadows Technique ini pertama kali dikeluarkan oleh Megumi setelah menyadari batasan dirinya yang selama ini jarang habis-habisan dalam setiap pertempuran. Sebagai perwujudan dari teknik warisan klan Zenin, Chimera Shadow Garden memiliki wujud area lumpur hitam yang mampu mengeluarkan berbagai macam shikigami. Jurus ini sendiri juga dikatakan belum sempurna karena tidak memiliki dinding penghalang yang menjebak target. Meskipun demikian, kemampuan tempur Megumi meningkat secara drastis di mana dia bisa memanfaatkan area domainnya sebagai keuntungan medan pertempuran.

Untuk segala hal mengenai anime, manga, dan dunia otaku lainnya silahkan kunjungi Tulizan Otaku!

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Otaku

Content Author
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Perjalanan Baru TXT dalam Album The Chaos Chapter: Freeze

Ini Lima Fakta Menarik TXT Yang Baru Saja Merilis Lagu Baru!

Tayang malam ini, "Racket Boys" sajikan drama penuh tawa dan haru - ANTARA News

Fakta Racket Boys: Drama Yang Diprotes Banyak Netizen Indonesia