in

Tidak Perform, Sudah Saatnya David De Gea digantikan Henderson?

Manchester United pulang dengan tangan hampa pasca kalah di laga final Europa League melawan Villareal dini hari tadi. Tampil dengan skuad penuh, United harus menerima kekalahan lewat drama adu penalti. Setelah hingga babak perpanjangan waktu, skor tetap berakhir 1-1. Meskipun bermain bagus dengan menguasai 61% penguasaan bola, nyatanya anak asuh Solskjaer tetap gagal menembus pertahanan Villareal. Salah satu topik yang hangat dibicarakan ialah keputusan Ole untuk menurunkan De Gea daripada Dean Henderson. Sebelumnya sudah banyak penggemar yang meminta David De Gea digantikan Dean Henderson.

Bukan tanpa alasan Penampilan De Gea belakangan ini memang menjadi perhatian. Pasalnya pemain berusia 30 tahun tersebut sedang berada dipenampilan yang tidak konsisten. Dan posisinya sebagai kiper utama United pun mulai tergantikan dengan kehadiran Henderson. Ketakutan penggemar setan merah ternyata terbukti, dimana tidak hanya gagal menangkis satupun tendangan penalti, tetapi De Gea juga satu-satunya pemain yang gagal mengeksekusi penalti semalam. Kegagalan tersebut membuat posisinya semakin terancam untuk di gantikan Henderson musim depan.

Dalam artikel ini penulis telah merangkum sederet alasan sudah saatnya david Degea digantikan Henderson sebagai kiper utama Manchester United musim depan.

1. Usia Yang Tak Muda Lagi

Tidak Perform, Sudah Saatnya David De Gea digantikan Henderson? Olahraga

Foto : Dok. Indosport.com

David De Gea bulan november mendatang akan berusia 30 tahun. Meskipun lebih berpengalaman, kebugaran De Gea menjadi salah satu fokus mengapa ia dipertimbangkan untuk lengser dari posisi kiper utama United. mengingat saingannya saat ini, Dean Henderson baru berusia 24 tahun. Sebagaimana diketahui, banyak pemain – pemain top yang performanya menurun saat menginjak usia 30 tahun keatas. Dan hal itu dapat kita lihat dari performa De Gea setengah musim belakangan ini. Dimana ia mulai jarang mendapat kepercayaan dari Solskjaer untuk tampil reguler di Premier League. Mengingat jadwal premier league yang sangat padat, Solskjaer lebih mempercayai Dean Henderson untuk tampil reguler musim ini.

Faktor kebugaran kedua pemain ini yang dianggap menjadi salah satu pertimbangan tim pelatih United. Dimana Dean Henderson dianggap lebih siap dan bugar ketimbang De Gea untuk mengisi pos kiper utama United di berbagai ajang yang diikuti terutama EPL. Dean Henderson sendiri sejauh ini tampil cukup baik dan membuat banyak penggemar United sendiri memulai mempercayainya sebagai pengganti De Gea. Melihat dukungan yang didapatkan Henderson, tampaknya De Gea harus siap digantikan Henderson musim depan sebagai kiper utama Manchester United.

2. Performa yang Menurun

Tidak Perform, Sudah Saatnya David De Gea digantikan Henderson? Olahraga

Foto : Dok. Setanmerah.net

De Gea didatangkan United dari Atletico Madrid pada tahun 2011. Tercatat sudah 10 tahun pemain berkebangsaan Spanyol tersebut berseragam Setan Merah. Sejak awal bermain untuk United, De Gea tidak langsung menjadi bintang. Beberapa musim awal bersama MU, ia mengalami fase naik turun dalam performanya. Bahkan para penggemar setan merah sempat muak dengannya dan meminta Sir Alex Fergusson untuk segera membuang De Gea. Nyatanya kepercayaan sang manajer dibayar lunas oleh De Gea dengan tampil lebih baik dan membantu United menjuarai Liga Inggris musim 2012/2013. Posisinya sebagai kiper utama United pun tak tergantikan bahkan setalah Sir Alex pensiun dan digantikan beberapa pelatih lainnya seperti David Moyes, Louis Van Gaal dan Jose Mourinho. Pun setelah United ditangani Ole Gunnar Solksjaer, De Gea masih menjadi pilihan utamanya. Namun belakangan ini performa sang bintang mulai menurun.

De Gea tak secekatan dulu dalam menghalau bola. Gerakan refleks luar biasa yang sebelumnya menjadi ciri khasnya, kini mulai hilang. Komunikasinya dengan pemain belakang United dilapangan belakangan ini juga disebut tidak baik. Hal itu diduga juga sebagai alasan dibalik penurunan performa sang bintang. Kedatangan Dean Henderson setelah masa peminjamannya di Sheifield United berakhir bak mimpi buruk yang menjadi kenyataan bagi De Gea. Pasalnya kini Henderson menjadi pilihan utama Ole sebagai kiper utama United.

Bukan tanpa alasan, performa Henderson belakangan ini terlihat lebih stabil. Komunikasinya dengan pemain belakang United juga dinilai lebih baik dibanding De Gea. Selain itu Henderson juga dianggap memenuhi kriteria pola permainan Solskjaer untuk membangun serangan dari lini belakang. Genzo, sapaan akrab kiper asal Inggris ini memiliki umpan yang lebih baik dari De Gea. Beberapa kali ia dapat mengirimkan umpan hingga ketengah lapangan yang sukses dikonversikan menjadi gol oleh pemain depan United. Jika situasinya terus seperti ini, sepertinya mau tidak mau De Gea digantikan Henderson untuk musim selanjutnya.

3. Level Kepercayaan Diri

Tidak Perform, Sudah Saatnya David De Gea digantikan Henderson? Olahraga

Foto : Dok. Bali.tribunnews.com

Tak bisa dipungkiri, pasca kegagalan meraih trofi Europa League semalam kepercayaan diri De Gea akan menurun. Dimana sebelumnya level kepercayaan diri kiper utama Timnas Spanyol tersebut juga sudah menurun. Pasalnya posisi De Gea sebagai kiper utama Manchester United mulai tergusur oleh Dean Henderson.

Kepercayaan dari para penggemar United pun sudah berkurang padanya. Tak ayal hal ini dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seorang David De Gea. Kurangnya dukungan dari penggemar, sedikit banyaknya akan berpengaruh pada performanya di lapangan. Dapat dilihat dari beberapa pertandingan sebelumnya, De Gea bermain seperti tidak lepas. Beberapa kali ia terlihat ragu dan mengalami miskomunikasi dengan pemain belakang United.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan keadaan saingannya saat ini, Dean Henderson. Dimana Henderson sedang mendapat kepercayaan dari berbagai pihak termasuk penggemar Manchester United. Ia tampil sangat percaya diri. Beberapa kali Genzo melakukan tangkapan yang sempurna dan operan yang baik. Ia juga terlihat tenang saat mendapat tekanan dari lawan. Posisi tersebut tentu saja merugikan De Gea dalam hal meningkatkan kepercayaan dirinya saat ini.

4. Faktor Internal

Tidak Perform, Sudah Saatnya David De Gea digantikan Henderson? Olahraga

Foto : Dok. Dailymail.co.uk

Alasan terakhir yang memungkinkan De Gea untuk digantikan Henderson ialah faktor internal yang terjadi pada De Gea. beberapa bulan ini De Gea sedang menikmati peran barunya sebagai seorang ayah. Ia terlihat sibuk bolak balik Manchester – Madrid untuk mengunjungi putri kecilnya. Seperti yang diketahui, De Gea selama ini menjalin hubungan jarak jauh dengan kekasihnya Edurne. Keduanya memilih long distance relationship pasalnya Edurne merupakan seorang penyanyi terkenal serta juri acara Got Talent di Spanyol. Hal itu membuatnya tidak bisa mengikuti De Gea untuk pindah ke Manchester.

Pihak Manchester United sendiri sebenarnya tidak mempermasalahkan hal tersebut. Bahkan Ole Gunnar Solskjaer memberikan waktu libur cukup lama bagi De Gea yang saat itu harus mendampingi pasangannya melahirkan di Spanyol. Namun pasca kembali ke Manchester, performa De Gea justru mengalami penurunan. Situasi tersebut menjadi sebuah keuntungan bagi Dean Henderson yang berhasil mendapat kepercayaan penuh dari Solksjaer untuk menggantikan de gea.

Situasi seperti saat ini ditenggarai menjadi salah satu faktor terbaginya fokus De Gea yang membuat performanya terus menurun. Jika tidak bijak mengatasinya, maka sudah jelas posisi De Gea digantikan Henderson untuk kedepannya.

Untuk informasi seputar bola dan olahraga lainnya bisa mengunjungi Tulizan Olahraga disini.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Olahraga

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Q&A: Dicky Perdana Putra, Membuka Kesempatan Mendapatkan Penghasilan Dari Tulizan.com

GOING SEVENTEEN 2020] EP.36 SVTSIDE OUT on We Heart It

Fakta Unik Masing-masing Member Seventeen Yang Perlu Kamu Ketahui