in ,

Tidak Perlu Mahal, Ini Ide Bisnis Modal Kecil

Usaha kecil-kecilan mungkin dapat menjadi alternatif yang baik jika kamu ingin menambah pemasukan. Apalagi jika bisnis tersebut bisa menjadi sesuatu yang besar dan memberikan keuntungan. Hampir semua orang bermimpi untuk memiliki usaha sendiri. Bagaimana tidak? Bisa mengatur jadwal kerja sendiri dan dapat membuat keuangan kamu lebih mandiri. Sayangnya, kebanyakan bisnis membutuhkan modal awal yang cukup besar, memakan waktu yang banyak, dan membutuhkan perhitungan yang benar-benar matang. Namun, sebenarnya ada sejumlah ide bisnis yang hanya membutuhkan modal kecil.

Bisnis tersebut bisa menjadi peluang yang bagus bagi anda. Jika dilakukan dengan tekun dan terus menerus, ide-ide bisnis ini bisa sangat menjanjikan dan tidak sulit untuk dimulai karena hanya membutuhkan modal yang kecil saja. Namun, memang benar beberapa bisnis tersebut bisa dijalankan jika memiliki keterampilan khusus, tetapi jangan khawatir karena semua hal bisa dipelajari dan tidak ada kata terlambat untuk mempelajari hal-hal yang baru. Oleh karena itu, kami sudah merangkum beberapa jenis usaha yang menjanjikan dan tidak membutuhkan uang yang banyak untuk merintisnya.

Tidak Perlu Mahal, Ini Ide Bisnis Modal Kecil Entrepreneur Keuangan

Sumber: https://www.pexels.com/photo/people-discuss-about-graphs-and-rates-3184292/

Ide Bisnis Dengan Modal Kecil

Ketika memulai bisnis, segalanya harus dimulai dari riset terlebih dahulu. Bagaimana sistemnya, lokasi (jika offline), barang apa saja yang dibutuhkan, dan masih banyak lagi. Namun, kami akan membantu anda dengan memberikan ide-ide bisnis menarik dan tentunya dengan modal yang tidak besar. Berikut beberapa ide bisnis yang kami sarankan.

1. Kursus Online. Bisnis kursus menjadi salah satu ide bisnis yang cukup menjanjikan. Kamu tidak memerlukan modal yang besar karena usaha ini bisa dijalankan secara online dan kamu sebagai guru utamanya. Kamu tidak memerlukan keahlian yang khusus dan cukup mengajar pelajaran yang kamu mampu pahami. Tidak hanya mata pelajaran formal, kamu juga bisa mengajar keahlian-keahlian yang kamu punya. Misalnya jika kamu bisa menjahit, kamu bisa coba mengajar cara menjahit secara online.

2. Jasa Penulis Freelance. Buat kamu yang punya hobi menulis atau suka menulis mungkin bisa mencoba peluang usaha ini. Di masa ini, sosial media memiliki pengaruh yang sangat besar di masyarakat dan banyak orang semakin membutuhkan jasa penulis lepas seperti copywriter, opinion writing, dan lainnya. Kamu bisa mencoba memulai bisnis ini lewat kenalan-kenalan yang membutuhkan jasa penulis lepas dan secara perlahan membangun business network untuk prospek future client kamu.

Tidak Perlu Mahal, Ini Ide Bisnis Modal Kecil Entrepreneur Keuangan

Sumber: https://www.pexels.com/photo/person-holding-white-ceramci-be-happy-painted-mug-851213/

3. Jasa Designer Freelance. Sama seperti jasa penulis lepas, saat ini jasa design dan kreatif memiliki demand yang sangat besar. Visual design, fashion, interior, dan lainnya. Jika kamu memiliki kemampuan ini, ide bisnis ini bisa menjadi sarana yang bagus dan kamu juga tidak harus mengeluarkan modal yang besar.

4. Event Organizer. Mulai acara pernikahan, pesta ulang tahun, ataupun reunian. Semua orang ingin hari spesial tersebut benar-benar terasa spesial. Oleh karena itu, event organizer sangat dibutuhkan. Hal ini merupakan peluang usaha yang baik yang bisa membuat omzet yang cukup besar. Banyak orang yang menganggap bahwa ide ini membutuhkan modal yang besar. Nyatanya tidak selalu begitu, banyak orang yang mengaku bahwa mereka hanya membutuhkan modal di bawah Rp. 5.000,000 juta untuk memulai usaha ini.

5. Jualan Online Sebagai Dropshipper. Usaha ini banyak menjamur akhir-akhir ini, tetapi prospek bisnisnya masih tetap bagus. Berjualan online dengan sistem dropship bahkan memungkinkan anda untuk memulai usaha tanpa modal sepeserpun karena berbeda dengan jualan biasa, dropship tidak membutuhkan tempat untuk menaruh barang-barang. Sistem dropship berarti anda berada di posisi sebagai penyalur barang, antara penyedia barang dan pembeli. Jadi, anda tidak perlu memiliki barang terlebih dahulu. Keuntungan bisa anda dapatkan dari selisih harga yang anda jual ke pelanggan.

Tidak Perlu Mahal, Ini Ide Bisnis Modal Kecil Entrepreneur Keuangan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/top-view-of-silver-macbook-beside-a-shopping-cart-and-black-friday-sale-signage-5632386/

6. Pet Sitter. Mungkin istilah ini masih cukup asing didengar di telinga orang Indonesia, tetapi prospek usaha bisnis ini mulai naik daun. Secara mudah pet sitter adalah jasa mengurus hewan peliharaan seperti anjing dan kucing ketika pemilik hewan peliharan sedang tidak bisa mengurus hewan tersebut. Banyak orang Indonesia yang memiliki hewan peliharaan dan saat mereka perlu berpergian jauh dan memakan waktu yang lama, hewan peliharaan tersebut tidak mungkin ditinggalkan begitu saja. Situasi inilah yang membuat jasa pet sitter semakin dibutuhkan. Kamu bisa memulai ide bisnis ini dengan modal yang kecil.

7. Jasa Penitipan Anak. Hal ini juga menjadi salah satu prospek bisnis yang baik karena semakin banyak wanita yang bekerja sambil berkeluarga dan terkadang tidak ada yang bisa menjaga anak saat kedua orang tuanya bekerja. Kamu bisa memulai bisnis ini secara rumahan sehingga kamu tidak membutuhkan modal yang besar. Sistemnya anak akan dititipkan pagi menjelang sore dan ketika orang tua selesai bekerja, mereka akan menjemput si anak. Biasanya anak yang titipkan adalah anak yang belum memasuki usia sekolah dasar.

Tidak Perlu Mahal, Ini Ide Bisnis Modal Kecil Entrepreneur Keuangan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/two-kids-playing-beside-glass-windows-3273851/

8. Translator. Jika kamu memiliki kemampuan bahasa lebih dari satu, kamu bisa memanfaatkan hal ini dengan mencoba usaha sebagai translator lepas. Dunia sudah semakin terkoneksi dan kemungkinan seseorang berhubungan dengan orang yang berasal dari negara lain sangat besar. Oleh karena itu, kemampuan bahasa asing menjadi suatu hal yang benar-benar berharga. Apalagi jika kemampuan bahasa yang kamu punya merupakan bahasa yang tidak banyak dikuasai banyak orang, tetapi penting. Seperti bahasa mandarin, jepang, jerman, dan lainnya.

9. Tata Rias. Makeup artist juga menjadi salah satu jasa yang digandrungi banyak orang. Khususnya untuk perempuan, makeup menjadi hal yang penting, khususnya untuk acara-acara besar seperti pernikahan dan ulang tahun, makeup menjadi hal yang penting. Jika kamu memiliki keahlian tata rias, ide usaha ini mungkin bisa kamu coba dan kamu bisa memulainya dengan modal yang kecil.

10. Fotografer. Kamu mau moment berharga kamu dapat selalu dilihat dan dikenang? Atau mungkin kamu memiliki hobi fotografi? Mungkin ide usaha ini bisa menjadi prospek bisnis baru bagi kamu. Kamu hanya memerlukan modal awal untuk kamera dan mencari klien kamu. Biasanya jasa fotografer dibutuhkan saat event seperti acara pernikahan, ulang tahun, dan acara lainnya.

Sebenarnya masih ada banyak sekali ide-ide usaha yang dapat kalian coba dengan modal kecil. Namun, harus diingat bahwa walaupun usaha ini hanya membutuhkan modal minim, kalian tetap harus rajin dalam membangun dan mengembangkan bisnis ini. Sering-sering berinovasi dan jangan takut untuk memperbesar usaha kamu. Semoga ide-ide yang kami sarankan dapat membantu anda dalam membuka peluang usaha baru. Untuk ide – ide bisnis lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Entrepreneur .

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Keuangan

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Buat Kamu Para Pemula, Ini Cara Bermain PUBG Mobile

Cara Membimbing Remaja untuk Memiliki Cita-Cita