in

Tiga Pengetahuan Umum Otomotif Mobil Yang Wajib Diketahui

Salah satu dari bagian kehidupan manusia adalah mempelajari mesin kendaraan karena keberadaannya telah menjadi bagian dari aspek kehidupan. Pasalnya manusia memiliki mobil tidak hanya sebagai kendaraan pribadi tetapi juga kendaraan niaga. Tentu saja beberapa orang akan merasa kesulitan karena tidak mengenal tentang pemesinan mobil. Mereka cenderung merasa kebingungan bahwa sebuah mesin mampu menghasilkan daya yang cukup besar sehingga mampu menjalankan mobil dengan cepat. Sehingga siapapun yang memiliki kendaraan setidaknya perlu mengetahui dua pengetahuan umum otomotif tentang mobil. Hal yang akan menjadi fokus pembelajaran adalah seluruh bagian mesin mulai dari prinsip kerja sampai komponen-kompomen yang ada di mesin.

Berikut ini adalah tiga pengetahuan umum otomotif mobil yang wajib diketahui :

Tiga Pengetahuan Umum Otomotif Mobil Yang Wajib Diketahui Otomotif

Gambar: Mesin juga dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan bahan bakarnya: mesin bensin yang berbahan bakar utama bensin, mesin diesel yang berbahan bakar utama solar, dan mesin BBG yang berbahan bakar utama gas LPG

1. Jenis-jenis Mesin Mobil

Mesin dibedakan menjadi tiga jenis secara prinsip kerjanya: mesin dua tak, mesin empat tak, dan motor wangkle. Pertama adalah mesin dua tak yang menggunakan dua langkah di setiap siklus mesinnya seperti Kawasaki Nina RR dan Old Vesva. Sayangnya mesin-mesim dua tak saat ini sudah tidak diproduksi lagi akrena emisi yang dihasilkan mesin cukup besar. Kedua adalah mesin empat tak yang digunakan hampir pada seluruh mobil dan motor di dunia karena memiliki konsumsi bahan bakar lebih irit. Selain itu, emisi mesin empat tak lebih terjamin yang tidak seperti mesin dua tak. Sehingga orang-orang banyak mempelajari jenis mesin ini karena umumnya digunakan pada mobil-mobil sekarang. Terakhir adalah motor wankle yang menggunakan piston tetapi bentuknya tidak seperti mesin pada umumnya. Selain itu, pergerakan jenis mesin ini berbeda dengan mesin-mesin umum seperti Mazda RX series yang menggunakan wangkle untuk dapur pacunya.

Mesin juga dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan bahan bakarnya: mesin bensin, mesin diesel, dan mesin BBG. Pertama adalah mesin bensin yang bahan bakar utamanya menggunakan bensin sebagaimana namanya. Kelebihan mesin ini apabila dibandingkan tipe lainnya adalah lebih tenang dan lebih cepat putarannya. Kedua adalah mesin diesel yang bahan bakar utamanya menggunakan solar seperti pada truk dan bus. Kelebihan adalah mesin diesel memiliki torsi yang cukup besar meskipun top RPM tidak sekencang seperti mesin bensin. Terakhir adalah mesin BBG yang bahan bakar utamanya menggunakan gas LPG seperti bajai berwarna biru dengan label BBG dan transjakarta.

Tiga Pengetahuan Umum Otomotif Mobil Yang Wajib Diketahui Otomotif

Gambar: Perlu mempelajari komponen utama yang mempengaruhi siklus kerja mesin seperti piston, blok silinder, kepala silinder, engkol, dan sebuah batang yang disebut connecting rod sebelum mempelajari prinsip kerjanya

2. Komponen Utama Mesin Mobil Empat Tak

Pengetahuan umum otomotif mobil yang wajib diketahui selanjutnya adalah komponen utama yang mempengaruhi siklus kerja mesin sebelum mempelajari prinsip kerjanya. Komponen tersebut adalah piston, blok silinder, kepala silinder dan engkol. Piston yang memiliki bentuk silinder melalui sebuah batang yang disebut connecting rod tersambung dengan engkol. Ketiga komponen tersebut terlihat seperti prinsip ayunan sepeda karena lutut berfungsi sebagai piston, kaki dan engkol sepeda sebagai connecting rod. Sehingga asal dari putaran mesin adalah connecting rod dan poros engkol mengubah gerakan naik turun piston menjadi bentuk energi putar. Lebih mudahnya bayangkan saja saat seseorang sedang mengayuh sepeda pasti lututnya bergerak naik turun. Selain itu, blok silinder memiliki fungsi sebagai tempat pergerakan piston yang ditutup di bagian atas oleh kepala silinder.

Tiga Pengetahuan Umum Otomotif Mobil Yang Wajib Diketahui Otomotif

Gambar: Mesin empat tak memiliki empat langkah pada setiap siklus kerjanya mulai dari langkah hisap, kompresi, pembakaran, hingga buang dengan melibatkan empat komponen utama seperti piston, blok silinder, kepala silinder dan engkol

3. Prinsip Kerja Mesin Mobil Empat Tak

Mesin empat tak memiliki empat langkah pada setiap siklus kerjanya mulai dari langkah hisap, kompresi, pembakaran, hingga buang. Langkah pertama adalah hisap yang dimulai dengan posisi piston bergerak dari atas ke bawah. Titik tertinggi piston disebut dengan top dead center (TDC) sedangkan titik terbawah piston disebut bottom dead center (BDC). Hal yang akan terjadi adalah volume di dalam blok silinder secara otomatis menjadi semakin besar saat piston bergerak ke BDC. Kemudian, katup hisap di kepala silinder pun akan terbuka yang menyebabkan campuran antara udara dan bahan bakar ke dalam silinder dengan perhitungan stoikometrik.

Langkah kedua adalah kompresi. Hal yang terjadi adalah katup hisap akan mulai menutup sesuai mekanismenya saat piston sudah mencapai BDC. Selanjutnya, piston akan kembali bergerak ke TDC yang menyebabkan terjadinya penyempitan volume silinder. Sehingga udara dan bensin yang berada di dalam silinder akan mengalami kompresi yang meningkatkan tekanan dan suhu. Selain itu, terdapat coakan tepat di atas silinder yang memiliki fungsi sebagai ruang terjadinya pembakaran. Gas yang terkompresi tadi akan berkumpul di dalam raung yang memiliki volume 10 kali lebih kecil daripada volume total.

Tiga Pengetahuan Umum Otomotif Mobil Yang Wajib Diketahui Otomotif

Gambar: Salah satu dari bagian kehidupan manusia adalah mempelajari mesin kendaraan karena keberadaannya telah menjadi bagian dari aspek kehidupan karena manusia memiliki mobil tidak hanya sebagai kendaraan pribadi tetapi juga kendaraan niaga sehingga siapa pun yang memiliki kendaraan setidaknya perlu mengetahui pengetahuan umum otomotif tentang mobil

Langkah ketiga adalah pembakaran. Hal yang terjadi adalah suhu dan tekanan gas di dalam ruang bakar sudah sangat tinggi saat piston hampir menyentuh TDC. Selanjutnya, busi akan mengeluarkan percikan api kecil yang dapat memicu ledakan pada ruang bakar. Ledakan tersebut akan mendorong piston untuk bergerak ke bawah dengan kekuatan yang besar tetapi tidak akan merusak mesin. Pasalnya kekuatan tersebut justru membuat piston dapat terus menerus bergerak naik turun sehingga menghasilkan putaran secara berkelanjutan.

Langkah terakhir adalah buang. Hal yang terjadi adalah piston bergerak ke TDC setelah mengalami peningkatan yang besar dalam pembakaran. Selanjutnya, katup buang pun akan terbuka sesuai mekanismenya yang mendorong gas sisa pembakaran agar terbuang melewati katup buang. Kemudian, katup buang akan menutup dan katup hisap kembali terbuka saat piston mencapai TDC sehingga siklus berikutnya pun berlanjut. Itu adalah tiga pengetahuan umum otomotif mobil yang wajib diketahui.

Untuk artikel lainnya mengenai dunia otomotif, silahkan kunjungi Tulizan Otomotif.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Otomotif

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Sensasi Mengendarai Motor Listrik 3 Roda dari Selis - Otomotif Liputan6.com

Empat Kendaraan Motor Anti Panas dan Hujan Dengan Harga Murah

5 Langkah Mudah Mendapatkan SIM Internasional | AGolf News

Pahami Fungsi SIM Internasional Untuk Berkendaraan di Luar Negeri