in

Tips Aman Berkendaraan Berbagai Jenis Pada Situasi Apapun

Ada banyak jenis kendaraan yang dapat digunakan untuk mempermudah transportasi. Namun, tetap memerlukan tips yang aman dalam berkendaraan berbagai jenis pada situasi apapun. Tujuannya agar selamat menuju tujuan dan membuat pengendara menjadi nyaman dalam berkendara. Untuk itu, silahkan baca artikel ini untuk mendapatkan berbagai tips.

Berikut ini adalah tips aman berkendaraan berbagai jenis pada situasi apapun :

1. Tips aman menggendarai sepeda di jalan raya

Bagi pesepeda pemula sangat dianjurkan untuk merencanakan perjalanan secara rinci. Pesepeda sangat perlu mempelajari rute yang hendak ditempuh dan menghitung jarak tempuhnya. Selain itu, pesepeda juga dapat memanfaatkan aplikasi seperti Google Maps atau Global Positioning System (GPS) untuk merencanakan rute perjalanan. Menyisihkan waktu untuk beristirahat sejenak di tengah perjalanan sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh agar tidak cepat merasa lelah.

Pesepeda perlu memperhatikan setiap pergerakan dari teman-teman rombongan yang berada di depannya untuk sigap menghindari kejadian yang tidak terduga. Pengguna sepeda juga perlu untuk menjaga jarak aman dari teman baik yang berada di depan dan belakang. Tujuannya agar pesepeda memiliki kesempatan untuk menghindari apabila kelajuan teman di depan secara tiba-tiba menjadi lambat atau berhenti secara mendadak. Selain itu, pesepeda perlu memastikan bahwa rem sepeda dalam kondisi aman.

Posisi terbaik untuk pesepeda di tengah-tengah lajur dengan tidak terlalu berada di bagian pinggir jalan. Tujuannya agar penggowes memiliki jangkauan pandangan yang lebih luas. Namun, tips ini tidak berlaku saat kondisi jalan sedang ramai.

Mungkin untuk pesepeda pemula berpikir bahwa melewati jalur turunan terasa menguntungkan karena tidak perlu mengayuh untuk menambah kecepatan. Namun, hal yang sangat perlu diingat adalah memastikan bahwa pesepeda mampu untuk menghindar dari kendaraan lain yang menghalangi jalan. Sehingga lebih baik untuk mengayuh sepeda dengan santai secukupnya dengan tetap bersiap untuk menekan tuas rem saat dibutuhkan.

Pesepeda memilih untuk menyalip untuk menghindari keramaian ataupun kemacetan. Namun, sangat diperlukan kehati-hatian yang tinggi karena kecelakaan sering terjadi akibat salip-menyalip. Sehingga tips bersepeda yang aman untuk menyalip adalah mencari celah yang cukup lapang lalu pastikan bahwa keadaan benar-benar aman.

Pesepeda perlu memperlambat laju sepeda saat menemui persimpangan kereta api. Pasalnya bisa saja roda sepeda terjebak di sela-sela rel kereta. Sehingga perlu mengikuti rambu-rambu yang ada agar menjaga keamanan. Itu adalah 10 tips bersepeda yang aman dan tak mengganggu pengguna jalan lain.

Tips Aman Berkendaraan Berbagai Jenis Pada Situasi Apapun Otomotif

Gambar: Banyak dampak berbahaya saat berkendara saat hujan mulai jarak pandang menjadi lebih pendek sampai jalanan menjadi licin

2. Tips aman mengendarai motor saat Hujan

tips aman berkendaraan berbagai jenis pada situasi apapun selanjutnya adalah motor saat hujan. Hindari penggunaan jas hutan jenis tandem atau kalong yang sering kali justru menyulitkan pengendara motor. Solusinya adalah jas hujan celana dengan mode single yang lebih praktis dan nyaman untuk digunakan secara mendadak. Hal lain yang sangat perlu diperhatikan saat berkendara adalah selalu siapkan jas hujan di dalam bagasi motor. Sehingga tetap dapat melanjutkan perjalanan meskipun saat hujan tanpa perlu risau akan basah kuyup.

Jarak pandang menjadi semakin pendek saat hujan membuat jalanan berlubang yang tertutup air menjadi berbahaya bagi pengendara. Keadaan tersebut bisa saja menyebabkan kecelakaan yang sebenarnya memang kerap kali terjadi saat musim hujan. Sehingga pengendara sangat disarankan agar tidak mengerem secara mendadak. Solusinya adalah berkendara dengan kecepatan yang minim dengan tetap menjaga jarak dengan pengendara yang lainnya.

Tips aman berkendara motor saat hujan selanjutnya adalah selalu menyalakan lampu kendaraan. Pasalnya lampu kendaraan akan mempermudah pengendara untuk melihat dengan jelas posisi pengendara lain begitu pula sebaliknya. Sehingga dapat menghindari risiko kecelakaan terutama saat hujan lebat.

Pengendara motor sangat disarankan untuk menepi sejenak saat hujan apalagi saat merasa ada masalah dengan kendaraan tersebut. Tidak perlu memaksakan untuk tetap melanjutkan perjalanan terlebih lagi apabila motor sudah tua. Lantaran pengendara tidak hanya memikirkan masalah kendaraan tetapi juga perlu memperhatikan kondisi tubuh. Lebih baik beristirahat sejenak dengan menepi saat merasa kurang fit. Sebab memaksakan diri mengendarai motor dalam kondisi tubuh yang kurang sehat akan sangat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Tips terakhir agar tetap aman adalah selalu waspada saat berkendara. Pasalnya kondisi jalanan saat hujan akan menjadi kurang bersahabat yang ditambah jarak pandang menjadi pendek. Sehingga pengendara harus terus waspada dengan memperhatikan rambu lalu lintas dan mobilitas dari pengendara yang lainnya. Itu adalah tips aman berkendara motor saat hujan karena harus ekstra hati-hati.

3. Tips aman mengendarai mobil saat konvoi

Hal terpenting dalam konvoi adalah formasi yang dipimpin road captain. Itu merupakan istilah untuk mobil yang berada di paling depan sebagai pemimpin rombongan yang disebut lead car. Rifat mengatakan road captain bukan hanya bertugas mengatur semua mobil rombongan tetapi juga sangat mengerti lokasi, rute dan escape plan. Road captain juga harus selalu mengatur mobil dalam kecepatan konstan agar tidak terjadi progressive speed di belakang konvoi. Lantaran rombongan yang paling belakang akan berkendara dengan kecepatan yang lebih dari mobil di depannya dalam konvoi. Sehingga road captain tidak boleh memiliki kebiasaan untuk speed up dan speed down karena mampu membahayakan rombongan. Selain itu, satu road captain dalam satu rombongan konvoi hanya bisa mengawal maksimal 10 mobil.

Tips Aman Berkendaraan Berbagai Jenis Pada Situasi Apapun Otomotif

Gambar: Sebenarnya tidak ada alasan menggunakan pengawalan atau lampu strobo dalam konvoi hanya untuk selalu didahulukan karena pengawalan hanya untuk rombongan VIP saja dan masyarakat Indonesia sangat sensitif dengan rombongan konvoi di jalan sekarang ini

Pemilik mobil harus memiliki pengetahuan berkendara yang baik terutama saat konvoi. Pasalnya setiap mobil harus berada satu kanan dan satu kiri dalam rombongan atau setidaknya setengah bodi mobil saja condong ke kanan atau ke kiri. Lantaran adanya progressive speed yang mengakibatkan jarak pengereman setiap mobil berbeda-beda dalam konvoi. Sehingga rombongan tidak boleh berjalan dalam satu garis lurus. Tujuannya agar masing-masing mobil masih dapat melakukan manuver ke kanan dan ke kiri ketika terjadi pengereman mendadak.

Tips melakukan konvoi dengan aman dan nyaman dari Rifat Sungkar selanjutnya adalah sweeper yang berada di paling belakang. Tugasnya tidak kalah penting adalah dia harus mengetahui tentang escape plan yang merupakan rute alternatif ketika terjadi sesuatu di jalan.

Hal yang paling penting dari semua itu adalah radio komunikasi. Alat tersebut digunakan untuk melakukan komunikasi antar sesama mobil yang berada dalam rombongan konvoi. Masyarakat Indonesia sangat sensitif dengan rombongan konvoi di jalan sekarang ini. Sehingga sebenarnya tidak ada alasan menggunakan pengawalan atau lampu strobo dalam konvoi hanya untuk selalu didahulukan. Lantaran seharusnya tidak ada istilah pengawalan untuk komunitas atau masyarakat umum karena pengawalan hanya untuk rombongan VIP saja. Jangan menggunakan lampu hazard cukup menyalakan lampu besar sebagai penanda mobil di rombongan konvoi.

Mobil melanju dengan kecepatan yang paling ideal 40 sampai 50 km per jam di jalan raya dalam rombongan konvoi. Dia juga menyarankan agar mobil melaju dengan kecepatan tidak melebihi 80 km per jam di jalan tol. Aturan tentang tiga detik sebagai jarak aman antar mobil tetap harus diperhatikan dalam konvoi karena itu juga teori safety driving. Itu tips aman berkendaraan berbagai jenis pada situasi apapun.

Untuk artikel lainnya mengenai dunia otomotif, silahkan kunjungi Tulizan Otomotif.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Otomotif

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
7 Deretan Fakta Mengenai Wajib Militer di Korea Selatan, Gak Wamil Gak Macho! | YuKepo.com

Mengetahui Usia Wajib Militer di Korea Selatan dan Fakta Lainnya

Kembaran Baju Ala Couple Korea yang Jauh dari Kesan Alay dan Lebay | YuKepo.com

10 Kebiasaan Unik Masyarakat KorSel Yang Ditampilkan Dalam Kdrama