in

Tips Bekerja menggunakan Zoom di Rumah Agar Terlihat Profesional

Agar terlihat rapi dan profesional, kamu perlu menerapkan Tips Bekerja menggunakan Zoom di Rumah agar klien yakin bahwa kamu orang yang tepat untuk diajak kerja sama atau agar rekan kerja melihatmu sebagai pribadi yang menyenangkan. Kini, melakukan rapat dengan aplikasi zoom memang sudah sangat umum mengingat pandemi virus corona masih belum usai. Nah, jika pekerjaan menuntut kamu untuk sering menggunakan zoom, terapkanlah tips berikut agar terlihat rapi.

  • Temukan Tempat yang Tenang

    Setelah mengunduh Zoom, selanjutnya kamu perlu memastikan mikrofon dan kamera berfungsi dengan baik agar semua orang yang melakukan Zoom dapat mendengar suaramu dengan jelas. Ini berarti kamu perlu menemukan tempat yang tenang. Idealnya, kamu perlu mengatur tempat tidur, ruang kerja atau ruangan lain yang tidak ada seorang pun saat kamu melakukan zoom meeting.

    Adalah ide yang baik untuk memiliki ruangan cadangan jika terjadi hal-hal tak terduga, seperti suara hewan peliharaan atau anak menangis. Jika tidak mungkin, gunakanlah ruangan yang tidak dapat diakses oleh orang lain. Sedangkan bila kamu harus melakukan rapat dan berbagi ruangan dengan teman sekamar, usahakan untuk menempatkan kamera sedemikian rupa sehingga tidak ada rekan kerja yang melihat teman sekamar sedang melakukan aktivitas.

  • Gunakan Background yang Bersih dan Jelas

    Setelah kamu menemukan tempat yang tenang, langkah selanjutnya adalah kamu perlu background yang bagus, di mana ini menjadi sangat penting saat zoom meeting. Idealnya, kamu perlu background yang bersih dan jelas, dan disarankan adalah dinding berwarna putih di belakang kamu. Dinding ini dapat termasuk hasil seni, tanaman, atau kumpulan buku.

    Apapun yang ada di belakang kamu tidak seharusnya terlalu mengganggu perhatian orang lain yang ikut rapat. Untuk tips bekerja menggunakan Zoom di rumah, jangan terlalu banyak menaruh hiasan, terlalu cerah atau terlalu ngejreng karena itu bisa merusak konsentrasi. Dan biarpun kamu tergoda untuk mengunggah jepretan alam favorit atau foto pribadi lalu menggunakannya sebagai background, tahanlah godaan ini. Ini tidak akan secara otomatis membuatmu terlihat profesional di depan klien dan rekan kerja.

  • Lihat ke Kamera, Bukan ke Bawah

    Tips Bekerja menggunakan Zoom di Rumah Agar Terlihat Profesional Karir
    Gambar: Melihat ke kamera saat Zoom meeting (Sumber: https://www.donnasantos.com/17-zoom-meeting-video-tricks/)
    Sama penting seperti halnya backgroud, kamu juga perlu memosisikan komputer atau laptop dengan pas. Praktik terbaiknya adalah dengan memastikan kamera berada pada atau tepat di atas ketinggian mata sehingga kamu melihat ke atas atau tepat pada kamera. Kesalahan umum yang sering terjadi saat melakukan video konferensi adalah dengan memosisikan kamera yang membuatmu melihat ke bawah.

    Sebagian pengguna Zoom baru duduk di depan meja dan meletakan laptop tepat di atasnya. Hal ini pun akan membuat orang lain yang sedang rapat hanya bisa melihat bagian dagu. Dan yang lebih buruk lagi malah melihat dua lubang hidung. Bila kamu melakukannya, ini akan membuatmu terlihat tidak profesional. Jadi, tips bekerja menggunakan Zoom di rumah pada poin ini perlu diperhatikan.

    Kalau sulit, tumpuk beberapa buku tebal atau plang kayu dan letakan laptop diatasnya. Untuk menguji bagaimana posisi kamu pada layar, kamu bisa membuka Zoom, photo booth, atau aplikasi lain yang menggunakan kamera kamu. Kemudian sesuaikan, tambahkan buku, sampai kamu terlihat sedikit di ke bawah kamera dan dagu paralel pada bagian dasar.

  • Pencahayaan yang Bagus

    Melakukan video konferensi di rumah pun harus mempertimbangkan faktor pencahayaan yang bagus. Ini memang agak sulit sehingga kamu perlu bereksprimen mencari tempat dengan spot di rumah dengan pencahayaan bagus, misalnya dekat jendela sehingga cukup memberi penerangan dan klien pun dapat melihat wajahmu dengan jelas. Ingatlah bahwa terlalu banyak cahaya di atas kepala akan membuat wajah kamu nampak terlalu cerah.
    Namun jika terlalu banyak cahaya pada background akan membuat wajahmu terlihat terlalu gelap. Jadi, jangan menaruh komputer tepat di bawah lampu. Triknya di sini adalah dengan menempatkan lampu dan memosisikannya tepat di belakang dan samping laptop. Hal ini pun akan menerangi wajah kamu tanpa harus bergantung pada banyak cahaya di atas kepala atau backround.

    Bila memungkinkan, sebagai tips bekerja menggunakan Zoom di rumah kamu dapat duduk menghadap sebuah jendela yang besar. Bila harus melakukan rapat di siang hari, cahaya alami hampir selalu menjadi yang lebih baik daripada cahaya artifisial. Sebagai panduan, pastikan bila sumber cahaya ada di depanmu, bukan di belakang. Dengan begitu kamu tidak akan membentuk siluet secara tidak disengaja.

  • Tidak Apa-apa Untuk Terlihat Dekat

    Tips Bekerja menggunakan Zoom di Rumah Agar Terlihat Profesional Karir
    Gambar: Rapat dengan Zoom (Sumber:
    https://www.sandiegouniontribune.com/business/story/2020-06-01/now-that-were-all-zooming-how-you-look-matters-much-more)
    Tidak masalah bila kamu hanya memperlihatkan bagian bahu ke atas saat bekerja menggunakan zoom, atau sepertiga bagian atas tubuh. Idealnya, wajah kamu akan menjadi objek fokus utama. Dengan begitu, klien yang sedang diajak rapat dapat melihat mata dan tahu bagaimana ekspresi wajahmu. Kamu juga tentu ingin melihat ekspresi wajah dari orang yang kamu ajak rapat, bukan?

    Isyarat visual ini akan lebih baik dari meniru percakapan tatap muka dan membuat jalannya rapat terlihat natural. Meskipun sekarang adalah waktu untuk melakukan social distancing, namun di kamera akan jauh lebih baik jika kamu terlihat dekat di kamera. Kamu akan lihat perbedaan saat berbicara dengan orang yang duduk dekat kamera dan orang yang duduk jauh dari kamera.

  • Lihatlah Tepat ke Kamera

    Tips bekerja menggunakan zoom di rumah selanjutnya mungkin agak sulit untuk diingat, tetapi ini menjadi sangat penting untuk mencoba melihat pada kamera, bukan pada image sendiri di layar, atau bukan pada klien yang sedang diajak bicara. Ketika kamu meliht langsung ke arah kamera, kamu akan tampak seperti halnya sedang melihat mata dari orang yang kamu ajak rapat secara langsung. Biarpun begitu, tidak masalah bila sesekali kamu melihat image dari orang yang ada di layar.

  • Pakai Mikrofon Berkualitas

    Ini semua bukan tentang penampilan. Namun kualitas suara yang bagus menjadi sangat penting saat melakukan rapat di Zoom. Kamu dapat mulai dengan meletakan mikrofon beberapa inch di bawah mulut sehingga orang-orang dapat mendengarmu dengan jelas. Singkirkan semua gangguan pada background sebelum memulai rapat, seperti suara hewan peliharaan atau anak-anak. Juga, pertimbangkan untuk menginvestasikan mikrofon dan headphone berkualitas tinggi yang dapat meningkatkan kualitas suara dengan kinerja sangat jernih.

  • Ada Tombol ‘Mute’

    Gunakan tombol ini. Cegah suara-suara lain saat rapat dari mendengar semua kebisingan background rumah. Memang benar bila sekarang sedang populer karyawan bekerja dari rumah, tetapi rekan kerja dapat terganggu bila mendengar suara keras dari toilet, atau teriakan dari anggota keluarga yang lain. Memakai headset dengan mikrofon, bahkan bila harganya murah dapat meningkatkan kualitas suara kamu secara dramatis.

Jadi, bila kamu baru pertama kali melakukan Zoom meeting, akan perlu waktu untuk terbiasa dengan poin-poin di atas. Namun jika kamu tetap berusaha, pada akhirnya kamu akan menemukan banyak manfaat melakukan rapat dengan Zoom. Dengan tahu tips bekerja menggunakan Zoom di rumah di atas, kamu pun akan lebih siap melakukan rapat dengan klien dan rekan kerja. Untuk tips karir lainnya, kamu bisa kunjungi Tulizan Karir.

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Karir

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Tips fashion minimalis

Tips Fashion Minimalis Saat Pandemi

9 DIY Face Masks for Every Skin Type in 2020 - Homemade Mask Recipes

7 Masker Alami untuk Kulit yang Mudah dan Murah