in

Tips Cara Menyambungkan HP ke TV

Di beberapa kesempatan, kita mungkin perlu untuk menyambungkan ponsel ke TV. Misalnya untuk presentasi. Kita juga mungkin ingin menyambungkannya untuk menikmati fitur ponsel di layar yang lebih besar lagi. Para pengembang seperti IT developer mungkin ingin menyambungkan hp ke tv untuk melakukan testing performance. Ada juga youtuber game yang menyambungkan layar hp ke tv untuk menampilkan permainannya di layar. Lantas, bagaimana sebenarnya cara menyambungkan hp ke tv? Apakah kita perlu aplikasi pihak ketiga untuk menghubungkannya? Lalu apakah ada persyaratan kompatibilitas yang harus kita penuhi untuk bisa melakukannya.

Penggunaan Kabel

Saat menghubungkan ponsel pintar dengan TV, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Salah satunya adalah penggunaan kabel. Kita bisa menghubungkan smartphone ke TV menggunakan kabel maupun jaringan tanpa kabel. Cara yang paling mudah untuk menghubungkan smartphone ke TV adalah menggunakan kabel HDMI. Selain paling mudah, cara ini juga paling aman, karena tidak ada interupsi yang kita terima selama menghubungkan ponsel kita ke TV. Berbeda dengan jaringan tanpa kabel dimana selalu akan ada kemungkinan interupsi pihak ketiga di tengah – tengah proses. Oleh karena itu, para pelaku bisnis dan pemerintahan, lebih menyukai cara ini dibandingkan tanpa kabel. Apalagi jika mereka sedang melakukan presentasi yang mengharuskan mereka untuk share data – data penting.

Tips Cara Menyambungkan HP ke TV Gadget

Biasanya setiap TV atau monitor memiliki port untuk memasukkan kabel HDMI. Sayangnya, ponsel pintar kita tidak mungkin memiliki port HDMI karena ukurannya besar. Caranya, kamu bisa menggunakan adaptor yang bisa menghubungkan kabel HDMI dan menyambungkan USB port tipe C atau micro USB ke ponsel kamu. Banyak pasaran yang menjual Adaptor tersebut. Jika kamu menghubungkan tablet dan bukan ponsel, kamu bisa menggunakan kabel HDMI dengan port yang lebih kecil, atau kembali menggunakan adaptor dengan port yang sesuai.

Memindahkan File dengan USB

Beberapa TV juga mampu melakukan transfer data karena memiliki port USB. Selain memasukkan flashdisk, kamu juga bisa menghubungkan ponsel kamu dengan TV. Selanjutnya, kamu harus memindahkan file tersebut ke dalam folder atau storage di TV. Setelah itu, kamu tinggal membuka file seperti biasa.

Tips Cara Menyambungkan HP ke TV Gadget

Cara menyambungkan HP ke TV menggunakan Kabel HDMI

Untuk kamu yang masih bingung bagaimana cara menyambungkan hp ke tv, kamu bisa mengikuti langkah – langkah berikut ini.

  1. Untuk alasan keamanan, matikan TV kamu terlebih dahulu sebelum memulai proses
  2. Hubungkan ponsel dengan cara menancapkan port Micro USB/Type C ke ponsel dan kabel HDMI ke port HDMI TV.
  3. Kamu bisa menyalakan kembali TV kamu. TV yang sudah kompatibel dengan kabel HDMI akan mengetahui apakah ada ponsel yang terhubung ke TV melalui kabel HDMI. Sistem di TV akan menampilkan pilihan tersebut. Kemudian, pilih atau tandai pilihan dan enter. Pilihan biasanya tertulis sebagai ‘HDMI Connection’.
  4. Kita langkah 1 hingga 3 sudah kamu ikuti dengan baik, selanjutnya kamu pasti akan melihat tampilan ponsel kamu juga muncul di layar TV. Jika ternyata tidak muncul, pastikan bahwa ponsel kamu tidak dalam keadaan terkunci.

Jika kamu merasa layarnya sangat kecil, kamu juga bisa mengatur layar landscape pada ponsel agar hal yang sama muncul di layar televisi.

Tidak semua monitor TV bisa menjalankan fitur yang sama. Meskipun beberapa TV bisa memiliki USB port, tetapi belum tentu bisa menampilkan transmisi layar hp ke tv. Beberapa TV yang bisa kamu gunakan untuk menampilkan layar hp sebagai referensi adalah LG Smart TV, Samsung Smart TV, Sony Bravia Smart TV, ASUS Zenfone, Lenovo, LG Optimus, Vandroid E1C, Xiaomi, Nexus, dan masih banyak lagi. Beberapa TV ini memiliki menu khusus sehingga kamu bisa dengan menjalankan cara menyambungkan hp ke tv tadi.

Penggunaan Miracast

Tips Cara Menyambungkan HP ke TV Gadget

Selain menggunakan kabel, cara menyambungkan hp ke tv lainnya adalah menggunakan aplikasi tanpa kabel bernama Miracast. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis di Google Play Store, Melalui aplikasi ini, kamu bisa menampilkan screen ponsel kamu ke TV atau monitor yang lebih besar menggunakan jaringan wireless display seperti Smart TV atau Wireless display adapter.Untuk bisa menjalankan fungsi ini, TV kamu harus mendukung Wireless Display dan terhubung ke dalam satu jaringan yang sama.

Setelah kamu berhasil menginstall aplikasi Miracast di laptop, kamu tinggal buka aplikasi dan pilih channel ‘TV’ untuk bisa menampilkan layar. Proses ini jauh lebih mudah. Untuk kamu yang berprofesi sebagai sales produk perangkat lunak aplikasi Android dan iphone sangat, kamu bisa menggunakan aplikasi Miracast. Kamu bisa memperlihatkan bagaimana aplikasi bekerja kepada pelanggan melalui layar yang lebih besar sehingga audiens juga bisa lebih banyak. Tips penting yang harus kamu catat adalah pastikan ponsel kamu menggunakan firewall dan security yang mumpuni. Kamu juga bisa menggunakan ponsel khusus untuk pekerjaan kamu agar terhindar dari hijack.

Selain Miracast, kamu juga bisa menggunakan Google Chromecast atau Roku Streaming Stick. Kamu tinggal menghubungkannya ke TV kamu dengan menyambungkan ke port HDMI di TV. Kamu bisa menghubungkan perangkat ini dengan ponsel android OS diatas 4.4.2.

Google Chromecast sebenarnya tidak bisa melakukan screen mirroring, tetapi bisa memungkinkan akses internet dan streaming multimedia. Bagaimana cara menggunakan Chromecast?

  1. Kamu harus mengunduh aplikasi Chromecast melalui Google Play Store terlebih dahulu di ponsel yang akan kamu gunakan.
  2. Aktifkan Wifi ponsel kamu
  3. Ganti jaringan atau channel TV yang akan kamu gunakan monitornya ke HDMI menggunakan remote control.
  4. Sinkronisasi TV dengan ponsel kamu. Sistem mungkin akan meminta kamu untuk memasukkan kode akses. Proses sinkronisasi tidak berlangsung lama.

Aplikasi lain yang mendukung cara menyambungkan HP ke TV

Tips Cara Menyambungkan HP ke TV Gadget

Banyak orang memang mengandalkan Miracast untuk menghubungkan ponsel mereka ke TV. Namun, masih ada beberapa aplikasi lagi yang bisa kamu gunakan, diantaranya All share, Wi-Di, dan AirPlay. All share merupakan aplikasi screen sharing besutan Samsung. Kamu tidak hanya bisa menampilkan layar ponsel ke TV, tetapi juga laptop, atau tablet. Semua perangkat ini bisa menampilkan layar yang sama dalam waktu yang bersamaan. Allshare memiliki beberapa fitur diantaranya, instant play, remote access device, dan web storage access.

Sedangkan Wi-Di merupakan singkatan dari Wireless Display. Intel mengembangkan teknologi ini pada tahun 2006 lalu. Wi-Di memungkinkan kamu untuk stream musik, video, film, foto, maupun aplikasi tanpa kabel. Teknologi ini kompatibel dengan komputer dan HDTV.

Ternyata ada banyak cara menyambungkan HP atau ponsel pintar ke TV. Baik menggunakan kabel maupun aplikasi tanpa kabel. Ingat untuk selalu memastikan kompatibilitas ponsel dan TV yang akan kamu gunakan serta memperhatikan security. Perhatikan aplikasi yang kamu gunakan agar tidak terkena virus berbahaya.

Untuk informasi, tips serta trik untuk smartphone dan gadget lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Gadget.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Gadget

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Rekomendasi Anime Shonen Yang Wajib Kamu Tonton

Hubungan Asmara Seo Ye Ji dan Kim Jung Hyun Terbongkar

Alasan Kim Jung Hyun Ramai Diperbincangkan Karena Kasus Ini!