in

Tips Cara Zoom Meeting di Laptop untuk Pemula

Di masa yang serba canggih ini, orang – orang dapat saling terkoneksi satu sama lain hanya menggunakan jaringan internet. Masing – masing dari kita tetap saling terhubung bahkan dapat melakukan pertemuan secara virtual atau daring. Dengan kecanggihan teknologi itu, banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah saja, bahkan bisnis tetap berjalan meskipun pegawainya bekerja secara remote tanpa adanya kantor. Hal tersebut banyak dilakukan oleh para digital marketing agency, penulis, maupun bisnis – bisnis startup lainnya. Untuk melakukan pertemuan dan membicarakan seputar pekerjaan, mereka biasanya menggunakan platform online misalnya saja zoom. Zoom adalah platform meeting online yang masih sangat baru. Zoom ditemukan pada tahun 2011 oleh Eric Yuan, Chairman sekaligus CEO Zoom Video Communication, Inc. Ternyata meskipun zoom sudah booming, masih banyak pemula yang tidak mengetahui cara zoom meeting di laptop.

Cara menggunakan zoom untuk meeting skala kecil maupun skala besar sangat mudah. Zoom menyediakan fungsi – fungsi basis di depan untuk pengguna secara gratis dengan beberapa batas pemakaian. Kemudian, bagi pengguna yang ingin melanjutkan penggunaan yang lebih advanced, zoom menyediakan mode subscription dengan keuntungannya masing – masing. Buat kamu yang masih pemula, yuk kita simak apa saja yang bisa kamu lakukan di zoom dan bagaimana caranya.

Bagaimana Join Zoom tanpa Install

Pengguna bisa mengikuti meeting di zoom tanpa harus menginstal aplikasi ini. Pengguna hanya memerlukan link yang digunakan untuk masuk ke dalam zoom. Caranya sangat mudah. Saat pengguna sudah memiliki link, pengguna bisa menyalin URL nya ke browser dan mengaksesnya. Saat halaman sudah loading secara sempurna, pengguna bisa mengklik bagian ‘Join from your browser’. Biasanya untuk menampilkan pilihan ini, pengguna bisa mengklik download aplikasi terlebih dahulu. Tidak masalah jika pengguna mendownload aplikasi dan tidak menginstalnya. Pengguna hanya mengklik download aplikasi untuk mentrigger munculnya ‘Join from your browser’. Sehingga, pengguna bisa masuk dan mengikuti meeting tanpa harus menginstal aplikasi.

Tips Cara Zoom Meeting di Laptop untuk Pemula Aplikasi & Software

Tips jadi Speaker

Pengguna juga mungkin bisa menjadi speaker dalam meeting atau pertemuan online. Pengguna bisa seseorang yang memimpin rapat online, atau bertindak sebagai moderator. Oleh karena itu, pengguna harus melakukan beberapa hal yang tidak biasa, seperti harus share screen, berbicara menggunakan mic, dan lain sebagainya. Jika pengguna merupakan pembicara untuk acara yang lebih besar seperti seminar, pembicara mungkin tidak hanya perlu share screen tetapi juga mengubah layar menjadi backdrop sponsor, harus menjawab pertanyaan, dan lain sebagainya. Pengguna mungkin memerlukan tips atau informasi tambahan berikut ini.

Tips Cara Zoom Meeting di Laptop untuk Pemula Aplikasi & Software

  • Share Screen

Sebagai pembicara, pengguna biasanya harus share screen untuk memperlihatkan slide presentasi, atau aplikasi lain yang terdapat di laptop pengguna. Saat berada dalam meeting online di zoom, pengguna dapat membagikan beberapa jenis konten. Pertama, pengguna bisa membagikan seluruh screen laptop, ponsel, atau gadget apapun yang saat itu pengguna gunakan. Artinya, pengguna bisa membagikan pergerakan apapun di gadget tersebut kepada peserta yang lain di dalam zoom.

Kedua, pengguna dapat membagikan atau menampilkan hanya satu atau lebih konten aplikasi tertentu. Misalnya karena pengguna hanya akan melakukan presentasi dan memperlihatkan sebuah video selama presentasi, pengguna dapat memilih untuk hanya memperlihatkan aplikasi powerpoint dan video selama menjadi pembicara dan share screen. Selanjutnya, pengguna dapat membagikan hanya beberapa potong dari screen pengguna. Kemudian, pengguna juga bisa membagikan whiteboard, device audio, content yang berada di kamera kedua, dan screen ponsel baik itu iphone maupun android. Cara menggunakan fitur share screen pada zoom meeting di laptop sebenarnya sangat mudah.

Semua fitur share screen beserta pilihannya terdapat di bawah fungsi ‘Share Screen’. Pengguna bisa mengklik bagian ‘Share Screen’ Kemudian begitu jendela muncul, pengguna bisa mencari pilihan tersebut di tab basic maupun advanced. Untuk membagikan porsi tertentu dari screen dan music atau audio dalam komputer, pengguna bisa menggunakan fitur di bawah tab advanced.

Tips Cara Zoom Meeting di Laptop untuk Pemula Aplikasi & Software

Sumber: i1.wp.com
  • Virtual Background

Dalam sebuah acara resmi, biasanya pembicara menggunakan backdrop tertentu untuk mempromosikan acara tersebut. Pengguna bisa menggunakan fitur virtual background untuk mengganti latar belakang pengguna saat mengaktifkan mode kamera. Pengguna bisa menggunakan fitur ini dengan mengakses menu navigasi dan masuk ke dalam menu pengaturan atau settingan. Kemudian pada bagian tab ‘Meeting’ pengguna bisa masuk ke dalam menu ‘Virtual Background’ dan pastikan bagian toggle di samping kanan virtual background sudah aktif. Selanjutnya, pengguna bisa memilih background image yang ingin digunakan. Pengguna juga bisa menambahkan image sendiri jika tidak ingin menggunakan image atau gambar yang tersedia.

Untuk acara besar, admin zoom juga bisa saja sudah mengatur penggunaan background untuk semua pengguna yang nantinya akan hadir dan menjadi pembicara dalam zoom meeting tersebut. Selain image, zoom juga menyediakan mode virtual background dalam bentuk video. Cara zoom meeting menggunakan background image di laptop sebenarnya cukup mudah bagi pengguna.

  • Chatting

Selama meeting berlangsung, pengguna biasanya mendapatkan akses untuk melakukan chatting di aplikasi. Pengguna biasanya menggunakan fitur chatting untuk berkomunikasi satu sama lain, mengabarkan, menjawab, dan mengajukan pertanyaan. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna hanya butuh masuk ke tab chat yang biasanya berada di ikon bawah aplikasi zoom untuk layar laptop.

Sebagai pembicara, pengguna dapat menggunakan kolom chat untuk berkomunikasi dengan audience, menjawab pertanyaan, dan menginformasikan apapun.

  • Check Audio dan Video

Sebagai pembicara, sebaiknya pengguna memeriksa terlebih dahulu fungsi audio dan video pengguna. Apakah transmisi berjalan dengan lancar atau tidak. Apakah audience bisa mendengar suara dan melihat video pengguna dengan baik. Penting untuk memastikan hal ini agar pembicara tidak terlanjur memulai presentasi sementara audience belum mendengar apapun. Sayang jika pembicara harus terpaksa mengulang materi.

Tips jadi Host

Selain audience dan pembicara, kita juga memiliki host di dalam meeting online. Host bisa merupakan admin, atau co-admin. Untuk detailnya, pengguna bisa melihat panduan lengkap dari zoom di website resmi. Singkatya, host bertanggung jawab tidak hanya selama meeting online di zoom berlangsung tetapi juga sebelum dan sesudah meeting online tersebut. Ada beberapa hal yang pengguna lakukan sebagai host dan masing – masing memiliki peranan penting dalam menjaga kelancaran meeting. Cara zoom meeting di laptop untuk host mungkin sedikit berbeda karena peranannya sebagai adminTips Cara Zoom Meeting di Laptop untuk Pemula Aplikasi & Software

  • Scheduling

Peranan host yang paling pertama adalah menjadwalkan meeting, melakukan pengaturan, dan memastikan undangan meeting sampai kepada audience dengan format yang mudah dan dimengerti. Pengguna yang berperan sebagai host dapat mengatur scheduling meeting baik dari desktop maupun mobile, web portal, maupun outlook dan google (harus mengintegrasikannya terlebih dahulu).

Untuk mulai menjadwalkan meeting, pengguna hanya perlu mengklik ikon ‘schedule’, kemudian mengisi informasi – informasi yang diperlukan di dalamnya. Mulai dari Topic, Meeting ID, Security, Video, Audio, Calendar, hingga pilihan advanced lainnya seperti mute participants begitu masuk ke dalam zoom, recording otomatis, dan lain sebagainya.

  • Recording

Sebagai host, pengguna harus memastikan apakah meeting perlu direkam. Jika ingin lebih mudah, apakah perlu pengaturan rekam otomatis saat meeting dimulai, dan bagaimana penyimpanan hasil rekaman. Perhatikan fungsi – fungsi yang ada. Terdapat beberapa jenis recording. Participant dapat merekam sendiri meeting jika fungsi ini diaktifkan, rekaman tanpa adanya host, rekaman otomatis, dan lain sebagainya.

  • Chat

Host memiliki privilege yang berbeda terkait chat. Host dapat membalas pesan untuk chat tertentu di dalam chat. Dan host dapat membalas pesan dan mengatur agar balasan pesan tersebut hanya dapat dilihat oleh participant yang menanyakan atau menuliskan chat tersebut.

  • Settings

Sebagai host, tips penting cara zoom meeting di laptop adalah memastikan semua pengaturan sudah sesuai dengan persyaratan meeting. Semakin tinggi kompleksitas subscription maka semakin banyak bagian – bagian yang harus diperiksa oleh seorang host. Mulai dari pengaturan participants saat masuk kedalam ruang meeting, proses dan sirkulasi rekaman, virtual background, dan sebagainya.

Tips Cara Zoom Meeting di Laptop untuk Pemula Aplikasi & Software

Seputar Subscription

Sesuai dengan informasi sebelumnya, pengguna dapat menggunakan zoom secara gratis. Namun, zoom memberikan batasan – batasan. Seperti maksimal participant yang hadir, durasi meeting, dan lain sebagainya. Terdapat 5 jenis plan diantaranya, Basic untuk Personal Meeting, Pro untuk tim meeting yang lebih besar, Business untuk SME (Small Medium Enterprise), dan Zoom United Business yang memungkinkan Meeting, Phone, dan chat dalam satu aplikasi. Zoom juga menyediakan subscription pan untuk mode Enterprise dengan target perusahaan skala besar. Masing – masing memiliki keuntungan sendiri dan harga yang berbeda.

Zoom juga menawarkan plan yang sifatnya tambahan seperti audio plan, cloud storage, dan large meeting. Cara menggunakan zoom meeting di laptop mungkin bisa semakin rumit tergantung dengan subscription yang digunakan.

Cara zoom meeting di laptop untuk fungsi – fungsi basic sangat mudah. Apalagi, zoom juga sudah memberikan panduan yang lengkap di website resmi. Sehingga, jika pengguna merasa kesulitan terhadap fungsi atau fitur tertentu, pengguna bisa langsung mengakses langkah – langkah di website resmi. Pengguna juga bisa menanyakan langsung ke customer service melalui fungsi chat.

Untuk informasi seputar software dan aplikasi lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Software & Aplikasi

What do you think?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Trending Drama Korea Joseon Exorcist, Ini Biodata/ Profil Kim Dong Jun Member ZE:A, Pemeran Byeo Ri - Tribun Kaltim

Drama Yang Akan Dibintangi Para Pemeran Joseon Exorcist

Ini 9 Serial TV yang Paling Dikenang Sepanjang Masa