in

Tips Jitu Saat Ikut Audisi Kpop Agar Dilirik Agensi Korea Selatan

Kepopuleran industri musik Kpop di kancah mancanegara memberikan dampak baru bagi masyarakat dunia terutama Indonesia. Tren ini sampai mempengaruhi hobi baru seperti mendengarkan lagu, menonton drama, menggemari artis hingga tertarik pada budaya Korea Selatan. Tidak hanya itu bahkan di kalangan kaula muda menciptakan cita-cita baru untuk dapat debut menjadi seorang idol Kpop. Sebenarnya kebanyakan dari mereka merupakan para penggemar yang terpesona dengan kesuksesan industri Kpop yang memiliki masa depan cerah. Harapannya tentu debut di bawah naungan agensi besar Korea Selatan seperti HYBE Label, SM Entertaiment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment. Namun, sebenarnya mendapatkan kesempatan berkarir dari agensi mana pun tentu sudah sangat membanggakan. Lagi pula ada beberapa tips jitu saat ikut audisi Kpop agar dilirik agensi besar Korea Selatan.

Fakta tentang susahnya menjadi idola Kpop adalah kemampuan bernyanyi dan menari yang didukung penampilan rupawan sama sekali tidak cukup. Pasalnya semua kelebihan tersebut tidak otomatis menjadikan seseorang sebagai idola karena ada serangkaian proses yang harus dilalui. Memang industri hiburan Korea Selatan sedikit berbeda dengan negara lain. Lantaran mereka memiliki sistem tersendiri untuk mempersiapkan seseorang layak debut menjadi seorang artis khususnya idol Kpop. Sistem tersebut mengharuskan untuk mengikuti rangkaian pelatihan setelah lolos audisi untuk menambah skill lainnya sesuai kebijakan agensi.

Tips Jitu Saat Ikut Audisi Kpop Agar Dilirik Agensi Korea Selatan K-Pop

Gambar: Jungkook BTS saat menjalani audisi

Ada beberapa daftar audisi yang dilaksanakan secara global dari agensi Korea Selatan. Seperti The Plus Global Audition dari HYBE Label yang menaungi BTS dan TXT. SM Global Audition dari SM Entertainment yang menaungi BoA, TVXQ, Super Junior, SNSD, SHINee, F(x), EXO, Red Velvet, NCT, dan Aespa. Selanjutnya audisi dari YG Entertainment yang menaungi Big Bang, Winner, iKON, dan Blackpink. Lalu audisi dari JYP Entertainment yang menaungi 2PM, GOT7, Twice, Day6, Stray Kidz dan ITZY. Audisi dari KQ Ent Global Audition yang menaungi ATEEZ, Block B, Babylon, Maddox dan Eden. Kemudian audisi dari FNC Entertainment yang menaungi CNBLUE, FT ISLAND, AOA dan N. Flying. Acara Audisi Populer dari MNET Entertainment seperti Producer 101 dan Show Me The Money. Ada juga audisi dari CJ E&M Entertainment yang pernah menaungi I.O.I, Spica, Fromis_9 dan SG Wannabe. Selain itu, audisi dari Cube Entertainment yang menaungi BTOB, CLC, G-IDLE, Pentagon dan Apink dan V-Square Audition.

Agensi-agensi Korea Selatan terus mengadakan audisi global untuk menjaring lebih banyak orang yang memiliki talenta luar biasa dari seluruh dunia. Tentu saja Indonesia sebagai salah satu negara dengan peminat Kpop paling banyak selalu masuk dalam daftar negara penyelenggaraan audisi global. Seandainya kamu adalah salah satu pecinta Kpop yang bercita-cita debut menjadi idol di Korea Selatan maka gunakan kesempatan tersebut. Atau mungkin kamu masih merasa ragu karena kurang percaya diri? Atau kamu takut tidak lolos audisi? Sebenarnya tidak ada yang salah dengan kegagalan karena kalau jatuh bisa bangkit lagi. Hal terpenting adalah tidak hanya berfokus pada kekurangan diri yang menyebabkan selalu mencari-cari alasan untuk tidak mencoba. Seharusnya adalah terus memaksimalkan kelebihan diri dengan tidak merasa takut apalagi minder. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui tips-tips yang dapat membantumu untuk meraih cita-cita menjadi idol Kpop.

Berikut ini adalah lima tips jitu saat ikut audisi Kpop agar dilirik agensi Korea Selatan :

Tips Jitu Saat Ikut Audisi Kpop Agar Dilirik Agensi Korea Selatan K-Pop

Gambar: Sebelum menjadi idol Kpop perlu mengikuti audisi terlebih dahulu

1. Melakukan lebih dari satu kemampuan dalam video audisi

Semua proses audisi global biasanya dilakukan secara online yang diarahkan langsung oleh agengsi di website resmi mereka. Sebenarnya prosedur audisi cukup sederhana karena peserta hanya perlu mengirim video audisi setelah mengisi biodata dan memenuhi persyaratan. Video tersebut berupa menyanyi, menari, melakukan rap, memainkan alat musik sampai berakting. Tips agar video audisi terpilih adalah melakukan dua hingga tiga skill secara bersamaan dalam rekaman tersebut. Seperti bernyanyi sambil menari atau bernyanyi sambil bermain alat musik. Selain itu, perlu juga menunjukan skill unik lainnya untuk mendapatkan poin tambahan seperti menirukan penyanyi atau rapper terkenal.

2. Memperkenalkan diri dengan setidaknya dua bahasa

Seandainya kamu merasa memiliki kemampuan berbahasa asing yang cukup baik maka jangan ragu untuk menunjukkannya dalam video audisi. Pasalnya sebagian besar peserta audis global yang berhasil debut menjadi seorang idol Kpop minimal dapat berbicara dua bahasa secara lancar. Seperti Indonesia dan Inggris atau Indonesia dan Korea atau lebih baik lagi mampu berbahas Indonesia, Inggris dan Korea sekaligus. Apalagi kepopuleran Kpop yang semakin mendunia memberikan kesempatan bagi peserta yang dapat berbahasa selain bahasa negara asal dilirik oleh agensi. Khususnya mereka yang menguasai bahasa dari negara dengan peminat Kpop terbanyak seperti Thailand, Jepang, Cina, Inggris dan Amerika Serikat.

3. Mengenakan pakaian yang sopan

Penampilan juga menjadi faktor penilaian audisi sama seperti wawancara kerja pada bidang pekerjaan lainnya. Sehingga percuma pandai bernyanyi dengan wajah rupawan apabila tata krama nol apalagi nilai kesopanan sangat dijunjung tinggi di Korea Selatan. Peserta audisi sebaiknya tidak berpakaian secara sembrono saat merekam video. Tips saat ikut audisi Kpop adalah mengenakan pakaian semi formal yang tidak hanya enak dilihat tetapi juga tetap terlihat sopan. Beberapa pilihan untuk peserta seperti kemeja dipadukan dengan celana jeans atau dress sedang yang agak longgar.

Tips Jitu Saat Ikut Audisi Kpop Agar Dilirik Agensi Korea Selatan K-Pop

Gambar: Korea Selatan sangat menjunjung tinggi nilai kesopanan

4. Mengatakan ketertarikan terhadap Korea Selatan

Tips selanjutnya adalah menunjukkan ketertarikan terhadap Korea selain Kpop dengan mengatakannya pada bagian perkenalan di video audisi. Tentu saja sedikit penjelasan yang disampaikan dengan baik dan tertata. Sebab tentu saja setiap negara merasa lebih senang saat memperkerjakan orang asing yang mencintai negara mereka seperti negara sendiri. Selain itu, peserta juga menunjukan rasa hormat kepada orang-orang di Korea Selatan dengan menunjukkan ketertarikan terhadap kebudayaan dan sejarah mereka.

5. Berperilaku atau berbicara yang sesuai dengan orang Korea Selatan

Korea Selatan sangat menjunjung tinggi nilai kesopanan sehingga peserta perlu mempelajari gerakan tubuh yang harus dilakukan saat memperkenalkan diri. Selain itu, peserta juga disarankan untuk mencoba berperilaku atau berbicara yang sesuai dengan orang Korea Selatan. Hal yang paling umum adalah tidak lupa membungkuk badan utnuk mengawali perkenalan. Peserta juga harus selalu meletakkan kedua tangan di depan karena gestur menaruh tangan di belakang dinilai tidak sopan. Pasalnya juri yang menilai video audisi pasti orang-orang yang lebih tua dari peserta. Etika lainnya yang tidak boleh lupa adalah selalu mengucapkan terima kasih baik setelah menunjukkan bakat maupun mengakhiri video. Tips terakhir ini sangat penting karena percuma berbicara tentang Korea Selatan panjang lebar apabila tidak melakukan hal yang paling mendasar. Itu adalah lima tips jitu saat ikut audisi Kpop agar dilirik agensi Korea Selatan.

Untuk informasi lainnya tentang dunia K-Pop lainnya, kunjungi Tulizan K-Pop.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Expert

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Knives Out: Exit James Bond, Enter Benoit Blanc - The Newnan Times-Herald

Membuat Plot Twist Ending Yang Artinya Akhir Cerita Mengejutkan

Movie Review: The Amazing Spider-Man

10 Daftar Istilah Penting Yang Sering Digunakan Dalam Film