in

Tips Mengantisipasi Lowongan Kerja Palsu dan Penipuan Pekerjaan

Dilansir dari themuse.com, The Better Business Bureau atau BBB menganggap lowongan kerja palsu sebagai penipuan ketenagakerjaan paling berisiko di tahun 2018. Lebih lagi, pandemi virus korona menjadi lahan basah bagi para pelaku penipuan. Dalam laporannya di bulan April 2020 lalu, BBB menemukan bahwa risiko penipuan pekerjaan terus mengalami peningkatan.

Apa Itu Lowongan Kerja Palsu?

Lowongan kerja palsu merupakan lowongan pekerjaan yang diposting dengan tujuan menipu. Mereka melakukan hal tersebut untuk mendapatkan keuntungan atau mengejar informasi pribadi korban.

Pelaku penipuan biasanya akan melakukan wawancara online. Memberikan formulir pekerjaan yang berisi informasi identitas pribadi. Mereka juga meminta target untuk melakukan tugas pekerjaan terkait.

Penipuan ini umumnya memosting jenis pekerjaan paruh waktu hingga pekerjaan tetap. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, mereka menyasar korban yang mencari lowongan pekerjaan remote.

Untuk melindungi diri dari penipuan pekerjaan, Anda harus mengetahui jenis penipuan yang paling umum terjadi. Apa saja yang harus dilakukan dan dihindari ketika mencari pekerjaan, juga langkah apa yang harus diambil jika menjadi korban penipuan.

Jenis-Jenis Lowongan Kerja Palsu dan Bentuk Penipuan Pekerjaan

Apa saja bentuk penipuan pekerjaan yang paling umum terjadi? Berikut adalah empat jenis penipuan dan lowongan kerja palsu yang mesti diperhatikan.

Pemroses Paket atau Pengirim Ulang

Dikuti dari themuse.com, survei BBB pada bulan April 2020, melaporkan bahwa tawaran pekerjaan sebagai “koordinator redistribusi gudang” yang melibatkan pengiriman ulang paket sering kali membeli barang dengan kartu kredit curian.

Pencuri menggunakan alamat Anda untuk mengirimkan barang-barang keren. Entah itu ponsel, komputer, atau iPad. Mereka membayar Anda untuk mengirimnya kembali dimana barang tersebut biasanya dikirim ke luar negeri. Ini seolah-olah Anda membantu pencuri memperdagangkan barang curian. Tidak jarang penipu tersebut menyamar sebagai pengecer terkenal.

Perakit Produk

Pekerjaan apa pun yang mengharuskan Anda menyatukan produk di rumah untuk dikirim, berkemungkinan itu adalah penipuan. Mereka akan meminta pembayaran suku cadang dan produk di muka. Mereka juga tidak mengembalikan uang sampai produk dikirim.

Pembeli Misterius

Dibayar untuk berbelanja itu terdengar menarik. Beberapa pekerjaan pembeli misterius dianggap sebagai hal yang lumrah. Namun berhati-hatilah terhadap penipu yang membayar Anda dengan jumlah yang kecil. Mereka bisa saja meminta memainkan informasi yang Anda berikan seperti rekening dan data pribadi.

Tips Mengantisipasi Lowongan Kerja Palsu dan Penipuan Pekerjaan Karir
Source: z.wmarmenia.com

Kenali Tanda-Tandanya

Terdapat banyak tanda bahaya yang mesti diperhatikan ketika Anda menelusuri daftar lowongan kerja online. Berikut adalah hal umum yang terjadi.

  1. Posting pekerjaan mengklaim bahwa Anda akan menghasilkan jutaan rupiah setiap minggu meskipun bekerja dari rumah. Percayalah bahwa itu adalah hoaks jika pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus bekerja keras.
  2. Kesalahan tata bahasa dan penggunaan tanda baca. Waspadai kesalahan tata bahasa hingga frasa dengan kata-kata yang aneh. Perhatikan tautan situs web yang mengarah ke ‘luar jalur’. Sedikit kesalahan dalam detail ini memang sering diabaikan. Akan tetapi, hal tersebut dapat dijadikan petunjuk apakah itu adalah lowongan kerja palsu atau tidak.
  3. Pengiriman resume tanpa lowongan pekerjaan. Biasanya, para penipu berkedok akan mencocokkan sendiri resume Anda dengan lowongan pekerjaan yang ada. Padahal itu sebenarnya adalah lowongan semu. Berhati-hatilah karena mereka mengincar data pribadi Anda.
  4. Membayar biaya administrasi. Perusahaan dengan kredibilitas tinggi umumnya tidak pernah meminta biaya apapun ketika merekrut karyawan. Jika mereka memberlakukan biaya pendaftaran hingga biaya pelatihan, itu adalah lowongan kerja palsu yang mesti dihindari.
  5. Alamat email yang tidak jelas. Biasanya, perusahaan menggunakan email bisnis dalam setiap urusan internal maupun eksternal perusahaan. Jadi, pertimbangkan lagi jika mereka menggunakan layanan email gratis ketika menghubungi Anda.
  6. Mengatasnamakan perusahaan ternama. Ini yang mesti diwaspadai. Lebih lagi jika lowongan pekerjaan itu diposting oleh perusahaan besar. Cek kembali di website resmi mereka untuk memastikannya.
Tips Mengantisipasi Lowongan Kerja Palsu dan Penipuan Pekerjaan Karir
Source: virtualcoworker.com.ph

Bagaimana Cara Mengantisipasinya?

Ada beberapa cara sederhana untuk mengantisipasi lowongan kerja palsu, di antaranya adalah sebagai berikut.

Don’t!

  • Hindari penggunaan alamat email utama ketika melamar pekerjaan. Buat email dengan kata “pekerjaan” di akhirnya. Alamat tersebut terlihat sah dan Anda akan mendapatkan notifikasi email scams. Itu karena mereka tidak memiliki akses ke akun utama Anda.
  • Jangan berikan informasi bank, nomor kartu kredit, atau nomor jaminan sosial. Berikan informasi tersebut setelah Anda resmi menjadi bagian dari mereka.
  • Jangan mengirim uang atau mencairkan cek yang mereka kirimkan. Pada dasarnya, mereka ingin mencuri uang dari bank dan Anda akan berutang dengan skema yang mereka terapkan di belakang Anda.

Do!

  • Verivikasi orang yang diajak bicara atas perusahaan dan pekerjaan yang dilamar. Jika Anda tidak dapat memverifikasi orang tersebut dengan menghubungi nomor utama perusahaan, Anda harus berasumsi bahwa itu adalah lowongan kerja palsu.
  • Pastikan Anda berurusan dengan perusahaan yang nyata. Periksa apakah mereka memiliki situs web resmi. Jika ya, sudah berapa lama website tersebut dibuat? Jika mereka mengatakan bahwa mereka telah berbisnis lima tahun namun situs web baru dibuat seminggu yang lalu, itu adalah tanda bahayanya.
  • Temukan posting pekerjaan di situs web perusahaan. Sebagian besar perusahaan memiliki laman ‘pekerjaan dan karier’ di situs web mereka. Sehingga harus ada postingan untuk posisi yang sama di sana. Beberapa perusahaan bahkan akan memposting peringatan di halaman pekerjaan tentang lowongan kerja palsu yang mengatasnamakan perusahaan mereka.

Terlanjur Basah

Apa yang harus dilakukan ketika semuanya sudah terlanjur terjadi? Jangan panik dan tenangkan diri Anda sejenak. Lalu, ikuti langkah berikut ini.

  1. Hentikan apa yang Anda lakukan. Jangan mengirimkan pembayaran apapun atau mencairkan cek. Hentikan korespondensi apa pun.
  2. Beri tahu pihak bank jika Anda sudah mencairkan cek, namun Anda baru menyadari itu adalah scam. Selama mereka menentukan bahwa Anda tidak sengaja terlibat dalam aktivitas ilegal, mereka tidak akan mengambil tindakan hukum bagi Anda. Ingatlah bahwa Anda harus mengembalikan uang tersebut. Jika Anda sudah membelanjakannya, bank berkemungkinan akan memberi Anda pilihan untuk menggunakan rencana pembayaran untuk melunasinya. Pastikan untuk melaporkan penipuan tersebut kepada penegak hukum.
  3. Laporkan ke pihak berwajib atau organisasi yang menangani masalah ini. Ketika Anda melaporkan insiden tersebut, sertakan nama perusahaan dan orang yang berkomunikasi dengan Anda. Cantumkan alamat email dan domain web yang mereka gunakan. Kirimkan tangkapan layar dari situs web atau komunikasi And ajika Anda memilikinya.
  4. Hubungi dinas ketenagakerjaan jika ini terlanjur terjadi pada diri Anda. Sebagian besar situs memiliki mekanisme untuk melaporkan masalah seperti ini.

Sadar atau tidak, lowongan kerja palsu makin marak diposting oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Cara terbaik untuk melindungi diri sendiri adalah dengan meningkatkan kewasspadaan diri ketika melamar pekerjaan secara online. Terutama atas pekerjaan yang terdengar terlalu sulit untuk dicapai.

Untuk tips seputar karir lainnya, kamu bisa kunjungi Tulizan Karir.

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Karir

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Lee Seung Gi, Lee Hee Joon, Park Ju Hyun, Kyung Soo Jin y más están dedicados a la lectura de guión para nuevo drama | Soompi

Reaksi Lee Seung Gi Baca Naskah Drama Mouse Pertama Kali

Tips-Tips Hemat Yang Unik Dan Menarik