in

Tips Mengawasi Pergaulan Anak

Bagi orang tua tantangan yang harus dihadapi bukan hanya mendidik anak secara akademik. Tetapi hal yang paling penting adalah bagaimana menjaga sekecil, untuk tetap berada di jalur yang tepat dan tidak terbawa oleh pergaulan. Salah satunya adalah pergaulan melalui media sosial ataupun dunia internet yang sudah semakin berkembang. Dalam artikel ini akan kita bahas mengenai tips mengawasi pergaulan anak yang bisa dilakukan.

Mengawasi Pergaulan Anak Melalui Internet Dan Langsung

Tips Mengawasi Pergaulan Anak Parenting

Sebagai orang tua kamu harus bisa mencari siasat ataupun trik untuk bisa menjaga si kecil, agar tidak terjebak dengan hal-hal yang tidak sesuai dengan moral ataupun agama. Terutama bagi orang tua yang baru pertama kali memiliki anak yang mulai beranjak remaja hingga dewasa. Khususnya ibu, yang bertemu sang anak dengan intensitas waktu yang lebih banyak.

Tantangan sekarang ini bukan hanya mengawasi pergaulan secara kasat mata, namun juga apa yang mereka lakukan di dunia maya. Mengingat dunia internet merupakan sesuatu yang tidak bisa kita batasi ada banyak hal baik di sana. Namun tidak bisa kita pungkiri, ada juga banyak hal buruk yang ada di internet. Kita tidak bisa melupakan, berapa banyak anak muda di indonesia yang mengalami masalah dan kebiasaan yang buruk akibat adanya media sosial.

Jadilah Teman Bukan Hanya Orang Tua Saja

Tips Mengawasi Pergaulan Anak Parenting

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk menerapkan pola asuh yang tepat, terutama bagi mereka yang menggunakan media sosial ataupun internet. Biasakan orang tua yang bersifat sebagai teman. Jika ibu atau ayah memiliki akun media sosial, berteman lah dengan si anak. Namun jangan ikut meninggalkan komentar, memuji apalagi membandingkan atau mengakui bahwa ibu atau ayah merupakan orang tua dari anak tersebut.

Biasanya mereka akan merasa malu dan temannya akan melakukan perundungan. Karena menganggap si kecil merupakan anak yang manja. Tugas dari sang ibu atau ayah hanyalah memantau bagaimana anak memainkan media sosial. Apabila menemukan komentar yang tidak pantas ataupun situs dan juga aplikasi yang diikuti tidak sesuai dengan yang seharusnya. Bicarakanlah dengan anak, dan tanyakan baik-baik mengapa ia meninggalkan komentar buruk atau pun mengikuti aplikasi tersebut. Ajarkan mereka bagaimana menggunakan media sosial dengan bijak.

Tanyakan Seberapa Tahu Mengenai Dunia Internet

Tips Mengawasi Pergaulan Anak Parenting

Mengawasi pergaulan anak selanjutnya bisa dilakukan dengan melakukan tes pada anak mengenai kemampuannya akan media sosial ataupun pengetahuan internet. Hal ini ternyata sangat berpengaruh dan banyak tidak disadari oleh anak. Selama ini beberapa orang tua menganggap, bahwa mereka tidak mengerti mengenai media sosial ataupun internet. Sehingga bertanya kepada anak adalah solusi yang baik.

Nantinya mereka akan menjelaskan mengenai bagaimana cara penggunaan media internet secara jelas. Di sini kamu bisa menilai sejauh apakah si kecil memahami atau mengetahui dunia internet dengan baik. Tujuan media sosial apabila ternyata informasi ataupun ilmu yang ia miliki cukup baik. Kamu bisa berbicara dengan mereka dan mengarahkannya untuk menggunakan internet dalam kategori atau hal-hal yang baik saja.

Mengawasi Pergaulan Anak dengan Mengenali Temannya

Tips Mengawasi Pergaulan Anak Parenting

Tips selanjutnya yaitu mencari tahu siapa saja sih teman-teman yang ada di lingkungannya. Hal ini sebenarnya dapat dilakukan oleh para orangtua untuk bisa mengawasi putra-putrinya. Sehingga cara yang paling mudah, membiarkan anak untuk mengundang teman-temannya ke rumah. Baik teman yang berasal dari di sekolah ataupun di sekitar rumah.

Dengan begini, orang tua bisa tahu sikap dari teman-temannya, bagaimana cara mereka bergaul dan bagaimana cara mereka berbicara ataupun berpikir. Apabila ada sesuatu yang tidak sesuai berilah nasihat agar ia lebih hati-hati. Serta selektif dalam memilih temannya. Usahakan sebagai orang tua jangan langsung melarang atau mengatakan bahwa teman yang mereka pilih adalah orang yang buruk. Anak-anak justru akan lebih membela teman-temannya, kamu sebagai orang tua tidak akan pernah didengarkan. Jadi lakukanlah secara perlahan.

Family Time

Tips Mengawasi Pergaulan Anak Parenting

Meningkatkan family time, menjadi cara untuk mengawasi pergaulan anak selanjtunya. Apabila ingin mengawasi pergaulan yang dimiliki oleh sang anak, sediakan waktu yang berkualitas dengan keluarga. Family time dapat mengurangi kebiasaan anak dalam bermain dan bepergian. Biasanya anak akan mencoba untuk mencari teman dan menghabiskan waktu di luar rumah, akibat keluarganya tidak memiliki waktu untuk mengobrol ataupun menghabiskan waktu dengan mereka.

Ada berapa banyak anak di indonesia yang lebih memilih untuk bermain, karena orang tuanya bekerja atau sibuk memiliki aktivitas sendiri. Ditambah lagi tidak terlalu akur dengan anggota keluarga lainnya, misalnya kakak atau adik. Sehingga mereka lebih memilih mencari teman yang bisa diajak untuk bercengkerama ataupun berbicara. Biasakan untuk meningkatkan family time yang dimiliki dan bukan hanya waktu weekend saja. Dengan begitu mereka akan meminimalisir ataupun mengurangi adanya pergaulan secara sembarangan. Apalagi mencoba hal-hal yang tidak baik di luaran.

Mengawasi Pergaulan Anak Melalui Ceritanya

Tips Mengawasi Pergaulan Anak Parenting

Selanjutnya kebiasaan yang mungkin terlihat sepele, namun sangat penting agar dapat membantu mengurangi anak terjebak dalam pergaulan yang buruk. Mendengarkan dengan setia cerita yang dimiliki oleh anak mengenai kehidupannya. Biasanya anak akan merasa didengarkan dan juga dihargai ketika mereka menceritakan mengenai teman-temannya.

Bagaimana kehidupan temannya, dan juga apa saja kesalahan ataupun kebaikan yang dilakukan oleh mereka. Apabila ternyata anak memiliki teman-teman yang sangat baik, apresiasi bagaimana cara anak menemukan teman-teman yang bisa bersikap baik. Namun jika ada teman-temannya yang melakukan kesalahan ataupun keburukan. Kamu bisa menggambarkan atau menceritakan, bagaimana jika seseorang telah salah dalam memilih keputusan. Jangan paksakan anak untuk bisa menjauhi teman-temannya karena hal tersebut tidak akan mungkin terjadi. Tapi biarkan anak-anak mempelajari, bagaimana sikap dan juga perilaku yang didapatkan dari teman-temannya. Dengan begitu mereka akan berfikir, apakah mereka harus menjauhi teman seperti itu atau tidak. Mendengarkan cerita mereka bisa menjadi salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan.

Menanamkan Nilai Moral

Tips Mengawasi Pergaulan Anak Parenting

Sumber: https://www.crosswalk.com/family/parenting/teens/how-a-mom-can-actually-have-a-relationship-with-her-teenaged-son.html

Semaksimal apapun kita menjaga si kecil, tetap kita tidak bisa menghindari adanya pergaulan yang mungkin masuk ke dunia anak dan mempengaruhi mereka. Sehingga hal yang bisa dilakukan oleh orang tua yaitu membekali anak dengan moral moral ataupun hal-hal yang baik. Bukan berarti sebagai orang tua, kamu bisa mengatur dan juga mengawasi kehidupannya selama 24 jam.

Terutama jika anak sudah memasuki usia remaja bahkan hingga beranjak dewasa. Cara yang paling mudah yaitu menanamkan nilai moral. Bagaimana ia harus bisa meyakinkan diri sendiri untuk tetap pada prinsip, dan terhindar dari pengaruh buruk orang lain.

Jelaskan juga apa yang dimiliki oleh orang lain belum tentu baik untuk dirinya. Biarkan mereka mengenali bagaimana lingkungan dan juga pergaulan yang dimiliki nantinya. Anak-anak akan belajar sendiri apa artinya pertemanan, dan bagaimana mereka mendapatkan sahabat, atau bahkan musuh. Berikan penjelasan jangan sampai ia menyesal dan mendapatkan nasib buruk hanya karena mengikuti teman-temannya.

Untuk tips mengenai parenting lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Parenting.

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Parenting

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Biodata Kim Seon Ho Pemeran Han Ji Pyeong di Drama Korea Start-Up, Bikin Penonton Patah Hati - Tribun Jogja

Kim Seon Ho Aktor Drama Star Up Yang Pernah Berlutut Depan Pacar

7 Fakta dibalik Boomingnya Game Fortnite Battle Royale di Masanya