in

Tips Merawat Handphone Terkena Air Supaya Bisa Digunakan Kembali

Handphone atau smartphone adalah sebuah benda, yang dibutuhkan untuk memudahkan komunikasi. Banyak fitur fitur pada handphone, yang memudahkan kita untuk berkomunikasi. Namun handphone tidak dapat digunakan lagi, jika terkena air. Lantas bagaimanakah cara untuk merawat handphone terkena air, agar bisa digunakan lagi? Berikut adalah informasinya.

Mengenal Handphone dan juga Komponen Komponennya

Tips Merawat Handphone Terkena Air Supaya Bisa Digunakan Kembali Gadget

Gambar: Mengenal Handphone (https://www.model-muslim.com/mengenal-macam-dan-fungsi-spare-part-dan-tools-handphone)

Sebelum kita membahas bagaimana cara merawat handphone yang kena air, ada baiknya kita membahas handphone beserta komponennya terlebih dahulu. Handphone atau telpon genggam, merupakan sebuah alat komunikasi elektronik. Handphone ini tidak jauh berbeda dengan telepon konvensional, namun yang membedakan adalah jaringannya.

Telepon konvensional biasanya menggunakan jaringan kabel, agar bisa melakukan komunikasi. Sedangkan jaringan untuk handphone, dia tidak menggunakan jaringan kabel. Handphone telah didesain sedemikian rupa, agar kita bisa komunikasi jarak jauh dengan mudah.

Handphone telah berkembang, menjadi smartphone atau dikenal dengantelpon pintar. Smartphone ini di desain lebih canggih, dan banyak fitur fitur menarik didalamnya. Smartphone menggunakan touchscreen, sehingga kita lebih mudah untuk melakukan pengetikan.

Biasanya smartphone atau handphone, sangat banyak komponennya. Komponen tersebut adalah seperti hardware, dan juga software. Hardware pada handphone seperti RAM, software pada handphone seperti penyimpanan file (memory).

Komponen komponen pada handphone atau smartphone harus dijaga benar, supaya nantinya bisa digunakan kembali handphone atau smartphone tersebut. Dengan komponen handphone yang tidak rusak, maka kamu bisa menggunakan handphone atau smartphone dengan lancar.

Tips Merawat Handphone Yang Kena Air

Tips Merawat Handphone Terkena Air Supaya Bisa Digunakan Kembali Gadget

Gambar: Tips Merawat Handphone Yang Kena Air (https://review.bukalapak.com/gadget/hp-kemasukan-air-97708)

Jika tadi kita sudah mengenal handphone , saatnya kita kini mengetahui cara merawat handphone saat terkena air. Terkadang handphone terkena air hujan, air minum, atau bahkan terendam di kamar mandi. Oleh karenanya, inilah tips agar handphone bisa beroperasi walaupun terkena air.

1.Amankan Handphone dari Air

Jika handphone terkena air hujan atau tercebur ke dalam air, ada baiknya kamu tidak terlalu panik dahulu. Pertama kamu amankan handphone yang kena air tersebut, agar airnya tidak merembes ke dalam handphone tersebut.

Handphone tersebut harus dihindarkan dari air, agar handphone kamu beserta komponennya tidak terlalu basah. Biasanya air tersebut masuk ke dalam celah lubang charger, dan jika tidak diselamatkan handphone jadi rusak.

Kalau kamu sudah mengamankan handphone kamu yang terkena air, kamu bisa melihat komponen komponen yang ada didalamnya. Kamu harus melihat komponen handphone tersebut, untuk melihat apakah komponennya masih aman.

2.Lepaskan SIM, Baterai, dan juga Memory Cardnya

Setelah kamu mengamankan handphone dari air, ada baiknya kamu melepaskan komponen komponen yang ada didalamnya. Komponen komponen tersebut seperti baterai, SIM, dan juga Memory Card.

Mengapa SIM, Baterai, dan Memory Card harus dilepas? Karena jika komponen komponen masih terpasang, tentunya membuat kamu akan jadi rusak karena ada airnya. Oleh karenanya jika handphone kamu terkena air atau tercebur, usahakan langsung melepas komponen tersebut.

Selain melepas komponen komponen yang ada pada handphone, kamu juga bisa melepas cover atau casing pada handphone. Dengan melepas casing atau cover handphone, tentunya akan membantu handphone basah supaya cepat kering.

3.Mengeringkan Handphone

Langkah selanjutnya yang dilakukan saat handphone kena air adalah, mengeringkan handphone yang basah tersebut. Ada beberapa cara untuk mengeringkan handphone, yang sedang basah tersebut.

Pertama kamu bisa mengeringkan handphone, dengan menggunakan vacum cleaner atau alat penghisap udara. Jika kamu menggunakan alat ini , ada baiknya kamu jangan terlalu mendekatkan alat tersebut ke handphone yang basah. Hal tersebut karena adanya saluran listrik statis, yang bisa membahayakan diri kamu.

Untuk cara yang kedua, kamu bisa menjemur handphone dibawah matahari. Dengan menjemur handphone dibawah matahari, handphone yang basah akan cepat kering. Tips untuk mengeringkan handphone di bawah matahari adalah, membelakangi handphone dari sinar matahari. Ini dilakukan, agar layar handphone tidak rusak.

Sebagai saran, ada baiknya kamu tidak mengeringkan handphone dengan hair dryer. Hair Dryer memiliki udara yang cukup panas, dan panas tersebut akan merusak komponen handphone. Apalagi kalau air tersebut masih ada dan kamu langsung mengeringkannya, tentunya membuat kerusakan semakin parah.

4.Menguburkan Komponen Komponen Handphone Ke dalam Beras

Selain mengeringkan handphone dibawah matahari, ada cara lain agar handphone bisa cepat kering. Cara lain agar handphone bisa cepat kering adalah, menguburkan handphone ke dalam beras.

Mengapa kamu harus menggunakan beras? Karena beras memiliki sifat menyerap yang baik, sehingga komponen handphone yang basah bisa cepat kering. Caranya mengeringkan handphone dengan menggunakan beras, sangat mudah caranya.

Caranya adalah, masukan komponen handphone ke dalam kantong beras. Setelah komponen tersebut masuk, tunggu hingga komponen handphone tersebut jadi kering. Kalau kamu ingin cepat kering komponen handphonenya, ada baiknya kamu mengubur komponen handphone 2-3 hari.

5.Gunakan Sillica Gel

Selain menggunakan beras untuk mengeringkan handphone, kamu bisa menggunakan silica gel. Biasanya Sillica Gel ditemuakan dalam barang barang, agar kelembapan dari sebuah barang tetap terjaga.

Ternyata silica Gel yang berguna menjaga kelembapan barang, ternyata Sillica Gel sangat berguna untuk mengeringkan handphone yang basah. Cara menggunakan silica gel ini sama seperti beras, yakni menaruh komponen handphone yang basah ke silica gel tersebut.

Jika handphone sudah terasa kering, kamu bisa mengambil handphone dari sillica gel tersebut. Setelah komponen tersebut sudah mulai kering, kamu bisa diamkan sejenak komponen tersebut sebelum digunakan.

6.Pasang Kembali Komponen Handphone

Jika semua langkah tersebut sudah kamu lakukan, langkah terkahir adalah memasang komponen handphone tersebut. Namun kamu harus pastikan, bahwa handphone tersebut masih bisa digunakan atau tidak.

Kalau handphone kamu masih bisa digunakan, maka kamu bisa menyalakan handphone tersebut. Setelah handphone sudah kamu nyalakan, kamu dapat menggunakan handphone sesuai dengan kebutuhan kamu.

Namun kalau handphone kamu sudah tidak bisa digunakan, ada baiknya kamu service atau memperbaiki handphone tersebut. Dengan service handphone ke counter handphone, maka kamu dapat mengetahui permasalahan pada handphone kamu.

Pantangan Saat Handphone Masih Basah

Tips Merawat Handphone Terkena Air Supaya Bisa Digunakan Kembali Gadget
Gambar: Handphone Basah (https://womantalk.com/news-update/articles/5-trik-melindungi-ponsel-dari-air-hujan-DNM7X)

Selain melakukan tips diatas, ada pantangan yang kamu jalankan saat handphone basah. Pantangan tersebut kamu harus kamu ikuti, agar handphone kamu tidak bertambah rusak. Apa saja pantangan saat handphone basah? Berikut adalah informasinya.

1.Jangan Terlalu Sering Menyalakan Handphone

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa handphone memiliki kandungan elektronik. Jika handphone kamu basah dan terkena air, ada baiknya kamu tidak menyalakan handphone tersebut.

Jika kamu terlalu sering menyalakan handphone saat basah, maka handphone kamu akan jadi korslet. Oleh karenanya kamu tidak sering menyalakan handphone, supaya handphone kamu tetap bisa digunakan.

2.Jangan Mencharge Handphone Saat Komponennya Masih Basah

Selanjutnya kamu jangan mencharge handphone , saat komponennya masih basah. Kalau kamu mencharge handphone saat keadaan masih basah, tentunya akan membahayakan diri kamu sendiri.

Ada baiknya kamu tidak mencharge saat masih basah, agar handphone kamu masih bisa digunakan nantinya. Kamu harus memastikan baterai benar benar kering, dan setelah itu kamu baru bisa menchargenya.

Demikianlah informasi mengenai tips, untuk merawat handphone terkena air. Ada baiknya kamu tidak panik ketika handphone tercebur atau terkena air hujan, dan lakukan tips tersebut supaya nantinya handphone bisa untuk digunakan.

Untuk informasi, tips serta trik untuk smartphone dan gadget lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Gadget.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Gadget

Content Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Park Shin Hye Jadi Prajurit Pemberani di Drama Baru Sisyphus: The Myth | Republika Online

Ini Peran Park Shin Hye di Drama Terbaru-nya Sisyphus The Myth!

Fakta Menarik My Hero Academia Yang Jarang Diketahui Orang