in

Tips Terapkan Pola Makan Sehat Pada Anak

Perilaku hidup sehat sangat penting untuk dilakukan. Terutama bagi orang tua yang menginginkan si kecil agar bisa tumbuh dengan baik, dan berkembang. Namun sayangnya menanamkan pola makan sehat pada anak bukanlah sesuatu yang mudah, jika kamu mendapati bahwa si kecil tidak suka dengan sayuran. Dalam artikel ini ada beberapa tips yang bisa dibagikan, untuk kamu para orang tua yang bingung. Bagaimana cara mengajak si kecil terbiasa untuk melakukan pola makan sehat.

Pola Makan Sehat pada Anak

Pola makan sehat merupakan hal yang paling penting karena dengan adanya makanan yang bernutrisi terutama untuk anak-anak. Mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik serta mendapatkan nutrisi yang mencukupi. Selain itu dengan makanan yang bagus, maka terhindar dari penyakit. Bahkan imun tubuh akan semakin baik untuk menangkal berbagai penyakit. Berikut ini ada deretan cara menanamkan pola makan sehat pada anak yang terbukti ampuh.

Sajikan Makanan yang Sama

Tips Terapkan Pola Makan Sehat Pada Anak Parenting

(sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/gadis-hubungan-imut-pagi-4149010/)

Cara pertama yaitu jangan sajikan makanan khusus untuk anak. Umumnya anak akan mencoba untuk mengkonsumsi makanan yang kita makan. Sehingga ada baiknya saat anak konsumsi sayuran, maka kita juga harus rutin mengkonsumsi sayuran. Dengan begitu si kecil nantinya akan meniru dan melihat bahwa makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang enak dan sehat.

Berikan anak makanan dengan menu yang kamu makan. Nantinya akan membuat kecurigaan atau rasa penasaran timbul. Selain itu, si kecil seringkali ingin mencoba makanan yang dikonsumsi oleh orang tua ataupun orang dewasa di sekitarnya. Apabila kamu ingin mengkonsumsi beberapa makanan yang belum bisa dimakan si kecil. Ada baiknya, makan secara diam-diam. Sehingga tidak dilihat selain mengajak pola makan menjadi lebih sehat saja juga akan percaya.

Pola Makan Sehat, Kurangi Camilan

Tips Terapkan Pola Makan Sehat Pada Anak Parenting

(sumber: https://www.freepik.com/free-photo/portrait-little-cheerful-girl-summer-hat-with-ice-cream-her-hands-colored-pink-background-summer-concept_10108614.htm#page=1&query=kids%20snacking&position=0)

Cara kedua untuk menanamkan pola makan yang sehat yaitu membatasi camilan yang dikonsumsi? Jajanan seringkali menjadi masalah besar bagi anak-anak. Karena porsi yang dikonsumsi oleh anak masih sedikit ketika mereka memutuskan untuk membeli jajanan ataupun camilan. Maka mereka akan mudah kenyang dan malas untuk makan atau mengkonsumsi makanan utama.

Jika sudah seperti ini orang tua sudah pasti akan menghadapi masalah, di mana si kecil akan sulit untuk makan dan hanya lebih senang jajan atau makan camilan. Misalnya eskrim, makanan ringan dan lain sebagainya. Untuk itu kamu harus bisa membatasi camilan yang dikonsumsi kalaupun si kecil ingin mengkonsumsnya. Karena lapar ditengah jam makan ya! Cobalah berikan buah ataupun jus yang lebih sehat dan tidak memberikan dampak buruk bagi anak-anak.

Pertimbangkan Makanan yang Kamu Beli

Tips Terapkan Pola Makan Sehat Pada Anak Parenting
(sumber: https://www.freepik.com/free-photo/little-boy-with-grapes-forest-picnic_10298760.htm#page=1&query=kids%20snacking&position=13)

Pertimbangan makanan yang kamu beli untuk keluarga termasuk si kecil. Sebenarnya bukan tidak boleh mengkonsumsi makanan cepat saji, terutama para orang tua yang mungkin bosan dengan makanan rumahan. Tetapi kamu juga harus memperhatikan si kecil. Karena mereka seringkali memiliki rasa penasaran dan ingin mencoba makanan yang dikonsumsi orang dewasa pertimbangkan makanan atau camilan yang kamu beli.

Misalnya saja ketika kamu memutuskan untuk membeli minuman berasa. Maka pertimbangan apakah si kecil akan meminta atau tidak. Selain itu ganti camilan atau makanan yang kamu beli untuk keluarga, misalnya buah buahan, yogurt, dan makanan sehat lainnya. Sehingga mereka terbiasa dengan pola makan yang sehat dan menganggap bahwa keluarga yang ia miliki.

Makan Bersama

Tips Terapkan Pola Makan Sehat Pada Anak Parenting

(sumber: https://www.freepik.com/free-photo/cute-little-girl-her-beautiful-parents-preparing-dough-cake-kitchen-home-family-lifestyle-concept_10521461.htm#page=1&query=eat%20with%20family&position=7)

Seringkali mengalami kegagalan untuk memberikan si kecil makanan sayuran ketika sedang menghadapi pola makan sehat. Maka cara selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu makan bersama dengan si kecil. Hal ini sangat ampuh, karena pada dasarnya anak-anak melihat ataupun meniru yang dilakukan oleh orang dewasa sekitarnya. Sehingga ketika mereka melihat orang tua ataupun kakak dan adik mereka mengkonsumsi makanan yang sama, mereka tidak akan mengeluh ataupun meminta untuk mengganti jenis makanan yang mereka konsumsi tentu saja.

Hal ini dapat membantu menerapkan adanya pola makan sehat di rumah. Bukan hanya untuk si kecil namun untuk kakak dan adiknya makan bersama, akan menjadikan ia terbiasa dengan menu yang dikonsumsi termasuk sayuran ataupun makanan sehat yang disajikan. Kamu juga bisa membicarakan mengenai sekolah ataupun kegiatan yang dihadapi si kecil pada hari tersebut makan bersama bukan hanya menikmati makanan bersama. Namun juga mendapatkan quality time bersama dengan keluarga. Disertai dengan membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan yang sehat.

Ganti Menu Makanan Secara Rutin

Tips Terapkan Pola Makan Sehat Pada Anak Parenting

(sumber: https://www.freepik.com/premium-photo/family-two-twins-boys-age-parents-preparing-cookies-christmas-ot-new-year-light-kitchen-wearing-santa-hats_10696016.htm)

Bagaimana si kecil mau makan yang sehat, apabila sebagai orang tua kamu malas untuk menyediakan menu yang beragam. Hal ini seringkali terjadi di mana para orang tua menyalahkan anak anak untuk kulit makan. Padahal menu yang dihadapi adalah menu yang sama setiap harinya. Sama seperti orang dewasa, anak kecil juga bisa mendapatkan rasa bosan dan malas.

Dengan begitu menyajikan makanan yang lebih menarik serta dengan bentuk yang berbeda, bisa menjadi daya tarik tersendiri. Bagi anak anak misalnya saja ketika si kecil malas untuk mengkonsumsi makanan seperti sayuran wortel ataupun tomat.

Kamu bisa mengolahnya menjadi sushi yang disajikan bersama dengan daging donasi serta disisipkan tomat di dalam nasi tersebut. Dengan begitu si kecil tidak akan terpengaruh ketika mengkonsumsi sushi. Bergantinya menu setiap saat bisa menjadi salah satu solusi yang paling ampuh bagi yang sulit untuk makan makanan sehat.

Memasak dan Berbelanja Bersama

Tips Terapkan Pola Makan Sehat Pada Anak Parenting

(sumber: https://www.freepik.com/premium-photo/mother-daughter-whisk-ingredients-with-blender_9719210.htm#page=1&query=eat%20with%20family&position=13)

Menyajikan masakan bersama serta berbelanja bersama, merupakan cara selanjutnya apabila si kecil menolak untuk melakukan pola makan yang sehat faktanya dengan berbelanja serta memasak. Maka ia akan memahami, bagaimana sulitnya untuk memasak serta menyajikan makanan untuk orang lain dengan begitu. Selain mengajarkan makan yang sehat kamu akan mengajarkan kepada si kecil. Bagaimana menghargai hasil pekerjaan orang lain dan juga mengkonsumsi makanan tersebut, tanpa rasa mengeluh.

Biasakan Pola Makan Sehat Sejak Kecil

Tips Terapkan Pola Makan Sehat Pada Anak Parenting

(sumber: https://www.freepik.com/free-photo/mother-with-daughter-sitting-cafe_7724950.htm)

Selanjutnya solusi terakhir yang bisa dilakukan oleh orang tua, atau calon orang tua. Memulai sejak dini kebiasaan makan ini harus dibangun sejak masih kecil, bahkan ketika anak anak baru pertama kali mencoba makanan atau mengkonsumsi seperti MPASI. Biasakan anak anak untuk mengonsumsi seperti ikan sayur dan juga buah serta daging, dan ayam.

Mungkin pada awalnya mereka akan menolak karena rasanya yang hambar atau tidak sesuai. Dengan rasa susu yang manis. Tetapi kamu bisa mengatasinya dengan mencampur dengan beberapa bahan lain yang memiliki rasa yang enak. Misalnya saja buah buahan ataupun makanan yang memiliki rasa manis seperti wortel tomat dan sejenisnya.

Setiap anak memiliki kondisi yang berbeda, upayakan pilih solusi ataupun cara untuk menerapkan pola makan sehat sesuai dengan karakter serta sifat yang mereka miliki. Tentu saja setiap solusi tidak bisa disamakan. Karena mungkin ada anak yang lebih senang makan bersama atau ada anak yang lebih senang memasak bersama.

Untuk tips mengenai parenting lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Parenting.

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Parenting

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ragam Sepatu untuk Office-look yang Chic dan Profesional

keluarga-compressor.jpg

Rahasia Menjaga Keharmonisan Dalam Rumah Tangga Bahagia