in

Tobat Jadi Pengangguran? 8 Tips Mencari Kerja Ini Dapat Membantu

Awal tahun ini merupakan waktu yang tepat untuk menemukan pekerjaan impian bagi banyak orang. Lebih lagi, perekrut kini tengah sibuk menangani open recruitment bagi calon karyawan. Akan tetapi, Anda harus melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu sebelum mengirim lamaran ke platform kerja online. Ikuti tips mencari kerja berikut ini untuk mengetahui trik terkini seputar tren dunia kerja terbaru.

Tobat Jadi Pengangguran? 8 Tips Mencari Kerja Ini Dapat Membantu Karir

Source: businesscompanion.com.au

Tips Mencari Kerja Pertama, Evaluasi Tujuan Karir

Sebelum melamar pekerjaan, Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang jenis posisi yang diinginkan. Ini adalah saran yang jelas. Namun, itu adalah poin yang sering dilewatkan bagi banyak orang. Biasanya orang ingin langsung membuka resume tanpa melakukan crosscheck kembali tentang arah karir di masa depan.

Sebaiknya, luangkan waktu untuk memikirkan seperti apa peran yang ideal tersebut. Itu termasuk seperti apa perusahaan tempat Anda ingin bekerja, budaya perusahaan, dan gaji ideal yang diinginkan. Tanyakan juga pada diri sendiri apakah Anda lebih suka bekerja dari jarak jauh apabila ada tunjangan karyawan tertentu yang tidak dapat ditolak. Atau mungkin Anda siap untuk perubahan karir lainnya.

Setelah Anda memiliki ide yang brilian, mulailah untuk memperbarui resume. Anda bisa memulainya dari memoles profil online hingga situs web. Fokuslah pada penggabungan pengalaman kerja terbaru dan apa yang ingin dilakukan selanjutnya.

Kedua, Pertimbangkan untuk Membangun Website

Jika Anda belum memiliki situs web pribadi, pencarian pekerjaan baru adalah alasan yang tepat untuk membuatnya. Beberapa bidang pekerjaan mendapat manfaat lebih dari sekedar memiliki portofolio untuk menampilkan contoh pekerjaan Anda. Ini merupakan ide kreatif untuk memunculkan kesan professional. Tambahkan project desain grafis yang pernah dikerjakan, perencanaan acara yang pernah ditangani, atau hal-hal yang dapat dipresentasikan secara visual lainnya.

Situs web resume adalah pilihan terbaik ketika mencari pekerjaan baru. Ini berlaku apabila Anda bekerja di industri yang tidak memerlukan sampel pekerjaan dalam portofolio. Hal tersebut tidak hanya memberikan kerja yang potensial. Anda akan terlihat lebih menonjol dibanding kandidat yang lainnya.

Jika Anda perlu membuat portofolio online, Anda bisa membuatnya di platform Squarespace atau LinkedIn. Kedua platform tersebut memudahkan Anda membuat resume professional hingga mendapatkan link ke perusahaan incaran.

Tips Mencari Kerja Ketiga, Perbarui Profil LinkedIn

Tips mencari kerja berikutnya adalah memperbarui profil LinkedIn. Optimalkan profil LinkedIn Anda yang tidak hanya sebatas resume saja. Koneksikan dengan situs web pribadi, buat sekonsisten mungkin. Ingatlah bahwa profil yang kuat dapat membantu perekrut menemukan Anda ketika mereka membutuhkan kandidat. Pastikan kemutakhiran pengalaman dan ringkasan kerja Anda. Tambahkan foto terbaru yang terlihat professional. Anda juga bisa menambahkan pengalaman magang dan lainnya.

Setelah profil Anda berada dalam kondisi prima, gunakan LinkedIn agar tetap terhubung dengan mereka yang berada di industri Anda. Bergabunglah dengan grup industri dan berusahalah untuk membuat koneksi dan jaringan yang seluas-luasnya.

Tobat Jadi Pengangguran? 8 Tips Mencari Kerja Ini Dapat Membantu Karir
Source: sur.ly

Keempat, Pastikan Resume Sesuai dengan Sistem Pelacakan Jobseeker

Jika Anda melamar pekerjaan secara online, resume tersebut mungkin dipindai terlebih dahulu untuk mencari kata kunci terkait. Jadi, penting kiranya untuk menulis resume yang sesuai dengan sistem pelacakan jobseeker.

Pastikan Anda mengirimkan resume dalam format yang diminta. Apakah itu dokumen Microsoft Word atau PDF. Jangan lupa untuk melihat terminologi yang digunakan dalam postingan pekerjaan. Pastikan juga kata-kata tersebut sama persis dengan kata-kata yang ada di resume Anda. Misalnya, apabila pekerjaan tersebut membutuhkan pengalaman Salesforce, cek resume Anda apakah kata “Salesforce” tercantum atau tidak.

Tips mencari kerja mengharuskan desain resume yang lugas. Tidak seperti warna-warni dan gambar yang memenuhi resume para desain grafis. Sebaiknya itu disimpan di website pribadi untuk keperluan komersil lainnya.

Tips Mencari Kerja Kelima, Jangan Mengabaikan Surat Pengantar

Surat lamaran masih diperlukan untuk sebagian besar lamaran pekerjaan. Mayoritas perekrut membaca hal tersebut. Lebih lagi jika Anda membuat perubahan karir. Surat lamaran bisa menjadi hal yang begitu penting untuk menjelaskannya. Ya, jadilah berbeda dari yang lainnya.

Ketika menulis surat lamaran, Anda sebaiknya mengikuti beberapa tips kunci mencari kerja. Namun yang paling penting adalah menyesuaikan masing-masing dengan pekerjaan spesifik yang akan dilamar.

Keenam, Meningkatkan Keterampilan Wawancara Video

Belum bisa dipastikan kapan pandemi ini akan berakhir. Sehingga, wawancara video berkemungkinan akan bertahan dalam beberapa waktu ke depan. Jadi, apabila Anda merasa tidak nyaman berada di depan kamera, ini saatnya untuk mulai mengasah keterampilan tersebut.

Langkah pertama adalah mempersiapkan dengan tepat bagaimana Anda akan melakukan wawancara langsung. Itu termasuk meneliti perusahaan, membaca pertanyaan umum dalam wawancara, dan menuliskan pertanyaan untuk diajukan kepada perekrut.

Perhatikan visualisasi Anda. Pastikan Anda memiliki latar belakang yang bersih dan pengaturan kamera yang terlihat professional. Jaga kontak mata dan pahami hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika wawancara video berlangsung.

Tobat Jadi Pengangguran? 8 Tips Mencari Kerja Ini Dapat Membantu Karir
Source: yoursay.sa.gov.au

Ketujuh, Sejauh Mana Anda sudah Membangun Jaringan?

Jaringan dapat membantu Anda membangun hubungan dengan orang banyak atau memanfaatkan orang yang telah dikenal. Mereka dapat memberikan nasihat karir, berbagi lowongan pekerjaan apa pun yang mereka dengar, hingga berpotensi menghubungkan Anda dengan manajer perekrutan.

Dengan kata lain, ini adalah bagian penting dari proses pencarian kerja. Maka, mulailah dengan membuat daftar kontak untuk diajak bicara. Termasuk manajer atau mantan kolega dan orang-orang yang bekerja di perusahaan yang diminati.

LinkedIn adalah cara yang tepat untuk mengetahui apakah Anda mengenal seseorang yang dapat dihubungi. Ini juga merupakan alat yang berguna agar selalu up to date dengan perubahan pekerjaan dan tren baru di industri Anda.

Terdapat banyak cara demi bisa terhubung dengan orang banyak. Walaupun Anda tidak dapat bertemu mereka secara langsung. Buat titik untuk mengatur panggilan telepon atau kopi virtual dengan kontak. Satu panggilan per hari merupakan tujuan yang baik untuk diperjuangkan. Akhirnya, lihatlah berapa banyak orang-orang yang akan membantu Anda ke depannya.

Tips Mencari Kerja Kedelapan, Terus Berkomitmen untuk Berproses

Menemukan pekerjaan membutuhkan waktu yang tidak terduga. Jadi, jangan berkecil hati jika Anda tidak berhasil. Anda juga akan mendapatkan apa yang sudah diupayakan sebelumnya. Tapi pastikan bahwa Anda telah berkomitmen untuk terus berproses.

Jika Anda menginginkan peluang yang sesuai dengan gaya hidup dan bisa membayar dengan lebih baik, Anda mesti bersedia meluangkan waktu untuk melakukan semua langkah bijak. Termasuk meninjau surat lamaran untuk setiap pekerjaan yang dilamar. Perbarui surat lamaran dan juga profil LinkedIn Anda.

Jangan khawatir dan percayalah bahwa terdapat banyak lowongan pekerjaan di luar sana. Yang terpenting adalah Anda mesti berusaha dan terus meningkatkan kualitas diri. Sehingga tips mencari kerja ini dapat berdampak pada diri Anda.

Untuk tips seputar karir lainnya, kamu bisa kunjungi Tulizan Karir.

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Karir

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Age of Empires 4 Rilis

Age of Empires 4 Akan Rilis Musim Gugur 2021 Ini!

Hilangkan Kebiasaan Buruk Ini Agar Manajemen Keuangan Tidak Kacau