in

Ulang Tahun Ke Duapuluh: Karakter-Karakter Fullmetal Alchemist

Tidak dapat dipungkiri kalau serial Fullmetal Alchemist menjadi salah satu serial yang paling banyak digemari oleh penggemar anime dan manga. Bagaimana tidak, selama lebih dari 20 tahun. Walaupun sudah cukup lama tamat, tetap saja masih banyak orang yang masih menyukai serial yang satu ini. Bisa dibilang selain alur cerita yang menarik, hal lain yang membuat serial ini begitu dicintai adalah karakter-karakter Fullmetal Alchemist. Ceritanya memang berfokus pada dua saudara Edward dan Alphonse Elric. Namun, masih ada banyak karakter-karakter lainnya yang tidak kalah menariknya. Para fans Fullmetal Alchemist juga sekarang sedang berbahagia. Menjelang ulang tahun serial ini yang kedua puluh tahun, Square Enix yang merupakan perusahaan publikasi serial ini, beserta sang mangaka Hiromu Arakawa sedang menyiapkan hal yang spesial. Tentunya fans-fans sudah tidak sabar lagi untuk melihat apa sih kejutan spesial tersebut.

Sejak dirilis pada tahun 2001, manga ini telah terjual lebih dari 70 juta copy di seluruh dunia. Serial ini menerima adaptasi anime pertamanya pada tahun 2003, yang secara substansial menyimpang dari manga aslinya. Versi cerita ini menerima film animasi, The Conqueror of Shamballa tahun 2005. Serial anime kedua, dengan subjudul Brotherhood dirilis pada tahun 2009, dan merupakan adaptasi yang lebih mirip dengan materi sumber asli. Selain itu, Brotherhood juga menerima film versi theater yang berjudul The Sacred Star of Milos tahun 2011. Pada tahun 2017, sebuah film live action yang didasari pada empat volume pertama manga pernah dibuat oleh Warner Bros Jepang dan dirilis secara internasional oleh Netflix.

Ulang Tahun Ke Duapuluh: Karakter-Karakter Fullmetal Alchemist Otaku

Sumber: Netflix

Tentunya dari perjalan panjang tersebut, fans-fans setia Fullmetal Alchemist pastinya sudah tidak sabar lagi untuk menikmati kejutan ulang tahun ke-20 serial Fullmetal Alchemist. Namun, sebelum menikmati kejutan yang sedang disiapkan oleh Square Enix dan Hiromu Arakawa. Tidak ada salahnya bagi para fans atau bagi orang-orang yang belum pernah mengikuti serial ini sebelumnya, untuk berkenalan dengan karakter-karakter Fullmetal Alchemist. Mulai dari pengguna alkemi sampai manusia-manusia biasa. Ada siapa saja sih karakter-karakter tersebut dan mari kita mengenal karakter dan cerita mereka lebih jauh lagi.

Edward Elric

Tentunya karakter pertama yang harus dikenalkan adalah Edward Elric, alkemis berbakat terlepas dari usianya yang sangat muda. Dia merupakan protagonist utama dalam cerita ini. Edward atau lebih sering dipanggil Ed adalah anak dari Van Hohenheim dan Trisha Elric. Meskipun Ed masih kecil, Ed mampu melakukan sesuatu yang di luar logika dan melakukan eksperimen transmutasi manusia yang illegal. Eksperimen itu membuat Ed kehilangan lengan kanannya dan Al kehilangan tubuhnya. Namun, Ed mampu menghubungkan jiwa adiknya ke dalam sebuah baju zirah. Meskipun Ed tidak selalu memenangkan pertempuran melawan musuh yang lebih kuat dirinya, Ed terbukti mampu menunjukkan dirinya sebagai alkemis berbakat dengan keahlian yang tidak dimiliki alkemis lain. Ed mampu menggunakan alkimia tanpa perlu membuat lingkaran transmutasi. Selain itu, dia juga salah satu orang yang mampu selamat saat bertarung melawan Kimblee, Scar, da Homunculus.

Ulang Tahun Ke Duapuluh: Karakter-Karakter Fullmetal Alchemist Otaku

Roy Mustang

Mungkin dari semua karakter-karakter Fullmetal Alchemist yang ada, mungkin bisa dikatakan bahwa Roy adalah salah satu karakter yang paling populer di kalangan fans. Selain populer, Roy juga menjadi sosok karakter terkuat yang ada dalam serial ini. Roy Mustang adalah lawan yang sangat tangguh dalam pertempuran karena kekuatan alkimianya yang sangat hebat dalam mengendalikan api. Dalam cerita FMA: Brotherhood, alkimia api sangatlah jarang ditemui dan kemampuan itu termasuk salah satu tipe alkimia yang paling destruktif. Mustang membuktikan dirinya layak menggunakan kemampuan alkimia api di sepanjang cerita. Dia menggunakan apinya untuk menghancurkan musuh kuat, seperti Lust yang sangat ikonik dan membuat fans mengagumi kolonel yang satu ini. Namun, konfrontasi melawan Lust itu membuat Mustang mendapatkan bekas luka berbentuk lingkaran transmutasi di tangannya.

Ulang Tahun Ke Duapuluh: Karakter-Karakter Fullmetal Alchemist Otaku

Alphonse Elric

Adik dari Edward Elric ini mendapat musibah di awal serial. Dirinya dan Ed berusaha untuk menghidupkan kembali ibu mereka dengan transmutasi. Namun, sayang apa yang mereka lakukan gagal dan mengakibatkan Ed kehilangan lengan dan kakinya. Alphonse lebih tidak beruntung karena kehilangan seluruh tubuhnya. Akhirnya Ed mengikat jiwa Alphonse ke dalam tubuh perisai besi. Kemampuan alkimia miliknya kurang lebih sepantaran dengan kakaknya, tetapi kekuatan fisik milik Alphonse membuatnya selangkah lebih maju dari Elric. Memiliki tubuh dari logam, Alphonse tidak terpengaruh oleh kondisi cuaca dan dapat memberikan kerusakan yang lebih besar dengan tinjunya daripada banyak orang lainnya. Hal ini membuat lawan kesulitan untuk melawannya.

Izumi Curtis

Izumi Curtis merupakan sosok mentor sekaligus guru yang mengajari Edward dan Alphonse mengenai alkimia. Di masa lalu, Izumi termasuk karakter yang tangguh dan kekuatannya harus diwaspadai. Sayangnya, Izumi mengalami insiden mengenaskan saat ia mencoba meng transmutasi manusia. Insiden tersebut dilakukan oleh Izumi karena dirinya dan suaminya kehilangan anak mereka dan Izumi berusaha untuk menghidupkan kembali anaknya. Kejadian itu membuat dia terluka parah dan sebagian besar organ dalamnya hancur, lebih tepatnya dia kehilangan janinnya. Hal tersebut membuat Izumi tidak dapat memiliki anak lagi. Izumi juga merupakan karakter yang mampu menggunakan alkimia tanpa perlu lingkaran transmutasi, sama seperti Ed dan AL. Selain itu, kemampuan Izumi menjadi lebih menakutkan karena dia sangat ahli dalam seni bela diri dan ia pun memiliki kemampuan fisik yang lebih unggul dibandingkan karakter lain. Walaupun ditakuti oleh Ed dan Alphonse, tetapi Izumi memiliki tingkah yang konyol, terutama dengan suaminya, Sig Curtis.

Ulang Tahun Ke Duapuluh: Karakter-Karakter Fullmetal Alchemist Otaku

Van Hohenheim

Ayah dari Ed dan Alphonse. Dia jarang terlihat sepanjang anime dan menyimpan sebuah rahasia yang lebih dalam. Sejak Ed dan Alphonse masih kecil hingga tumbuh dewasa, ayahnya pergi dan tidak kunjung kembali. Hal tersebut membuat keduanya sedikit membenci ayahnya sendiri. Namun, Van Hohenheim pergi karena dirinya menyadari rencana Father dan berusaha mencari cara untuk menghentikannya. Walaupun tampak seperti pria paruh baya pada umumnya, Van Hohenheim lebih tua dari yang orang-orang bayangkan dan hal ini akan dijelaskan seiring berjalannya waktu dalam serial Fullmetal Alchemist. Selain itu, Van Hohenheim juga memiliki kemampuan alkemi yang luar biasa kuat dan mampu untuk melakukan hal-hal yang alkemis lainnya tidak dapat lakukan.

May Chang

Jika karakter-karakter Fullmetal Alchemist kebanyakan berasal dari negara Amertis, May Chang atau Mei Chang merupakan seorang putri kerajaan yang berasal dari negara Xing. Mei juga menjadi salah seorang karakter termuda yang berada dalam serial ini. Namun, kemampuan bertarung serta alkeminya tidak bisa diragukan. Walaupun masih berusia 13 tahun, dia menguasai kemampuan bela diri yang membuatnya dapat menghadapi musuh-musuh. Selain itu, dia mempraktikkan Alkahestry, sebuah bentuk alkimia yang diceritakan hampir punah pada masanya. Tidak seperti alkimia, Alkahestry bekerja dengan cara menarik energi dari Bumi, bukan dari kehidupan. Kekuatan May bisa dikatakan lebih murni. Selain itu, kemampuan Alkahestry juga lebih baik untuk sisi medis. Meskipun demikian, kemampuan ini masih kalah dengan alkimia barat apabila digunakan dalam pertempuran.

Untuk segala hal mengenai anime, manga, dan dunia otaku lainnya silahkan kunjungi Tulizan Otaku!

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Otaku

Content Author
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
ENHYPEN announce first comeback with mini-album 'Border : Carnival'

HYBE Entertainment Rilis Tiga Comeback Boy Group Anggota-nya

10 Potret Kim Young Dae Part Timer di KDrama 'Cheat On Me, If You Can'

Popularitas Kim Young Dae Kian Melejit, Ini Profil Perjalanan Kariernya!