in

Warna-warni Gambaran Pekerjaan Masa Depan

Akankah teknologi memperburuk ketidaksetaraan dan mematikan pekerjaan tertentu? Atau malah berkemungkinan membawa pekerjaan yang lebih signifikan? Itu merupakan jenis pertanyaan yang mengkhawatirkan sejak teknologi mengambil alih pekerjaan manual. Layanan proyektor film, penjaga jam, operator switchboard, dan lainnya. Tidak ada yang menjamin pekerjaan tersebut masih eksis sebagai pekerjaan masa depan.

Namun, setiap perusahaan telah menempuh perjalanan panjang. Sejak saat itulah mereka belajar dari pengalaman. Masa lalu mengajarkan kita bahwa fungsi manusia akan digantikan oleh mesin. Bahkan pekerja paling terampil pun menyewa agen pribadi untuk mengelola karier mereka karena mereka begitu diincar perusahaan.

Berdasarkan gambaran tersebut, dapat kita simpulkan bahwa akan banyak pekerjaan manual yang hilang di telan zaman. Namun, beberapa sektor pekerjaan akan membutuhkan tenaga ahli yang lebih spesifik.

Lalu, seperti apa kemungkinan gambaran pekerjaan di masa depan? Mari simak ulasan berikut ini.

Empat Kemungkinan Dunia Kerja pada 10 Tahun Mendatang

Dikutip dari simplilearn.com, PwC melihat empat alternatif dunia kerja. Semuanya dinamakan berdasarkan warna yang berbeda. Satu dunia bisa menjauh dari perusahaan besar karena perkembangan teknologi baru. Hal tersebut memungkinkan bisnis kecil mendapatkan lebih banyak kekuatan. Di sisi lain, perusahaan mungkin bekerja sama untuk kemajuan masyarakat secara keseluruhan.

Pekerjaan Masa Depan: Red World

Di sini, teknologi akan memungkinkan bisnis kecil untuk memanfaatkan keterampilan, sumber informasi, dan pembiayaan yang sangat besar. SDM tidak lagi ada sebagai fungsi terpisah dan pengusaha akan mengandalkan layanan outsourcing untuk proses tenaga kerja. Akan ada persaingan ketat untuk mendapatkan bakat. Mereka yang memiliki keterampilan yang dibutuhkan di masa depan akan mendapatkan penghargaan tertinggi.

Pekerjaan Masa Depan: Blue World

Di sini, perusahaan global akan menjadi lebih kuat, besar, dan sangat berpengaruh dari sebelumnya. Perusahaan melihat ukuran dan pengaruhnya sebagai cara terbaik untuk melindungi margin keuntungan mereka.

Pekerjaan Masa Depan: Green World

Ini merupakan reaksi atas opini publik yang kuat, peraturan internasional yang ketat, dan sumber daya alam yang langka. Perusahaan akan mendorong agenda etis dan ekologis yang kuat juga.

Pekerjaan Masa Depan: Yellow World

Di sini, perusahaan dan pekerja akan mencari makna dan relevansi yang lebih besar. Pekerja akan menemukan fleksibilitas, otonomi, dan pemenuhan saat bekerja untuk organisasi dengan standar sosial dan etika yang kuat. Konsep gaji yang adil akan mendominasi pekerjaan di masa depan.

Warna-warni Gambaran Pekerjaan Masa Depan Karir
Source: https://s3.amazonaws.com/

Seperti Apa Tempat Kerja di Masa Depan?

Dikutip dari simplilearn.com, studi independen yang diterbitkan oleh CBRE dan Genesis dan sebuah laporan di WSJ, mendeskripsikan bahwa tempat kerja pada beberapa tahun akan sangat berbeda dari yang terlihat saat ini.

  1. Tempat kerja terbaik adalah area yang berbeda dan tenang. Sehingga pekerja memiliki pilihan ke mana mereka ingin bekerja tanpa harus di tempat duduk mereka.
  2. Akan ada perusahaan yang lebih kecil. Dengan begitu, banyak peluang untuk berkolaborasi tanpa perlu membangun bisnis besar yang mahal.
  3. Setiap orang akan menjadi pemimpin atau “less hierarchy”. Itu berarti bahwa pekerjaan akan berkembang dalam tim, bukan dengan diktator.
  4. Kantor akan menjadi lingkungan yang jauh lebih sehat. Apakah itu pencahayaan yang baik, kamar tidur, area relaksasi, musik, hewan peliharaan di tempat kerja, dan lainnya.
  5. Chief of Work akan menjadi budaya dalam organisasi. Peran ini juga dapat ditampilkan di antara pekerjaan terbaik untuk masa depan.
  6. Rapat informal akan berlangsung melalui augmented reality dan headset virtual.
  7. Semua pekerja di semua tingkatan akan menggunakan pembantu robotik di masa depan. Beberapa di antaranya adalah seperti Alexa atau Siri. Mereka diperkerjakan untuk memilah-milah email masuk, membuat spreadsheet, menjadwalkan pertemuan, dan lainnya.
  8. Sebagian besar pertemuan akan berlangsung di antara kelompok pekerja yang berbeda di berbagai lokasi. Ini memungkinkan pekerja berbagi ide dengan mudah tanpa batas di seluruh zona waktu.

Megatren dalam Peran Pekerjaan

Pearson melakukan penelitian tentang seperti apa pekerjaan dan keterampilan pada sepuluh tahun ke depan. Beberapa kemungkinan yang dapat diidentifikasi di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Mereka memperkirakan bahwa hanya terdapat satu dari lima pekerja yang memiliki pekerjaan saat ini, akan menyusut di masa depan.
  • Pekerjaan yang berkaitan dengan perdagangan, pertanian, dan konstruksi dalam studi lain diperkirakan akan menurun.
  • Untuk sektor kesehatan dan pendidikan, diperkirakan hanya satu dari sepuluh pekerja yang dapat tumbuh mengikuti zaman.
  • Tujuh dari sepuluh pekerja memiliki pekerjaan, namun berada di ambang ketidakpastian.
  • Pekerjaan di masa depan akan membutuhkan keterampilan kognitif tingkat tinggi seperti orisinalitas, pemecahan masalah yang kompleks, pembelajaran aktif, dan kefasihan ide.
Warna-warni Gambaran Pekerjaan Masa Depan Karir
Source: https://mgupp.ru/

Apa Keterampilan yang Paling Laku di Masa Depan?

Laporan penelitian McKinsey Global Institute menyatakan bahwa terdapat tiga rangkaian keterampilan teratas yang dibutuhkan pekerja. Keterampilan tersebut dikembangkan untuk mengamankan karier terbaik di masa depan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Teknologi

Keterampilan yang harus dikembangkan akan mencakup segala hal. Mulai dari keterampilan TI dasar hingga lanjutan, rekayasa, dan analisis data. Keterampilan masa depan ini kemungkinan besar akan mendapat bayaran tertinggi.

Kognitif Tingkat Tinggi

Ini termasuk berpikir kritis, keaksaraan dan menulis tingkat lanjut, dan analisis kuantitatif serta keterampilan statistik. Akuntan, dokter, penulis, dan analis riset menggunakan ini.

Sosial dan Emosional

Ini termasuk komunikasi tingkat lanjut, mudah beradaptasi, empati, dan kemampuan untuk belajar terus menerus. Pengembangan bisnis, pemrograman, dan konseling membutuhkan keterampilan ini. Pekerjaan ini juga diperkirakan termasuk karir terbaik untuk sepuluh tahun ke depan.

Seiring dengan dibutuhkannya keterampilan di masa depan, ini berarti bahwa para pencari kerja harus bersiap untuk menyesuaikan diri. Beberapa pekerjaan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Augmented Reality Journey Builder yang akan berkolaborasi dengan insinyur berbakat dan seniman teknis untuk mengembangkan elemen penting bagi klien.
  • Virtual Store Sherpa akan berfokus pada kepuasan pelanggan dengan menasihati pelanggan secara virtual menggunakan pengetahuan tentang lini produk.
  • Highway Controller bertugas untuk memantau sistem manajemen jalan dan ruang udara otomatis demi memastikan tidak ada kesalahan yang terjadi.
  • Nano-medic bertugas untuk mengubah perawatan kesehatan.
  • Personal Data Broker berperan untuk memastikan konsumen menerima pendapatan dari data mereka. Pialang akan menetapkan harga dan mengeksekusi perdagangan.
  • Personal Memory Curator yang akan berkonsultasi dengan pasien dan pemangku kepentingan untuk menghasilkan spesifikasi demi pengalaman realitas virtual.
  • Memory Augmentation Surgeon berperan untuk meningkatkan memori pasien ketika sudah mencapai kapasitas.

Selain beberapa pekerjaan spesifik tersebut, beberapa pekerjaan lainnya juga tidak kalah dibutuhkannya di masa depan. Beberapa di antaranya adalah petani rekombinan, konsultan lansia, pembuat bagian tubuh, ahli etika ilmu baru, dan pilot ruang angkasa.

Deskripsi Wawancara Pekerjaan di Masa Depan

Manajer perekrutan dan pencari kerja saat ini akan setuju bahwa wawancara bukanlah cara yang ideal untuk menemukan kandidat terbaik. Manajer mengandalkan informasi subjektif untuk membuat keputusan, terkadang tidak akurat. WSJ dalam simplilearn.com mengemukakan bahwa wawancara pekerjaan di masa depan tidak akan terlihat seperti yang mereka lakukan hari ini.

Profil Kepribadian

Saat soft skill menjadi semakin penting, lebih banyak perusahaan akan menggunakan bantuan AI untuk membuat profil kepribadian menggunakan media sosial.

Skor Kredit untuk Keterampilan

Suatu hari, perusahaan dapat secara otomatis menilai keterampilan menggunakan teks yang dipasang kandidat secara online.

Menguji Kinerja Kerja Secara Virtual

Pengusaha sudah menggunakan VR untuk pengujian di tempat kerja, pelatihan, dan inisiatif keberagaman.

Otak Kanan untuk Pekerjaan

Teknologi kesehatan yang dapat dipakai akan dapat digunakan untuk menemukan otak kanan demi pekerjaan itu.

Bersiap dan Selalu Siap

Mempersiapkan lima hingga sepuluh tahun ke depan akan memberikan tuntutan yang berat bagi pelajar dan bisnis. Itulah sebabnya kenapa Anda harus bersedia untuk terus belajar demi menjaga keterampilan agar tetap inovatif di berbagai bidang. Seperti di antaranya ilmu data dan pemasaran digital. Selain itu, Anda juga mesti terbuka terhadap perkembangan keterampilan yang sedang tren seperti Cloud Computing, AI, dan segala hal yang berkaitan ddengan pekerjaan di masa depan.

Untuk tips seputar karir lainnya, kamu bisa kunjungi Tulizan Karir.

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Karir

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hasil gambar untuk penthouses drama

The Penthouses: Lantai Menceritakan Tentang Kasta Sang Penghuni

Sejarah Munculnya Uang Kertas Di Indonesia