in

Yuk Berlibur ke Gunung Bromo Bersama Teman dan Keluarga Kamu

Siapa yang tidak ingin berlibur setelah pandemi? Jika kamu ingin berlibur , berlibur didalam negeri adalah pilihan yang tepat. Tempat yang wajib kamu kunjungi adalah Gunung Bromo, karena Gunung Bromo memiliki pemandangan indah, Lantas , apa yang bisa kamu lakukan saat berlibur ke Gunung Bromo? Berikut adalah informasinya.

Mengenal Gunung Bromo

Yuk Berlibur ke Gunung Bromo Bersama Teman dan Keluarga Kamu Liburan & Wisata

Gambar: Gunung Bromo (https://www.explorebromo.com/2015/01/)

Gunung Bromo adalah sebuah gunung berapi yang masih aktif , dan gunung ini terletak di Provinsi Jawa Timur. Gunung Bromo membentang ke empat wilayah yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Nama Gunung Bromo (Brahma) ini diambil dari bahasa Sanksekerta, yang berarti Dewa Utama dalam agama Hindu. Pengaruh agama Hindu sangat kuat di Gunung Bromo, dan masyrakat yang menganut agama Hindu adalah Masyarakat Suku Tengger.

Ketinggian dari Gunung Bromo adalah 2.329 mdpl (meter diatas permukan laut), dan bentuknya bertaut diantara lembah dan juga kaldera. Kawah pada Gunung Bromo memiliki garis tengah 800m (utara-selatan), dan 600 m (timur-barat).

Kini Gunung Bromo menjadi tempat wisata favorit, bagi turis lokal maupun turis mancanegara. Ada berbagai banyak kegiatan yang bisa dilakukan disini, dan banyak juga tempat penginapan yang tersedia di sekitar Gunung Bromo.

Hal Yang Bisa Dilakukan Saat Berlibur di Gunung Bromo

Berlibur ke Gunung Bromo yang memiliki pemandangan indah, tentunya memiliki banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Kegiatan tersebut sangat menyenangkan, sehingga berlibur di Gunung Bromo menjadi menyenangkan.

1.Melakukan Kegiatan Camping

Yuk Berlibur ke Gunung Bromo Bersama Teman dan Keluarga Kamu Liburan & Wisata

Kalau kamu suka menikmati alam terutama alam Gunung, tidak ada salahnya untuk melakukan camping di Gunung Bromo. Ada berbagai tempat , yang bisa jadi tempat untuk camping. Tempat tersebut adalah Bukit Kingkong, Bukit Cinta, dan Bukit Mentigen.

Kamu bisa membawa tenda sendiri, dan berbagai kegiatan bisa kamu lakukan saat camping. Kegiatan yang bisa kamu lakukan adalah menyalakan api unggun, dan juga memasak masakan diatas api unggun tersebut.

Dengan melakukan kegiatan camping di Gunung Bromo, maka pikiran kamu jadi tenang dan juga relax. Udaranya yang segar disekitar gunung, membuat camping di Gunung Bromo jadi menyenangkan.

2.Berkeliling Dengan Mobil Jeep

Yuk Berlibur ke Gunung Bromo Bersama Teman dan Keluarga Kamu Liburan & Wisata

Jika kamu tidak ingin berjalan atau trekking Gunung Bromo, tersedia sewa mobil Jeep di Gunung Bromo. Harga sewa mobil jeep disini sangat terjangkau, dan kamu bisa berkeliling keliling hingga puas.

Kamu akan berkeliling sekitar Gunung Bromo, dan nantinya kamu akan diajak ke Pasir Berbisik dan tempat lainnya. Kamu nantinya bisa berhenti sejenak di suatu tempat, untuk melakukan aktivitas seperti berfoto atau aktivitas lainnya.

Pengemudi Jeep di Bromo akan melayani kamu sampai , baik saat perjalanan maupun setelah selesai perjalanan. Pengalaman tak terlupakan akan kamu dapatkan, saat berkeliling Bromo dengan menggunakan mobil jeep.

3.Berkuda Sekaligus Melihat Kawah Gunung Bromo

Yuk Berlibur ke Gunung Bromo Bersama Teman dan Keluarga Kamu Liburan & Wisata

Jika kamu sudah mencoba menaiki mobil jeep, selanjutnya kamu bisa melakukan kegiatan berkuda. Kamu bisa menyewa kuda yang disediakan pengelola atau warga sekitar, dan kamu bisa melakukan kegiatan berkuda dengan harga yang cukup terjangkau.

Kamu juga bisa menaiki kuda yang telah disewa, untuk melihat kawah dari Gunung Bromo. Bersama dengan seorang pemandu, nantinya kamu akan diantar menuju anak tangga kawah Gunung Bromo.

Setelah kamu sampai di anak tangga Gunung Bromo, nantinya kamu akan menaiki kurang lebih 100 anak tangga untuk sampai ke kawah. Jika kamu sudah berada di kawah, kamu bisa melihat indahnya kawah Gunung Bromo. Kamu bisa berfoto foto, dengan pemandangan kawah tersebut.

4.Berukunjung ke Pura Luhur Poten

Yuk Berlibur ke Gunung Bromo Bersama Teman dan Keluarga Kamu Liburan & Wisata

Kalau kamu ingin mengenal agama Hindu, ada baiknya kamu berkunjung ke Pura Luhur Poten. Pura Luhur Poten ini sangat unik, karena letaknya di tengah tengah gunung . Tempat ini menjadi tempat ibadah , bagi umat Hindu Suku Tengger.

Selain menjadi tempat ibadah bagi umat Hindu Tengger, Pura Luhur Poten juga sering diselenggarakan sebuah ritual. Ritualnya bernama Kasodo, dan ritual ini diselenggarakan setiap bulan Kasodo hari ke 14.

Saat acara Kasodo, masyarakat Hindu Suku Tengger berkumpul bersama. Mereka menyediakan sesajen, yang nantinya dipersembahkan kepada Sang Hyang Widi. Para wisatawan yang hadir, juga bisa menyaksikan ritual ini.

5.Melihat Sunrise di Gunung Bromo

Yuk Berlibur ke Gunung Bromo Bersama Teman dan Keluarga Kamu Liburan & Wisata

Seperti kita tahu, pemandangan alam di Gunung Bromo sangatlah indah. Karena memiliki pemanangan yang indah, maka kamu dapat melihat sunrise (matahari terbit). Untuk melihat sunrise di Gunung Bromo, kamu bisa datang pagi pagi sekitar jam 3 atau jam 4.

Walaupun pagi pagi buta, namun banyak orang yang ingin melihat sunrise. Orang orang tersebut biasanya ingin menyaksikan langsung sunrise, dan mengabadikan moment tersebut dengan foto foto.

Jika kamu sedang melihat sunrise di Gunung Bromo, ada baiknya kamu menjaga diri kamu dengan baik. Kamu harus menjaga diri saat melihat sunrise di Gunung Bromo, agar barang barang berharga yang kamu bawa tetap aman.

Tips Ketika Berlibur ke Gunung Bromo

Seperti yang kita ketahui, Gunung Bromo adalah tempat wisata menarik. Ada banyak hal dan kegiatan, yang bisa kamu lakukan di Gunung Bromo. Agar kamu bisa berlbur dengan nyaman di Gunung Bromo, berikut ada tips tips yang bisa kamu ikuti.

1.Cek Status Dari Gunung Bromo

Sebelum kamu berlibur ke Gunung Bromo, ada bainya untuk mengecek status dari Gunung Bromo. Status dari Gunung berapi biasanya aman, dan juga siaga. Dengan mengetahui status dari sebuah gunung berapi, maka kita akan mengetahui apakah gunung tersebut bisa dikunjungi.

Untuk mengetahui status dari Gunung Bromo, kamu bisa melihatnya lewat media. Selain melihat status gunung dari sebuah media, kamu juga bisa bertanya langsung kepada saudara yang tinggal di sekitar gunung tersebut.

2.Mengenakan Masker dan juga Sunblock

Sebagai gunung berapi yang masih aktif, terkadang Gunug Bromo mengeluarkan bau belerang. Belerang tersebut sangat berbahaya , bagi pernapasan kita. Agar pernapasan kita jadi baik, ada baiknya kita menggunakan masker.

Tidak hanya menggunakan masker saja, sebaiknya kamu juga menggunakan sublock saat di Gunung Bromo. Dengan menggunakan sunblock, maka kulit kamu akan terhindar dari paparan sinar matahari.

3.Tidak Menggunakan Sandal Jepit

Tips terakhir saat ingin berkunjung ke Bromo adalah, jangan menggunakan sandal jepit saat melakukan pendakian. Sendal jepit justru tidak akan melindungi kamu, dari dinginnya cuaca yang ada di Gunung Bromo.

Oleh karenanya, ada baiknya untuk menggunakan sepatu boot. Sepatu boot akan melindungi kamu, dari dinginnya cuaca Gunung Bromo. Dengan menggunakan sepatu , kamu juga akan terlindungi dari pasir pasir yang ada di Gunung Bromo.

Demikianlah informasi mengenai liburan, di Gunung Bromo. Berlibur ke Gunung Bromo akan jadi menyenangkan, jika bersama teman dan keluarga. Akan banyak keseruan yang akan kamu dapatkan, saat berada di Gunung Bromo. Untuk rekomendasi destinasi wisata lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Wisata.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Wisata

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Sinopsis Drama Korea Start-Up Episode 5 : Pengorbanan Han Ji Pyeong terhadap Seo Dal Mi - Halaman all - Tribun Jogja

3 Second Lead Bermarga Han Yang Dicintai Penggemar Drakor

Jalur PMDK dan Persyaratannya yang Harus Diketahui