in

Yuk, Cobain Makanan Khas Dari Jawa Tengah !

Apakah kamu ingin berlibur setelah pandemi ini berakhir? Jika iya, kamu wajib berlibur ke Jawa Tengah. Jawa Tengah banyak yang bisa temui, seperti tempat wisatanya yang beragam. Selain tempat wisata, Jawaa Tengah memiliki makanan khas yang wajib kamu coba. Yuk simak informasi mengenai makanan khas dari Jawa Tengah.

1. Nasi Megono

Yuk, Cobain Makanan Khas Dari Jawa Tengah ! Kuliner

Jika kamu ingin berlibur ke Pekalongan, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi Nasi Megono. Nasi Megono adalah singkatan dari mergo (sebab) dan ana (ada) , dan singkatan tersebut membuat Nasi Megono ada di setiap warung makan Pekalongan.

Makanan khas dari Pekalongan ini berisi nasi putih, kemudian nasi tersebut dilengkapi dengan parutan kelapa dan cacahan nangka. Tempe Mendoan adalah teman yang pas , disaat kamu menyantap Nasi Megono.

Jika kamu pergi beribur Ke Pekalongan, kamu bisa mampir ke rumah makan Nasi Megono. Harganya yang terjangkau oleh dompet kamu, membuat kamu tidak menyesal menyantap makanan satu ini.

2. Sroto Sokaraja

Yuk, Cobain Makanan Khas Dari Jawa Tengah ! Kuliner

Pasti kamu tidak asing lagi dengan Sroto Sokaraja. Sroto Sokaraja merupakan soto khas Banyumas, yang memiliki cita rasa khas. Sroto Sokaraja biasa menggunakan kuah bening , atau dengan kuah berwarna kuning.

Kalau biasanya Soto menggunakan daging ayam, Sroto Sokaraja menggunakan daging sapi agar nikmat. Daging sapi tersebut dipadu dengan kuah, dan ditambah dengan ragam saur sayuran. Tambahkan kerupuk merah, yang menjadi ciri khas Sroto Sokaraja.

Jika kamu ingin menyegarkan tenggorokan kamu, kamu bisa mencicipi Sroto Sokaraja yang nikmat ini. Rasanya yang enak dan harganya yang terjangkau, membuat kamu ingin terus menambah porsinya.

3. Mie Ongklok

Yuk, Cobain Makanan Khas Dari Jawa Tengah ! Kuliner

Wonosobo banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Tidak hanya tempat wisatanya saja, tapi juga juga makanan khasnya. Makanan khas dari Wonosobo yang terkenal adalah Mie Ongklok.

Mie Ongklok adalah mie yang mirip dengan mie ayam, namun yang membedakan adalah tekstur Mie yang digunakan untuk Mie Ongklok adalah mie dengan tekstur yang tebal, dan ditambahkan dengan kuah beserta sayur sayuran. Agar tambah nikmat, Mie Ongklok bisa ditambah dengan Sate Ayam.

Kamu tidak boleh ketinggalan , untuk mencoba Mie Ongklok khas Wonosobo ini. Ada beragam toping yang bisa ditambahkan sesuai keinginan, sehingga membuat Mie Ongklok menjadi nikmat,

4. Nasi Gareng Asem

Yuk, Cobain Makanan Khas Dari Jawa Tengah ! Kuliner

Nasi Gareng Asem merupakan makanan khas dari Kudus dan juga Demak. Banyak tempat wisata di Kudus dan Demak yang bisa kamu kunjungi, tapi kamu tidak boleh melewatkan makanan khas Nasi Gareng Asem.

Apa saja yang ada di dalam Nasi Gareng? Nasi Gareng berisi nasi putih, ditambah dengan lauk potongan ayam kampung. Nasi dan ayam kampung tersebut dimasukan ke dalam daun pisang, dan dimasak dengan cara di garang atau dipanaskan. Tambahkan kuah , agar Nasi Gareng Asem nikmat.

Untuk kamu yang sedang berlibur ke Demak dan juga Kudus, makanan satu ini tidak boleh kamu lewatkan untuk di cicipi. Rasa ayam kampung yang lezat, berpadu dengan segarnya kuah tanpa santan ini.

5. Sayur Becek

Yuk, Cobain Makanan Khas Dari Jawa Tengah ! Kuliner

Makanan khas Jawa Tengah berikutnya berasal dari Kabupaten Grobogan, yang juga merupakan tempat wisata yang sangat menarik. Selain tempat wisatanya, Grobogan juga menawarkan makanan khas yang lezat . Makanan khas Grobogan lezat adalah Sayur Becek.

Bahan dasar dari Sayur Becek adalah sumsum Sapi, dan kemudian ditambah dengan kuah. Setelah ditambah dengan kuah, Sayur Becek ditambah ragam toping. Toping tersebut adalah Kacang Tolo.

Untuk menikmati lezatnya Sayur Becek, kamu dapat menjumpainya di rumah makan Grobogan. Sumsum sapi berpadu dengan kuah yang segar, tentunya dapat menyegarkan tenggorokan kamu saat siang hari.

6. Nasi Penggel

Yuk, Cobain Makanan Khas Dari Jawa Tengah ! Kuliner

Nasi Penggel atau nasi berbentuk bulat, merupakan makanan khas Kebumen yang wajib dicoba. Makanan khas Kebumen ini unik, karena nasinya bulat dan kecil. Selain nasinya yang unik, Nasi Penggel menggunakan daun pisang untuk alas piring.

Lauk yang bisa ditambahkan dalam Nasi Penggel adalah daun singkong, tahu, kikil, dan juga tempe mendoan, Agar rasa Nasi Penggel menjadi lezat dan nikmat, tambahkan kuah sayur lodeh .

Tidak lengkap rasanya jika ke Kebumen, tidak mencicipi Nasi Penggel. Bentuknya yang unik, membuat kamu tertarik mencicipinya. Selain rasa dan bentuknya yang unik, Nasi Penggel juga terjangkau harganya.

7. Nasi Wiwit

Yuk, Cobain Makanan Khas Dari Jawa Tengah ! Kuliner

Sego Wiwit merupakan makanan khas Klaten,yang sering digunakan acara sedekah bumi atau acara syukuran lainnya. Lauknya yang bermacam macam, merupakan rasa dan bentuk syukur masyarakat Klaten kepada Tuhan. Seiring perkembangan waktu , Sego Wiwit banyak di jual di rumah ruma makan.

Makanan khas Klaten ini berisi nasi, dengan lauk lauk lainnya. Lauk tersebut adalah sayur sayuran, ayam goreng, ikan asin, dan lain sebagainya. Lauk berpadu dengan nasi putih, membuat rasa dari Sego Wiwit menjadi lezat.

Kini banyak rumah makan di Klaten, yang menyediakan makanan khas ini. Tidak hanya digunakan untuk acara tertentu, kamu mudah menemui makanan ini. Sego Wiwit juga bisa kamu gunakan , untuk makan pagi (sarapan).

8. Tengkleng

Yuk, Cobain Makanan Khas Dari Jawa Tengah ! Kuliner

Berlibur ke Solo tidak lengkap , jika tidak mencicipi makanan khasnya. Makanan khas Solo yang sangat terkenal adalah Tengkleng. Berbahan dasar daging kambing, tengkleng ditambah kuah agar lezat.

Sebelum tengkleng diolah, daging sapi diolah terlebih dahulu. Setelah dagin sapi diolah, barulah tengkleng diberi kuah. Perpaduan antara daing sapi dengan kuah , membuat tengkleng rasanya jadi lezat.

Jika kamu ingin mencoba lezatnya Tengkleng, kamu bisa mencobanya di rumah makan di Solo. Rasanya yang nikmat, membuat kamu akan terus menambah porsinya. Ditambah dengan nasi, membuat kamu kenyang menyantap Tenkleng.

9. Petis Kambing Ranti

Yuk, Cobain Makanan Khas Dari Jawa Tengah ! Kuliner

Apakah kamu akan berlibur ke Pati? Jika kamu ingin ke Pati, kamu wajib mencoba Petis Kambing Ranti. Petis Kambing Ranti ini berbahan dasar dari daging kambing, dan ditambah dengan kuah yang lezat.

Bahan bahan yang digunakan untuk membuat Petis Kambing Ranti adalah merica, jinten, dan cabe. Bahan bahan tersebut ditambah dengan kambing yang diolah, sehingga rasanya menjadi lezat.

Untuk kamu yang ingin mencoba Petis Kambing Ranti, kamu wajib mencobanya di Rumah Makan Pati. Diolah dengan cara yang benar, membuat bau dari kambing tidak ada dalam makanan Petis Kambing Ranti.

Demikianlah informasi mengenai makanan khas dari Jawa Tengah. Kamu jangan hanya mengeksplor wisatanya saja, tapi kamu juga wajib mencoba makanan khasnya. Siapkan budget kamu untuk berlibur ke Jawa Tengan, dan cicipi makanan yang ada di Jawa Tengah.

IUntuk tips dan daftar rekomendasi kuliner nusantara lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Kuliner .

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Kuliner

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Masalah Kesehatan Mental, JYP Umumkan Jeongyeon TWICE Hiatus

Ketahui-Jadwal-Kesibukannya.jpg

Diskusikan! 6 Hal ini Perlu Menjadi Pertimbangan Sebelum Menikah