in ,

Yuk Kenalan Sama Jenis Sistem Operasi Jaringan Ini

Sistem operasi jaringan adalah sistem operasi yang digunakan khusus untuk perangkat keras jaringan seperti router, switch , atau firewall. Selayaknya, perangkat komputer seperti desktop dan ponsel, perangkat jaringan juga memiliki sistem operasi sendiri dan bersifat khusus. Buat kamu yang baru pertama kali dengar, sistem operasi komputer desktop atau laptop kita kenal seperti Linux, Windows, dan Mac untuk produk apple. Sedangkan ponsel kita mengenal Windows, Android, dan iOS. Ternyata perangkat yang kita gunakan sehari – hari untuk membantu kita terhubung dengan internet maupun intranet serta jaringan lainnya juga memiliki sistem operasi sendiri. Sama halnya dengan desktop dan ponsel, ada beberapa jenis sistem operasi jaringan juga yang digunakan. Mari kita simak jenis sistem operasi jaringan dan berbagai contoh serta fungsi sistem operasi jaringan tersebut.

Jenis sistem operasi jaringan yang selama ini kita kenal

Untuk sistem operasi jaringan, kita sebenarnya sudah dikelilingi oleh 2 jenis sistem operasi jaringan. Pertama adalah sistem operasi jaringan berbasis peer to peer. Kamu bisa terhubung antara satu komputer dengan komputer lain dan dapat mengakses data di komputer lain serta sebaliknya. Hanya saja, data dan informasi tersebut tidak tersimpan di satu tempat atau kita kenal dengan sentralisasi. Contoh yang kita sering kenal menggunakan sistem operasi peer to peer ini adalah Mac, Linux, dan Windows. Tiga sistem operasi ini bisa menggunakan sistem operasi jaringan peer to peer dalam melakukan fungsi – fungsinya.

Kemudian, sistem operasi kedua adalah client server. Sistem operasi ini memungkinkan adanya server atau pusat sentralisasi data dimana para komputer lain atau kita kenal sebagai client meminta data dan informasi yang berada di dalam server tersebut. Banyak keuntungan dari sistem client server ini diantaranya jumlah data yang disimpan bisa lebih besar dengan menambahkan server, lalu terdapat sentralisasi data sehingga kita bisa meningkatkan keamanannya dengan lebih mudah. Selain itu, dengan adanya server, akses data juga bisa dilakukan secara remote dengan berbagai platform yang tersedia. Inilah dua sistem operasi jaringan yang biasa kita kenal dan terdapat disekitar kita sehari – hari.

Yuk Kenalan Sama Jenis Sistem Operasi Jaringan Ini Aplikasi & Software Komputer & Laptop

Jenis Sistem Operasi Jaringan yang khusus digunakan untuk perangkat jaringan

Bagaimana dengan perangkat jaringan seperti router, firewall, dan switch? Apakah mereka juga memiliki OS sendiri dan bagaimana jenis serta contohnya? Ternyata perangkat jaringan yang selama ini kita gunakan untuk terhubung ke internet juga memiliki sistem operasi jaringan sendiri dengan fungsi yang kurang lebih sama namun berbeda cara kerja. Ada sistem operasi yang terikat pada brand produk yang mengeluarkannya dan ada juga yang dikembangkan dari sistem operasi yang kita kenal tadi. Mari kita bahas satu persatu terlebih dahulu.

Sistem Operasi yang terikat dengan brand produk

Ada beberapa yang kita kenal diantaranya Cisco iOS, RouterOS, dan ZyNOS. Kamu yang sehari – hari sering menggunakan LAN di kantor atau kampus atau instansi lainnya pasti sudah sering mendengar brand Cisco. Perusahaan Cisco merupakan perusahaan peralatan komunikasi yang sudah terkenal diseluruh dunia terutama untuk jaringan. Cisco mengeluarkan banyak produk mulai dari switch, router, wireless, hingga arsitektur network. Cisco iOS adalah jenis sistem operasi jaringan yang digunakan untuk berbagai produk Cisco. Banyak produk – produk seperti router, switch pasti menggunakan Ciso iOS. Hampir seluruh produk menggunakan Cisco iOS, sehingga sulit menemukan produk di luar Cisco yang menggunakan OS ini kecuali ada kerja sama tertentu karena memang sifatnya khusus.

Yuk Kenalan Sama Jenis Sistem Operasi Jaringan Ini Aplikasi & Software Komputer & Laptop

Sistem Operasi Jaringan

Selanjutnya ada RouterOS keluaran perusahaan yang bergerak di industri teknologi informasi di Latvia bernama Mikrotik. Kita mungkin jarang mendengar perusahaan ini setidaknya dibandingkan dengan Cisco. Tapi beberapa diantara kita mungkin sudah cukup sering mendengar produk – produk mereka hAP, Chateau, RouterBoard, dan RouterOS ini. Selain router, perusahaan ini juga mengeluarkan switch dan akses point. Salah satu produk yang secara khusus menggunakan sistem operasi RouterOS adalah RouterBoard. RouterOS merupakan sistem operasi yang berbasis Linux. RouterBoard pasti sudah terinstall RouterOS saat kamu membelinya. Ada beberapa versi dari RouterOS, kamu bisa langsung melihat informasi lebih lengkap di website perusahannya, Mikrotik.com.

Lalu, kita juga mengenal ZyNOS. ZYXEL, sebuah perusahaan yang berkantor pusat di Taiwan sudah bergerak dibidang produk jaringan sejak tahun 1989. Beberapa produk unggul yang berasal dari ZYXEL diantaranya adalah switch, router, firewalls, modems, dan VoIP telepon. ZYXEL pertama kali memperkenalkan ZyNOS tahun 1998, dan hingga kini sudah memiliki versi keempat.

Perangkat Jaringan yang menggunakan Sistem Operasi NetBSD, FreeBSD atau Linux

Banyak juga perangkat jaringan yang menggunakan jenis sistem operasi berbasis Linux untuk jaringan. Ada banyak contoh yang bisa kita jabarkan seperti DD-WRT, sistem operasi jaringan Dell, extensible, FTOS, SONic, ONOS, dan VyOS. Karena terlalu banyak, pada kesempatan ini kita hanya membahas beberapa diantaranya saja. Pertama adalah sistem operasi jaringan Dell. Kamu pasti sudah sangat mengenal merk Dell yang biasa muncul untuk berbagai jenis laptop. Perusahaan Dell ternyata juga bergerak dibidang jaringan dengan mengeluarkan beberapa produk switches. Untuk produk ini, Dell menggunakan Linux Kernel. Ternyata Dell juga punya banyak versi diantaranya DNOS3, DNOS6, DNOS9, dan OS10.

Selanjutnya ada FTOS atau lengkapnya Force10 Operating System. Switch Force10 Ethernet menggunakan sistem operasi ini yang fungsinya mirip dengan Cisco NX. FTOS ini adalah DNOS9 setelah Dell melakukan rebranding kembali produknya. Jadi masih keluaran dari satu perusahaan. Selanjutnya ada SONiC (Software for Open Networking in Cloud) merupakan salah satu sistem operasi jaringan yang sifatnya open source artinya bisa diakses dan dikembangkan oleh siapa saja di dunia maya. SONiC berdasarkan Linux dan merupakan hasil mahakarya dari Microsoft dan Open Compute Project.

Yuk Kenalan Sama Jenis Sistem Operasi Jaringan Ini Aplikasi & Software Komputer & Laptop

Sistem Operasi Jaringan

Karena bersifat open source, siapapun yang mengeluarkan produk perangkat jaringan bisa menggunakan sistem operasi ini. Buat kamu yang penasaran, sumber kodenya terdapat di azure.github.io/SONiC. Selanjutnya ada Cumulus Network, sebuah perusahaan yang menawarkan sistem operasi jaringan berbasis Linux untuk switch bagi mereka yang menginginkan atau membangun data center, cloud computing, dan untuk lingkungan enterprise. Perusahaan ini sendiri terletak di California, USA. Beberapa produk yang dikeluarkan oleh Cumulus Network adalah Cumulus Linux, NetQ, dan Host Pack.

Itu dia beberapa jenis sistem operasi jaringan yang ada dan tersedia di dunia. Mulai dari sistem jaringan yang dikeluarkan oleh perusahaan besar dan sifatnya khusus hanya untuk produk mereka sehingga sistem operasi yang open source dan siapapun yang memiliki akses bisa menggunakannya untuk mengembangkan perangkat jaringan milik mereka. Pada umumnya menggunakan sistem operasi Linux dan memiliki fungsi dan fitur yang hampir mirip satu sama lain hanya saja perbedaannya sebagian besar terletak pada pemeliharaan dan keamanannya.

What do you think?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Foto-Foto Lawas Para Member IZ*ONE

Masa Kontrak Akan Habis Tahun 2021, Tanggal Berapa IZ*ONE Bubar?

11 Tempat Wisata Di Malaysia Yang Seru Untuk Liburan

Ini Dia Destinasi Wisata Malaysia Yang Wajib Kamu Kunjungi